Cerita Lengkap Pengalaman Menggunakan Alpha Universe
Sony Electronics Mengumumkan Mikrofon Nirkabel ECM-W2BT dan Mikrofon Lavalier Stereo Ringkas ECM-LV1
(Dari kiri ke kanan) ECM-W2BT, ECM-W2BT dengan mikrofon dan pegangan penerima, ECM-LV1

(Dari kiri ke kanan) ECM-W2BT, ECM-W2BT dengan mikrofon dan pegangan penerima, ECM-LV1

(ASIA PASIFIK, 9 Maret) –  Sony hari ini mengumumkan dua mikrofon baru dengan diluncurkannya ECM-W2BT Mikrofon nirkabel yang kompatibel dengan Dudukan Multi Antarmuka dan mikrofon lavalier stereo ringkasECM-LV1. Mikrofon nirkabel ECM-W2BT mampu merekam audio berkualitas tinggi secara nirkabel dengan tingkat kebisingan rendah dan koneksi stabil, terutama jika dipasangkan dengan mikrofon lavalier stereo ECM-LV1 dan salah satu kamera Sony yang sudah dilengkapi kompatibilitas audio digital. Kombinasi ini merupakan solusi sempurna untuk menjawab kebutuhan vlogger, YouTuber, dan kreator video masa kini yang mendambakan audio jernih dan berkualitas untuk berbagai latar, seperti pertunjukan jalanan, ulasan produk, ulasan makanan, vlog perjalanan, dan banyak lagi.

Mikrofon nirkabel ECM-W2BT mampu merekam suara digital dengan tingkat kebisingan rendah. Caranya, hubungkan penerima dengan kamera  yang sudah dilengkapi Dudukan Multi Antarmuka audio digital yang kompatibel. Output sinyal audio digital dari penerima dapat direkam langsung menggunakan kamera tanpa perlu kabel audio eksternal. Selain itu, ECM-W2BT kini kian disempurnakan dan dibekali kapsul mikrofon canggih yang sanggup merekam suara jernih dari segala arah. Kualitas suara yang dihasilkan dijamin makin baik. Di samping itu, dengan meningkatkan stabilitas koneksi nirkabel antara mikrofon dan penerima, ECM-W2BT membuat penggunanya makin leluasa saat merekam audio, sekalipun digunakan secara nirkabel saat ada objek penghalang atau saat di lingkungan yang bising. Di lokasi yang tak banyak penghalangnya, komunikasi bisa dilakukan hingga jarak 200 m, otomatis meningkatkan fleksibilitas perekaman audio secara signifikan. Terakhir, rekaman audio berkualitas tinggi dan latensi rendah bisa dicapai dengan adanya kodek Qualcomm® aptX™ Low Latency .

ECM-W2BT, A7C dan SEL1635GM

ECM-W2BT, A7C dan SEL1635GM

Mikrofon nirkabel ECM-W2BT juga mampu mendorong kreativitas penggunanya berkat fungsi perekaman suara yang diusungnya. Terdapat tiga mode perekaman suara, yaitu mode MIC, mode MIX, dan mode RCVR baru. Ketiga mode perekaman itu memungkinkan pengguna merekam suara dan bunyi-bunyian dari lingkungan sekitar sesuai keinginannya. Mode MIC hanya akan menerima audio dari pemancar mikrofon sehingga hanya audio subjek yang terekam. Mode RCVR hanya merekam suara dari mikrofon internal di penerima sehingga pengguna dapat merekam suaranya sendiri. Mode MIX merekam audio dari pemancar dan penerima sehingga cocok untuk perekaman audio subjek dan pengguna. Mikrofon ECM-W2BT mendukung input audio stereo dengan jack mini stereo 3,5 mm untuk menerima suara stereo. Artinya, perangkat ini dapat dikombinasikan dengan mikrofon lavalier stereo, seperti mikrofon lavalier ringkas ECM-LV1, mikrofon mungil yang dapat dengan mudah disematkan di baju subjek dan mampu merekam suara sejernih aslinya. Dengan output audio 3,5 mm di penerima, ECM-W2BT dapat juga dipasangkan dengan model-model kamera yang tidak dilengkapi Dudukan Multi Antarmuka.

Mikrofon nirkabel ECM-W2BT sudah dilengkapi fungsi atenuasi. Ini berguna ketika mikrofon digunakan pada spot-spot perekaman yang menantang Pengguna dapat memilih satu dari tiga level atenuasi tergantung volume sumber suara, memungkinkannya untuk merekam suara yang amat lantang dalam volume rendah atau memperkuat suara lirih sehingga hasil rekaman audio terdengar lebih lantang. ECM-W2BT juga dilengkapi kaca depan untuk mengurangi suara bising dari angin, sangat efektif saat merekam di luar ruangan. Saat butuh pengoperasian untuk waktu lama, fungsi bantuan baterai melalui catu daya dari Dudukan Multi Antarmuka memungkinkan pengguna menggunakan penerima hingga 9 jam . Untuk memudahkan pengguna, ECM-W2BT dibekali lampu LINK yang bertugas memberitahukan status komunikasi antara mikrofon dan penerima, juga lampu DAYA sebagai indikator sisa daya baterai. Disediakan pula tutup sekaligus pemegang konektor untuk penerima Dudukan Multi Antarmuka, berguna agar penerima dan mikrofon tidak saling terpisah ketika pengguna harus membawanya. Aksesori ini dapat juga digunakan sebagai stan mikrofon, efektif untuk menjaga kestabilan posisi mikrofon saat wawancara atau penggunaan stasioner lain. 

ECM-W2BT dan ECM-LV1

ECM-W2BT dan ECM-LV1

Dibalut dalam desain mungil yang memudahkannya dibawa ke mana-mana dan guna menunjang kenyamanan saat pengambilan gambar, Mikrofon lavalier stereo ringkas ECM-LV1 mampu menghasilkan rekaman suara berkualitas tinggi. ECM-LV1 juga dilengkapi kaca depan untuk makin mengurangi kebisingan. Selain itu, ada klip yang dapat diputar 360 derajat, membuatnya dapat disematkan secara horizontal di dasi atau vertikal di kantung baju, dengan mikrofon menempel pada sudut yang sama. Pasokan daya mikrofon ini didapatkan dari konektor.

Harga dan Ketersediaan

Mikrofon nirkabel ECM-W2BT dan Mikrofon Lavalier Stereo Ringkas ECM-LV1 akan dijual di sejumlah negara di Asia Pasifik mulai April 2021.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang produk, kunjungi:

• Mikrofon Nirkabel ECM-W2BT: https://www.sony.co.id/id/electronics/interchangeable-lens-cameras-microphones/ecm-w2bt .

• Mikrofon Lavalier Stereo Praktis ECM-LV1:https://www.sony.co.id/id/electronics/interchangeable-lens-cameras-microphones/ecm-lv1

Tentang Sony Electronics Asia Pacific Pte. Ltd.

Berpusat di Singapura, Sony Electronics Asia Pacific Pte. Ltd. adalah anak perusahaan Sony Corporation. Perusahaan ini bertindak sebagai pengelola regional dan pusat pemasaran untuk konsumen Sony serta produk profesional dan penyiaran di wilayah Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan dan produk Sony di Asia Pasifik, kunjungi www.sony-asia.com

Tentang Sony Corporation

Sony Corporation adalah perusahaan hiburan kreatif dengan fondasi teknologi yang solid. Mulai dari game dan layanan jaringan, hingga musik, gambar, alat elektronik, sensor citra, dan layanan keuangan, Sony bertujuan membuat dunia menjadi lebih hidup lewat kreativitas dan teknologi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: http://www.sony.net/

Untuk keperluan media, silakan menghubungi:

Kavya Rai

BlueCurrent untuk Sony Electronics

Asia Pasifik dan Singapura

Tel: +65 6671 4707

Melanie Shum

Sony Electronics Asia Pasifik

Tel: +65 6544 7428