Sistem pencahayaan

Pencahayaan untuk gambar yang halus

Dalam pengambilan gambar diam atau film, pencahayaan merupakan kunci untuk menciptakan suasana yang dapat menyampaikan maksud artistik Anda secara efektif. Perkenalkan beberapa peralatan dan teknik pencahayaan yang dapat Anda gunakan untuk menangkap gambar berkualitas profesional.

Nomor panduan flash (GN)

Flash eksternal untuk jarak lebih jauh

“Nomor Panduan” menentukankemampuan unit flash dalam menerangi subjek pada jarak tertentu. Nomor panduan setara dengan jarak maksimum antara flash dengan subjek dikalikan angka-F apertur yang sesuai: Nomor Panduan (GN) = jarak (m) x apertur (angka-F)

Nomor panduan 60 (dalam meter pada ISO 100), misalnya, berarti bahwa subjek yang berjarak 15 meter dari Anda akan mendapatkan pencahayaan memadai dengan setelan apertur F4 (60 = 15 x 4). Jika Anda menurunkan ukuran apertur ke F8, jarak menjadi setengahnya, sehingga subjek pada jarak maksimum 7,5 meter (60 = 7,5 x 8) akan mendapat pencahayaan yang memadai. Meningkatkan penyetelan ISO dapat memberikan hasil sama dengan penggunaan unit flash dengan GN lebih tinggi.

Unit flash eksternal

Bounce Flash 

Memperlembut bayangan dan menambah kedalaman

Meskipun rangkaian flash pada kamera dapat meningkatkan kedalaman visual, biasanya akan lebih mudah dan sama efektifnya jika kita memantulkan cahaya unit flash pada kamera dari permukaan terdekat seperti dinding atau langit-langit untuk menambah pencahayaan natural dengan peningkatan dimensional. Perbedaannya bisa dramatis, dan karena unit flash tetap berada di kamera, Anda dapat menjaga mobilitas dan kecepatan. Memantulkan cahaya flash juga memberikan jangkauan lebih luas, dan ideal ketika, misalnya, Anda perlu menerangi sekelompok orang.

Flash Langsung
FLASH LANGSUNG
Pantulan langit-langit
BOUNCE FLASH

Pantulan langit-langit

Arahkan flash ke langit-langit untuk membaurkan dan menyebarkan cahaya untuk suasana yang lebih halus dan gambar lebih kaya daripada yang dapat dihasilkan dengan flash langsung.

Flash langsung

Flash langsung

Pantulan langit-langit

Flash Bounce

Pantulan dinding

Anda juga dapat memantulkan cahaya pada dinding jika menginginkan bayangan lebih lembut yang berada di sisi kontur subjek. Kadang-kadang pendekatan ini berpadu lebih baik dengan pencahayaan dalam ruang.

Pantulan langit-langit
FLASH LANGSUNG
Pantulan dinding
BOUNCE FLASH
Flash langsung

Flash langsung

Pantulan dinding

Flash Bounce

Sinkronisasi Flash

Flash sync kecepatan tinggi dan lambat

Untuk menciptakan bokeh latar belakang dengan cahaya yang terang, Anda memerlukan kecepatan rana tinggi dengan apertur lebar. Jika Anda juga memerlukan flash pengisi, kecepatan rana maksimum akan dibatasi, sehingga Anda tidak mungkin menggunakan apertur yang cukup lebar. High-speed sync (HSS) memungkinkan penggunaan flash pada segala kecepatan rana, sehingga Anda dapat meningkatkan apertur sesuai kebutuhan.

Sync lambat digunakan dalam situasi di mana kecepatan rana lambat diperlukan untuk menerangi pemandangan latar belakang dengan baik di dalam ruang atau di malam hari. Flash menyala untuk menerangi subjek, dan rana akan tetap terbuka cukup lama untuk menerangi latar belakang. Ini memberi Anda gambar yang seimbang di mana subjek dan latar belakang menerima cahaya dengan baik.    

Sinkronisasi kecepatan tinggi

[Kiri] Normal [Kanan] HSS

Sinkronisasi kecepatan tinggi

Flash pengisi umumnya membatasi kecepatan rana, memerlukan apertur kecil yang membuat latar belakang tetap terfokus. HSS memungkinkan kecepatan rana lebih tinggi dan apertur besar untuk kedalaman bidang yang dangkal.

Slow sync

Flash normal menampilkan subjek dengan cukup jelas, tetapi latar belakangnya gelap. Dengan slow-sync flash, subjek dan latar belakang diberi pencahayaan dengan benar.

Slow sync

[Kiri] Normal [Kanan] Slow sync

Flash terpisah dari kamera

Rangkaian 1, 2, dan 3 lampu dengan kontrol rasio

Beberapa flash terpisah dapat memperluas opsi pencahayaan secara dramatis. Kontrol rasio, melalui komunikasi inframerah atau radio, dapat memudahkan pencapaian output cahaya yang ideal dari setiap lampu.

1 lampu: B

1 lampu
1 lampu

Meskipun rangkaian beberapa lampu menawarkan lebih banyak fleksibilitas, sebuah flash yang terpisah dari kamera dapat menghasilkan gambar yang indah dengan menjauhkan sumber cahaya utama dari poros kamera untuk mendapatkan bayangan dan kontur yang lebih dalam dan menarik. Cahaya yang dipantulkan memberi sedikit tambahan pada cahaya pengisi. Unit flash pada kamera (A) digunakan sebagai kontrol saja, sedangkan unit flash terpisah (B) berfungsi sebagai sumber cahaya utama untuk seluruh adegan.

2 lampu: B + C

2 lampu
2 lampu

Rangkaian 2 lampu menawarkan fleksibilitas dan kontrol yang lebih baik, membuat Anda dapat memosisikan unit flash dan mengatur outputnya guna mendapatkan kedalaman subjek yang optimum cukup dengan rasio kunci yang benar untuk mengisi pencahayaan. Lampu “kunci“ utama (B) menerangi subjek dari samping, sedangkan lampu “pengisian” (C) melembutkan bayangan dan cahaya latar belakang. Dibandingkan dengan rangkaian 1 lampu di atas, subjek lebih ditonjolkan dengan jelas dan menonjol dibandingkan latar belakang. Seperti pada rangkaian 1 lampu, flash pada kamera (A) hanya memberi kontrol.

3 lampu: B + C + D

3 lampu
3 lampu

Lampu ketiga memberi kebebasan ekstra untuk menerangi latar belakang dan menonjolkan kontur subjek. Contoh ini menggunakan lampu utama (B) untuk menerangi subjek utama, dengan cahaya pengisi (C) menerangi latar belakang secara langsung dan meluas. Lampu ketiga, lampu tepi (D) dalam hal ini, memberikan sorot lampu tajam yang menonjolkan bagian samping subjek yang paling jauh dari lampu utama, sehingga subjek terlihat menonjol dibandingkan latar belakang yang relatif terang. Meskipun gambar mempunyai pencahayaan lebih merata secara keseluruhan dibandingkan contoh-contoh sebelumnya, setiap elemen tetap terpisah dengan jelas dan ditonjolkan dengan baik. Flash pada kamera (A) hanya memberikan kontrol.

Unit flash yang cocok untuk penggunaan terpisah dari kamera

Kontrol Radio

Meskipun remote control inframerah baik untuk rangkaian jarak pendek di tempat dengan pencahayaan sekitar yang cukup dan tidak ada penghalang yang memblokir sinyal kontrol, remote control radio akan menjangkau lingkungan yang jauh lebih luas dengan baik. Wireless Radio Commander (FA-WRC1M) dan Receiver (FA-WRR1) dari Sony memudahkan pengaturan multiple flash tingkat lanjut, dan memberikan data kontrol yang detail dan persisi pada 15 unit flash dalam 5 grup (3 grup dalam mode TTL) pada jarak hingga sekitar 30 meter (98,4 kaki). Sinyal kontrol menjangkau penerima tanpa terpengaruh kondisi pencahayaan yang ada, lokasi penerima, atau penghalang. Sinyal nirkabel radio memastikan hasil yang paling konsisten dalam situasi pengambilan gambar yang paling beragam.

Komposisi dalam

Komposisi dalam

Dengan jangkauan hingga sekitar 30 meter (98,4 kaki) menggunakan FA-WRC1M dan FA-WRR1, Anda dapat menempatkan dan mengontrol pencahayaan secara strategis untuk menerangi subjek yang jauh atau detail latar belakang dengan sangat efektif.

Andal di setiap cahaya

Jika kontrol inframerah dapat terganggu oleh sinar matahari terik atau sumber lain termasuk komponen inframerah, kontrol radio berfungsi dengan baik di segala kondisi pencahayaan.

Andal di setiap cahaya
Menyiasati penghalang

Menyiasati penghalang

Kontrol radio mampu mengatasi penghalang yang dapat memblokir kontrol inframerah. Penerima dapat diposisikan di belakang kamera atau subjek tanpa mengurangi keandalan.

Commander dan penerima radio nirkabel

Flash* yang kompatibel dapat dilengkapi dengan Receiver FA-WRR1, dipasangkan dengan Commander FA-WRC1, untuk menciptakan sistem flash nirkabel yang dikendalikan dengan radio

*HVL-F60M/F43M/F32M
*HVL-F58AM/F43AM/F42AM (ADP-MAA, dijual terpisah)

Pencahayaan LED

Lampu ekstra untuk gambar yang lebih baik

Nonaktif / Aktif

Lampu ekstra untuk gambar yang lebih baik

Lampu LED yang efisien dan tahan lama memberikan pencahayaan ekstra yang Anda perlukan untuk mengambil gambar kualitas tinggi. Lampu ini memungkinkan Anda mengambil gambar pada ISO lebih rendah, dan mempermudah pemfokusan.

Keseimbangan warna natural

Lampu LED yang tidak disesuaikan menyerupai sinar matahari, dan mudah untuk mencocokkan suhu warna dari jenis pencahayaan lain untuk mendapatkan keseimbangan warna natural ketika Anda mengambil gambar.

Keseimbangan warna natural

Nonaktif / Aktif

Pengaturan kecerahan kontinu

Nonaktif / Aktif

Pengaturan kecerahan kontinu

Kontrol kecerahan yang dapat diubah memungkinkan rasio kecerahan dan pencahayaan diatur dengan mudah untuk menciptakan suasana yang diinginkan dan menghadirkan tingkatan detail yang diinginkan.