Lewati ke Konten

Seri EXTRA BASS™

SRS-XB10/XB20/XB30/XB40, GTK-XB5

Bass yang kuat dan lampu gemerlap jadi satu

Festival musik menyatukan orang melalui keajaiban musik dan visual. Bass yang menghentak dan pencahayaan dinamis menghadirkan suasana euforia. Seri EXTRA BASS™, sebuah inovasi baru speaker nirkabel portabel, membawa pengalaman tersebut ke rumah Anda, memungkinkan pengguna untuk berbagi kegembiraan musik yang unik.

Menghadirkan serunya pengalaman festival musik

Mendengarkan musik bukan lagi sesuatu yang dilakukan sendirian—berkembangnya popularitas musik dance elektronik (EDM) dan pertunjukan festival musik, orang semakin tertarik untuk berbagi pengalaman musikalnya secara langsung. Dengan Seri EXTRA BASS, kami ingin orang merasakan pengalaman tersebut tanpa harus pergi ke pertunjukan live. Untuk mendapatkan pengalaman musikal sepenuhnya, yang melebihi aspek audio, kami menggabungkan fungsi speaker konvesional—yang hanya mereproduksi suara—dengan pencahayaan dan ketahanan portabel untuk speaker nirkabel multisensor.

Gambar bagian dari EXTRA BASS.

Bentuk yang berfokus pada bass dipadu teknologi lampu keren

Tim desain harus menjawab dua pertanyaan penting: bagaimana memvisualisasikan suara bass genre EDM yang khas dan bagaimana membuat produk cukup tangguh untuk menghadirkan pengalaman musik yang unik dimana saja. Setelah mengeksplorasi berbagai kemungkinan solusi, kami akhirnya tiba pada konfigurasi “solid” yang mampu mewakili frekuensi low-range melalui tampilan yang padat dan solid. Selain memberi suara bass identitas visual yang lebih tebal dan kuat dibanding speaker jenis boks, desain EXTRA BASS juga memiliki tepi bulat yang membuat konfigurasi tersebut lebih tahan lama. Desain yang solid merangkum keseluruhan pengalaman produk, menggabungkan bass yang kuat dan ketahanan.

Sementara itu iluminasi di sekeliling unit speaker selaras dengan suara dari speaker yang memberi tambahan dimensi visual pada bass. Dengan menggabungkan bentuk yang solid dengan teknologi pencahayaan cerdas, kami menciptakan desain yang meningkatkan pengalaman EXTRA BASS ke level yang lebih mengagumkan.

Foto iluminasi EXTRA BASS dari SONY.

Memberi kenikmatan mendengar musik bersama

Takuma, chief art director

Ide kami adalah mengemas pengalaman festival musik—suara, lampu, dan kebersamaan—ke dalam satu produk speaker aktif. Bentuk ringkas dan solid dengan teknologi pencahayaan adalah kombinasi yang tepat: speaker yang menghidupkan pesta.

Fungsionalitas bentuk bulat

Kami tahu bahwa menciptakan desain yang solid dengan performa bass kuat dan portabilitas optimal memerlukan bentuk, bahan, dan elemen yang sempurna. Guna mengonsolidasikan berbagai komponen untuk berbagai fungsi ke dalam tampilan ringkas dan padat, kami bekerja dengan para teknisi untuk menguji ide struktur kabinet dan bentuk bulat dan halus adalah pilihan terbaik kami. Setelah memiliki bentuk dasar, kami memutuskan untuk memberi 2 jenis finish: permukaan atas dilapisi karet, memberi eksterior yang simpel, nyaman dan anti-gores, sedangkan tekstur bergelombang di bagian bawah memberi tampilan tangguh dan memberi produk pegangan yang lebih kuat, sehingga lebih mudah dibawa dan digunakan di mana saja. Menonjolkan bentuk solid dengan sentuhan kontras, kedua finish melengkapi desain fungsional produk yang penuh gaya.

Tampak samping SRS-XB20 dari SONY.
Tampak depan SRS-XB40 dari SONY.

Memvisualisasikan bass melalui campuran elemen estetika

Titik fokus utama tim desainer adalah unit speaker, yang tidak hanya merepresentasikan bagian paling penting dari kedalaman suara bass tapi juga diperlukan untuk dampak visual. Untuk mengedepankan elemen itu dalam desain, kami menempatkan iluminasi tracked tube di sekeliling unit dan menggunakan pola open-hole pada grill depan—fitur yang tidak hanya menghasilkan suara yang jernih tapi juga membuat pengguna dapat melihat speaker bergetar seirama perubahan tekanan akustik, menekankan dentuman frekuensi bass dengan tampilan visual. Kontru grill yang cembung mengekspresikan kekuatan aural yang memancar keluar dari speaker. Konsep “kekuatan” juga mempengaruhi desain warna bodi, karena jajaran BOLD COLOR juga memberi identitas visual tambahna pada suara. Dari atas hingga bawah, dalam dan luar, desain ini memvisualisasikan pengalaman bass melalui berbagai cara yang menarik.

Ketahanan yang meningkatkan fleksibilitas

Hibino, manajer desain

Konsep speaker nirkabel sebagai perlengkapan interior makin memudar—makin banyak orang mencari speaker ringkas yang dapat dibawa dan digunakan di mana saja. Melihat tren yang mengutamakan portabilitas, kami berfokus untuk mengembangkan produk mobile tahan lama, yang dapat digunakan saat berkemah, untuk pesta, serta segmen konsumen lainnya yang mengutamakan fleksibilitas.

Mendesain pola pencahayaan untuk menangkap suasana festival

Dalam dunia EDM, pencahayaan adalah bagian penting dari musik. Untuk meniru energi yang terasa di festival EDM, kami menciptakan skema warna untuk merefleksikan dinamika musik ini. Iluminasi tube-light, yang rentang fase warna “dingin” dan “hangat” untuk kontras kromatik diselaraskan dengan irama untuk menghadirkan palet cahaya yang “menghentak”—pelengkap sempurna bagi suara high dan low yang menjadi ciri khas genre EDM.

Dengan berlandaskan teknologi deteksi irama unik kami, kami juga mengembangkan algoritma yang mampu mengidentifikasi perubahan musik—secara real time. Hasilnya, skema pencahayaan yang beradaptasi sesuai nada dan irama setiap lagu, menonjolkan musik melalui kemampuan pencahayaan pintar. Unit ini juga memancarkan flash putih menurut irama, tapi tidak dalam pola yang lurus dan konstan: Pulse dipercepat atau diperlambat tergantung pada lagu, secara otomatis menciptakan kembali dinamika pencahayaan panggung.

Pencahayaan yang memberi tampilan luar biasa

Fujiki, desainer

Saat menghadiri ke festival musik, bass dan pencahayaan memberi efek langsung pada fisik Anda. Tujuan kami adalah menghasilkan perasaan gembira di seluruh tubuh. Deteksi irama dan skema warna merupakan bagian penting desain pencahayaan, tapi kami juga tahu betapa pentingnya membantu orang merasa gembira dari pengalaman tersebut.

Menghadirkan konsep festival melalui komunikasi intuitif

Tidak ada produk yang dapat mengomunikasikan konsepnya jika berdiri sendiri. Itulah kenapa desain komunikasi sangatlah penting. Menyadari sepenuhnya akan kebutuhan tersebut, tim desain menciptakan logo Seri EXTRA BASS yang merangkum pengalaman bass yang dalam dan mencerminkan keseluruhan konsep seri. Teks EXTRA BASS menggunakan tingkat ketebalan yang berbeda, menggunakan gaya yang berat dan tebal untuk kata “BASS” untuk memberi aksen kekuatan frekuensi rendah produk. Huruf dirapatkan untuk menangkap densitas desain yang dikemas rapat. Underlay grafis juga ikut berperan penting. Menampilkan elemen yang memberi kesan dan suara pertunjukan musik live, grafis tersebut mengembangkan ikatan yang intuitif antara produk dan pengalaman festival musik.

Perancang kemasan juga memilih kemasan produk yang dinamis untuk menciptakan tata letak yang berfokus pada bass dan berdampak tinggi. Lebih dari sekadar inti konsep produk, pengalaman bass juga membentuk fitur dari keseluruhan desain komunikasi.

Kami berfokus pada pengalaman bass

Matsuda, desainer

Kemasan biasanya memprioritaskan pada penekanan bentuk produk. Namun untuk kemasan Seri EXTRA BASS, kami memutuskan untuk menekankan pada pengalaman bass. Keseluruhan strategi komunikasi bergerak di seputar bidang itu.

Paduan mempesona antara bass yang menghentak dan pencahayaan dinamis yang cerdas, Seri EXTRA BASS melampaui konsep sistem audio tradisional untuk menegaskan sebuah fokus baru: memungkinkan orang untuk berbagi kegembiraan musik dalam grup yang lebih besar, di mana saja.

*Ketersediaan produk dapat berbeda menurut wilayah dan negara.