INFORMASI DASAR LENSA

Dudukan lensa & format sensor

Lensa Sony dapat menggunakan keduanya

Sony memproduksi kamera dengan dua sistem dudukan lensa: A-mount dan E-mount. A-mount adalah produk standar pada bodi kamera jenis Translucent Mirror yang unik dari Sony, sedangkan E-mount digunakan pada bodi mirrorless.

Perbedaan dudukan lensa

Fitur A-mount dan E-mount

Kamera A-mount dengan Sony Translucent Mirror Technology menawarkan keunggulan autofokus deteksi fase full-time. Jarak flensa-belakang yang pendek pada model E-mount mirrorless memungkinkan desain bodi dan lensa berukuran ringkas dengan performa tinggi yang menawarkan kemudahan penanganan dan mobilitas.

Bagian dalam kamera A-mount

A-mount

[1] Dudukan lensa [2] Jarak flensa-belakang [3] Translucent Mirror [4] Bidang sensor gambar

Bagian dalam kamera E-mount

E-mount

[1] Dudukan lensa [2] Jarak flensa-belakang [3] Bidang sensor gambar

Ukuran sensor gambar

Format full-frame dan APS-C

Kamera dudukan A dan E mempunyai opsi sensor full frame dan APS-C. Di antara banyak ukuran sensor yang yang umum digunakan, full-frame dianggap sebagai format besar sedangkan APS-C adalah format medium. Keduanya populer berkat keunggulannya tersendiri.

* Semua ukuran adalah perkiraan

Kombinasi lensa dan sensor

Sony membedakan lensa full-frame dan APS-C dengan lingkaran gambar yang menutupi format sensor yang bersangkutan. Meskipun lensa biasanya dipilih yang cocok dengan format sensor, kombinasi berbeda dapat digunakan untuk mendapatkan variasi area potongan dan sudut pandang ketika menginginkan jangkauan lebar atau telefoto ekstra.

  • Kamera full-frame
  • Kamera APS-C

* Gambar hanya untuk keperluan ilustrasi.