Taiwan

oleh Sixpence Chen

Chen Hsiang Yung

Dengan pengalaman fotografi pernikahan selama 10 tahun, Sixpence tentu memiliki riwayat karya fotografi yang mengesankan. Sebagai profesional, prestasinya termasuk menjadi Duta dan Fotografer Wisata Hokkaido untuk Organisasi Pariwisata Jepang, fotografer utama untuk CWBook CSR Topics, dosen mata kuliah Fotografi Pernikahan di School of Continuing Education di Chinese Culture University, serta dosen kursus fotografi pernikahan Dcview.

Selain itu, Sixpence juga mengikuti kompetisi di panggung global, memenangkan ISPWP International Wedding Photographer, 20 Fotografer Pernikahan Terbaik 2011 dan 2012, dan meraih juara ketiga dalam So Sweet Wedding Photography Competition 2013.

Apa yang selalu membuat Anda terinspirasi sebagai seorang Fotografer Pernikahan? 

Meskipun saya mengambil jurusan teknik di universitas, sejatinya saya adalah seorang seniman, dan saya memilih fotografi untuk mengekspresikan jiwa seni. Ketertarikan saya pada fotografi pernikahan terinspirasi oleh pernikahan saya sendiri, yang merupakan acara yang ingin saya kenang selamanya. Setelah itu, saya ingin membuat foto-foto yang cantik bagi pasangan pengantin sebagai pengingat hari istimewa ini, sehingga 10 atau 20 tahun kemudian, mereka masih bisa melihat foto itu kembali dengan bahagia.

Jelaskan gaya fotografi pernikahan Anda. 

Ini adalah kombinasi gaya pribadi saya dan kepribadian pasangan. Saya ingin membuat foto yang mengabadikan romansa, kecantikan, mode, kecerdasan, dan hasrat mereka satu sama lain.

Apa saja tantangan yang Anda temui dalam Fotografi Pernikahan? 

Tantangan terbesar adalah kesulitan dalam memperkirakan cuaca yang ideal. Serta, jika peralatan fotografi saya tidak stabil, hal itu bisa membuat segalanya menjadi kacau.

 

Detail penting apa saja yang diperlukan untuk Fotografi Pernikahan? 

Bagi saya, yang menjadi fokus adalah pasangan pengantin dan aspek orang-orang di sekitar foto. Oleh karena itu, saya harus sepenuhnya fokus pada subjek foto, sehingga hasilnya tidak terduga dan layak dijual.

 

Apa kamera dan lensa yang Anda gunakan untuk memotret? 

Saat ini saya menggunakan kamera α7R III dan α7R II, dan memotret dengan lensa SEL1224G, SEL50F14Z, SEL85F14GM, dan SEL70200GM.

  

Seperti apa peran perlengkapan dalam fotografi Anda? 

Saya menggunakan banyak cahaya alami dan pengaturan apertur besar dalam bidikan saya, sehingga kinerja fokus otomatis sangat penting. Kamera α7R III sangat akurat dalam aspek ini, terutama dengan F1.4. Kinerjanya melebihi model lensa lain yang pernah saya gunakan. Saya bisa mendapatkan lebih banyak bidikan hebat, yang membuat saya lebih percaya diri. Kamera Ini juga memiliki rentang dinamis yang tinggi, dan memungkinkan saya menjangkau foto dengan kontras yang tinggi dengan mudah. Selain mengambil bidikan jarak dekat dengan apertur besar, α7R III dengan lensa ekstra lebar, seperti SEL1224G dan SEL1635Z tampil luar biasa, terutama ketika ada arsitektur atau detail di latar belakang yang perlu ditangkap. Saya sangat kagum dengan hasilnya.

  

Peralatan Sixpence

ILCE-7RM3


α7R III

ILCE-7RM3