Singapura

Kelvin Koh

Kelvin Koh

Kelvin Koh adalah pendiri Lightedpixels, studio peraih penghargaan lokal dan internasional yang terkenal untuk foto-foto pernikahan, pribadi, dan keluarga. Studio ini juga satu-satunya yang masuk daftar “Best of Singapore” dari Singapore Tatler selama 13 tahun berturut-turut sejak tahun 2006. Kelvin diakui sebagai orang yang mempopulerkan gaya foto jurnalisme pernikahan dan banyak diminta untuk pengambilan foto destinasi pernikahan. Foto-foto perkawinannya menginspirasi satu generasi fotografer pernikahan di sini dan di kawasan ini, dan ia selalu dimintai saran oleh fotografer muda dan calon fotografer. Di tengah jadwalnya yang padat, jika ada kesempatan ia hanya ingin berada di tengah keluarga, bersama kelima anaknya. 

Apa yang selalu membuat Anda terinspirasi sebagai seorang Fotografer Pernikahan? 

Melalui fotografi, saya dapat mengeksplorasi kehidupan hari demi hari. Saya juga tertarik pada orang dan hubungan yang terjalin. Saya senang menjadi bagian sebuah perayaan dan selalu merasa terhormat menjadi bagian dari sesuatu yang sangat pribadi. 

Jelaskan gaya fotografi pernikahan Anda. 

Saya mengambil gambar seperti jurnalis, meskipun saya berinteraksi dengan tamu dan keluarga. Penting bagi saya untuk bisa berjalan kesana-kemari dengan peralatan saya tanpa menarik terlalu banyak perhatian, atau membuat kehadiran saya memengaruhi adegan yang difoto. 

Apa saja tantangan yang Anda temui dalam Fotografi Pernikahan? 

Ada banyak, tapi bagi saya, saya perlu mengingatkan diri tentang mengapa saya mengambil gambar-gambar yang biasa saya foto. Apakah ini demi saya sendiri atau demi pasangan yang menikah? Fokusnya adalah foto yang muncul dari pengambilan gambar-gambar terbaik. 

Detail penting apa saja yang diperlukan untuk Fotografi Pernikahan? 

Saya percaya bahwa menangkap suatu momen dan segala yang ditampilkan di sana adalah penting. Inilah hal pertama dan yang terutama dalam benak saya. 

Apa kamera dan lensa yang Anda gunakan untuk memotret? 

Alat pilihan saya adalah Alpha 9, digunakan bersama lensa Distagon T* FE 35 mm F1.4 ZA, Planar T* FE 50 mm F1.4 ZA, FE 85 mm F1.4 GM, dan FE 70-200 mm F2.8 GM OSS.

Seperti apa peran perlengkapan dalam fotografi Anda? 

Peralatan fotografi saya harus mudah dan nyaman digunakan, namun mempunyai semua fitur yang diperlukan untuk mempermudah pekerjaan saya. Saya juga harus yakin kamera tersebut dapat diandalkan dan tidak akan mengecewakan di saat-saat krusial selama acara pernikahan berlangsung.

Peralatan Kelvin

ILCE-7RM3

Alpha 7R III 

ILCE-7RM3

SEL70200GM

FE 70-200mm F2.8 GM OSS

SEL70200GM

SEL85F14GM

FE 85mm F1.4 GM

SEL85F14GM

SEL35F14Z

Distagon T* FE 35mm F1.4 ZA

SEL35F14Z

SEL50F14Z

Planar T* FE 50mm F1.4 ZA

SEL50F14Z