Cerita Lengkap Pengalaman Menggunakan Alpha Universe
Cerita Lengkap Pengalaman Menggunakan Alpha Universe
Menata sukses dengan caranya sendiri
Duta Sony Alpha Su Yi Liang

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam dunia fotografi mode, fotografer kenamaan asal Taiwan, Su Yi Liang, telah menghasilkan segudang karya ikonik. Kerja kerasnya demi mencapai kesempurnaan menuntutnya agar dapat menghasilkan gambar berkualitas gambar tinggi dalam waktu singkat. Teruskan membaca untuk mengetahui selengkapnya.

Apa makna fotografi mode bagi Anda?

Fotografi mode adalah gabungan rumit dari aspek-aspek dasar yang mencakup konsep, kemampuan teknis, dan kreativitas dalam diri. Demi bisa menghasilkannya, saya dituntut untuk memiliki tujuan fotografi yang jelas dan menggunakan kerangka pikir yang melibatkan pengamatan secara tajam. Dalam fotografi, saya bertujuan untuk menghasilkan gambar-gambar memukau melalui interaksi dengan model atau subjek. Sistem kamera Sony Alpha memudahkan tercapainya tujuan ini karena ditunjang oleh sejumlah aspek unggulan, seperti kualitas gambar yang luar biasa, kecepatan, dan ragam pilihan lensa. 

Apa isi tas kamera Anda?

Sony Alpha 7R IVdan lensa FE 135 mm F1.8 G Master adalah kombinasi yang paling kerap saya gunakan. Kombinasi lensa dan kamera ini terasa sangat nyaman dan ergonomis, membuatnya pas untuk potret statis ataupun dinamis. Saya sangat menyukai resolusi 61 MP pada Sony Alpha 7R IV. Dengan resolusi luar biasa ini, saya dapat menghasilkan file-file yang amat mendetail. G Master FE 135 mm F1.8 adalah lensa favorit saya karena lensa ini memiliki daya pisah yang mengagumkan dan gambar yang dihasilkannya tetap tajam sekalipun saat bukaan penuh. Selain senyap, autofokus-nya sangat cepat karena sudah dibekali Motor Linear XD. Berbekal semua fitur itu, saya bisa menangkap setiap momen yang ada. 

Apa yang Anda cari dalam suatu pemotretan?

Bagian tak terpisahkan dari fotografi gaya saya adalah menangkap ekspresi wajah dan gerak tubuh. Perubahan sekecil apa pun besar pengaruhnya karena akan tampak mana gambar yang bagus dan mana yang luar biasa pada hasil akhirnya nanti. Saya selalu mencoba untuk menyelami jiwa subjek yang saya foto. Ini awalnya mungkin tidak begitu kentara sebab terkadang kemunculannya hanya sekilas tergambarlewat ekspresi atau gerak tubuh subjek. Saya juga sangat teliti soal warna dan saya ingin hasilnya akurat pada saat pemotretan. Yang jelas, saya sangat puas dengan performa Sony dalam segi ini.

201007 SONY 0564

Alpha 7R IV | FE 135 mm F1.8 GM | 135 mm | 1/200 dtk | F14 | ISO 400

Kelebihan apa yang Anda rasakan dengan kecepatan fokus Sony Alpha?

Untuk membantu saya menangkap fokus secara cepat dan akurat, saya selalu mengaktifkan fungsi Real-Time Eye AF pada kamera ini. Secepat apa pun model berganti pose, saya pasti akan dapat memotret mata model dengan fokus sempurna. Ini makin mendorong saya untuk lebih berkreasi. Sebagai contoh, mari kita lihat foto percikan air yang membeku di badan model ini. Foto ini diambil dengan kecepatan rana 1/200 dtk. Di sini, Real-time Eye AF dapat dengan mudah mendapatkan fokus pada mata meskipun mata model setengah tertutup. Kecerdasan Buatan yang ada pada Eye AF ini sungguh luar biasa. Kini rasanya makin mudah untuk menangkap gambar tajam sembari saya bereksperimen dengan ide-ide baru.

201007 SONY 0721

Alpha 7R IV | FE 135 mm F1.8 GM | 135 mm | 1/200 dtk | F14 | ISO 400

Sebagai fotografer mode, apa keuntungan dari gambar yang berkualitas tinggi bagi Anda?

Sebagai seorang profesional, saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam fotografi mode. Kamera Sony Alpha 7R IV benar-benar membantu saya memberikan yang terbaik. Semua berkat rentang dinamis tinggi dan detail bayangan yang kaya. Ketika dipadukan dengan lensa FE 135m F1.8 G Master, detail-detail kecil, seperti rambut dan bulu mata bisa terekam jelas dan tajam. Gambar-gambar saya kadang dicetak dalam ukuran besar. Artinya, gambar-gambar resolusi tinggi ini memastikan karya saya tetap terlihat tajam dan mendetail dalam ukuran apa pun.

201007 SONY 0366

Alpha 7R IV | FE 135 mm F1.8 GM | 135 mm | 1/200 dtk | F14 | ISO 400

Secara singkat, seperti apakah pengalaman Anda dengan Sony?

Bisa dikata lima aspek unggulan yang ditawarkan sistem mirrorless Sony Alpha adalah kombinasi yang tiada duanya. Aspek-aspek itu meliputi kualitas gambar, kecepatan, ragam lensa, baterai yang awet, dan kemudahan penggunaan. Saya sepenuhnya mengandalkan Sony untuk membantu saya menuangkan ide menjadi realita.