Lewati ke Konten

WAWANCARA ARTIS SONY

Marty Friedman

Gitaris utama band heavy metal Amerika "Megadeath", 1990–2000. Marty pindah ke Jepang pada 2004 dan menyukai banyak gaya musik, termasuk JPOP.

Penting: Audio Portabel Sederhana

Tinggal di Jepang sejak 2004, Marty sangat aktif dalam panggung musik, bekerja sebagai host TV, penampil, penulis, dan pemilik label rekaman—beberapa dari perannya. Dia membicarakan dampak Audio Resolusi Tinggi pada industri musik.

Wawancara oleh blueprint / Photography oleh Yohei Takeuchi

T: Anda berasal dari Amerika; kapan pertama kali Anda mengenal Walkman?

J: Saat saya remaja. Waktu itu, Anda biasanya mendengarkan musik di rumah atau konser, tapi saat saya SMA saya suka mendengarkan musik sambil membawa boombox yang sangat besar. Jadi waktu pertama kali saya melihat Walkman, saya terpukau.

T: Apa jenis musik yang Anda dengarkan?

J: Umumnya, musik yang sedang saya ciptakan. Kadang saat saya mengurung diri di studio mendengarkan musik dalam waktu yang lama, sulit membedakan mana yang bagus dan jelek. Jadi yang saya lakukan adalah mendengarkan sambil berjalan di taman atau kuil. Musik akan terdengar seperti milik orang lain—menghasilkan umpan balik alami.

T: Sepertinya audio portabel itu penting untuk kerja kreatif Anda. Bagaimana Anda menggunakan Walkman Audio Resolusi Tinggi?

J: Dibandingkan dengan mp3, tingkat nada yang lebih rendah terdengar lebih merdu. Tapi bagi saya, lebih penting memiliki audio portabel yang kuat dan mudah digunakan, daripada hanya berfokus pada “spek bagus” atau “kualitas tinggi”.

T: Bagaimana Audio Resolusi Tinggi sebagai komposer menurut Anda?

J: Memang benar kualitas menurun dengan CD atau file audio yang dikompres jika dibandingkan dengan mastering, tapi saya tidak terlalu terganggu karenanya. Saya selalu berpikir, “Jangan melupakan perasaan orang biasa”. Jadi untuk komposisi, saya menggunakan speaker bagus untuk bekerja, tapi pada akhirnya saya mendengarkan lagu tersebut dengan speaker murah dan menyesuaikan suaranya.

T: Jika Audio Resolusi Tinggi menjadi populer, dapatkah itu mengubah proses produksi?

J: Smartphone akan segera kompatibel dengan Audio Resolusi Tinggi. Bila demikian, itu tidak hanya akan menguntungkan bagi sisi produksi tapi seluruh industri musik karena “uang bergerak”. Anda memerlukan dana untuk membuat musik yang bagus…dan saya ingin pendengar membeli musik yang mereka nikmati. Jika orang mencoba Walkman ini, mungkin mereka menginginkan musik dengan Resolusi Tinggi—dan itu pasti bagus bagi industri musik dan musisi.

T: OK, pertanyaan terakhir. Bagi Anda, apa itu musik?

J: Hmm, bagi saya musik adalah seluruh bagian dari hidup saya. Jika saya terjebak di pulau terpencil dengan hanya satu benda, maka benda itu adalah pemutar audio dengan segudang memori. (tertawa)

Chiyomaru Shikura

"Apa yang benar-benar diinginkan pendengar—dan yang akan dibeli—adalah musik yang menimbulkan keinginan untuk dimiliki."

Sesuai dengan Keinginan Sang Artis

Nikmati nuansa suara kualitas studio terbaik dengan Audio Resolusi Tinggi. Hasrat bermusik menyatukan tiap komponen dari sinyal ke speaker, sementara teknologi canggih seperti peningkatan digital membantu menciptakan pengalaman suara mengagumkan.