Australia

James Day

James Day

James Day adalah fotografer pernikahan di dekat Sydney, Australia. James telah memotret pernikahan selama 15 tahun dan selama periode tersebut telah mengabadikan sekitar 650 pernikahan. Gambar-gambarnya dikenal karena emosi yang disampaikan, terutama melalui caranya menggunakan cahaya. James muncul secara teratur dalam daftar fotografer top, tetapi tidak pernah mengikuti kompetisi. Menurutnya “penghargaan tertinggi saya adalah menyaksikan suatu pasangan menikmati pengalaman mereka dan jatuh cinta kembali dengan pasangannya selama pemotretan”. James telah memotret pernikahan selebriti, namun kegembiraan sejatinya terletak pada orang-orang yang jatuh cinta.

Apa yang selalu membuat Anda terinspirasi sebagai seorang Fotografer Pernikahan? 

Saya merasa terpanggil menjadi fotografer pernikahan tak lama setelah ayah saya meninggal dunia dan saya mendapat warisan peralatan kamera profesional yang pernah ia gunakan untuk mengajari saya. Perlengkapan kamera itu saya gunakan pada acara pernikahan saudara perempuan saya. Saya tumbuh di rumah bersama ayah saya yang sakit, sehingga momen dan kenangan menjadi tak ternilai, dan sejak usia dini saya menjadi tahu pentingnya menangkap hubungan antara orang-orang. Menjadi fotografer pernikahan adalah jalan yang logis bagi saya. 

Jelaskan gaya fotografi pernikahan Anda. 

Gaya fotografi pernikahan saya adalah santai dan tidak rumit, dengan kedalaman yang membuat saya yakin bahwa sebuah foto adalah jendela untuk kembali ke suatu masa, jadi saya lakukan apa pun yang saya bisa untuk memastikan orang ingin melihat kembali momen tersebut. Saya banyak bertanya ketika memotret orang, mengingatkan mereka akan cinta yang hadir dalam hidup mereka pada momen tersebut. 

Apa saja tantangan yang Anda temui dalam Fotografi Pernikahan? 

Salah satu tantangan utama yang saya hadapi selama bertahun-tahun adalah menemukan peralatan kamera yang tidak merepotkan. Bagi saya, peralatan kamera terbaik adalah mudah dioperasikan, andal, dan bekerja tanpa harus banyak memanipulasi setelan. Saya percaya bahwa waktu yang digunakan untuk mengutak-atik kamera membuat saya kehilangan waktu bersama subjek. 

 

Detail penting apa saja yang diperlukan untuk Fotografi Pernikahan? 

Fotografi Pernikahan sebenarnya melibatkan beberapa genre fotografi sekaligus dalam satu hari. Di satu saat Anda mengambil gambar lanskap, lalu di saat berikutnya mengambil gambar potret, dokumenter, dan seterusnya. Semua hal ini penting untuk dipahami dengan baik, sebab pada akhirnya seorang fotografer pernikahan yang lengkap perlu menguasai semua genre ini sampai ke taraf tertentu. 

 

Apa kamera dan lensa yang Anda gunakan untuk memotret? 

Saya memotret menggunakan dua set α9 serta lensa favorit saya, SEL35F14Z. Saya juga menggunakan lensa SEL1224G dan SEL85F14GM.

  

Seperti apa peran perlengkapan dalam fotografi Anda? 

Kamera α9 yang saya gunakan adalah alat yang tak terpisahkan. Kemampuan lengkap DSLR yang dikemas dalam desain ringkas mirrorless merupakan sesuatu yang saya tunggu sejak lama. Dari rana yang benar-benar hening, hingga kemampuan mengambil gambar di kegelapan yang sebelumnya tak bisa dilakukan, α9 memberi kesempatan yang sebelumnya tak pernah ada. 

  

Peralatan James