India

Joseph Radhik

Joseph Radhik

Joseph Radhik adalah salah satu fotografer pernikahan kontemporer yang terkenal di India. Dengan karier selama 8 tahun dan lebih dari 300 pernikahan, ia telah merintis gaya yang unik, semarak, dan penuh kegembiraan. Joseph adalah pemenang global IPA New York peringkat pertama untuk pernikahan di tahun 2015, 3 kali pemenang penghargaan global Fearless Award, satu dari 25 fotografer pernikahan terbaik di dunia (2017 WPS), dan satu dari 10 Fotografer Paling Berpengaruh di Asia. Ia juga seorang pengajar dan pembina masyarakat yang aktif dalam di bidang fotografi pernikahan dan potret di Asia, dengan inisiatif yang disebut PEP. Ketika berbicara di beragam platform (TEDx, konferensi global, dan sebagainya), ia menekankan pentingnya belajar mandiri dan penetapan tujuan. 

Apa yang selalu membuat Anda terinspirasi sebagai seorang Fotografer Pernikahan? 

Perjalanan saya dalam fotografi pernikahan dimulai ketika saudara perempuan saya menikah di tahun 2008. Sebelumnya fotografi memang hobi saya, mengambil gambar matahari terbenam dan bunga-bunga. Ketika saya menelusuri genre ini dan belajar untuk menguasainya, saya benar-benar terpikat. Setahun kemudian, saya terjun ke bidang ini dan memotret pernikahan seorang teman, dan sejak saat itu segalanya menjadi berbeda! Saya gembira bisa menampilkan suatu hubungan dalam foto, entah itu hubungan cinta pasangan pengantin, atau hubungan dalam keluarga. Saya juga memandang sebuah pernikahan sebagai peristiwa fantasi, yang memungkinkan saya menceritakan suatu kisah nyata. Paradoks seperti itulah yang menjadi pendorong saya. 

Jelaskan gaya fotografi pernikahan Anda. 

Yang menjadi ciri khas gaya saya adalah: momen nyata dan potret yang tak lekang zaman. Saya yakin bahwa setiap pernikahan harus didekati dengan dua cara: sebagai fotografer potret, menciptakan gambar yang tahan ujian waktu, dan sebagai jurnalis foto, yang menghargai momen penting sebuah pernikahan, dan selalu mencari komposisi sebaik mungkin dalam acara tersebut. 

 

Apa saja tantangan yang Anda temui dalam Fotografi Pernikahan? 

Menguasai peralatan dan ketahanan fisik adalah dua tantangan terbesar bagi saya. Pernikahan di India dapat berlangsung berhari-hari dan mengambil gambar 12 jam selama 3 hari berturut-turut bukan hal yang jarang terjadi. Tubuh dan peralatan harus dalam kondisi terbaik agar saya dapat melakukan yang terbaik. 

 

Detail penting apa saja yang diperlukan untuk Fotografi Pernikahan? 

Kita harus mengetahui jenis upacaranya, terutama di India yang mempunyai lebih dari 20 jenis upacara! Kita juga perlu mengenal keluarga yang bersangkutan dan hal-hal seputar hubungan dalam keluarga itu – pesta pernikahan di India biasanya dihadiri sekitar 500 tamu, ada yang hingga 140.000 tamu! Dalam hingar-bingar seperti ini, kuncinya adalah mengetahui apa dan siapa yang harus difoto. Setelah urusan ini selesai, saya berani mengambil satu atau dua risiko dengan harapan akan menghasilkan foto yang spektakuler. Inilah pentingnya mengenal peralatan Anda luar dan dalam – agar Anda tidak bereaksi terhadap momen, namun berusaha mendapatkan momen tersebut. 

 

Apa kamera dan lensa yang Anda gunakan untuk memotret? 

Filosofi saya adalah kesederhanaan. Perlengkapan saya meliputi 2 bodi full-frame dan 3 sampai 5 lensa, yaitu α7R III, α9, SEL1635GM, SEL35G14Z, SEL35F18, Zeiss Batis 1.8/85, serta planar putar Zeiss 50/1.4 dengan adaptor.

 

Seperti apa peran perlengkapan dalam fotografi Anda? 

Saya senang menggunakan kamera mirrorless Alpha dari Sony, yang membuat proses pengambilan gambar menyenangkan dan sederhana. Tampilan live yang bisa diputar, jendela bidik yang sepenuhnya elektronik, Eye AF yang menakjubkan, rana hening (digunakan dalam momen yang emosional), atau bodinya yang sangat ringan, yang tidak membebani tubuh saya. Kamera seperti ini memudahkan pekerjaan saya. 

 

Peralatan Joseph