Cerita Lengkap Pengalaman Menggunakan Alpha Universe
Sony Alpha 7 IV melampaui ‘Standar’ dengan sensor gambar full-frame 33 megapiksel dan sistem pengoperasian foto serta video yang juara
Sony juga meluncurkan dua flash baru untuk makin melengkapi Sistem Pencahayaan Alpha yang dikenal andalnya

Sony juga meluncurkan dua flash baru untuk makin melengkapi Sistem Pencahayaan Alpha yang dikenal andalnya

(ASIA PACIFIC, 21 Oktober 2021) – Hari ini, Sony mengumumkan tiga tambahan baru untuk jajaran produk kameranya — kamera dengan lensa yang dapat diganti Alpha 7 IV (ILCE-7M4) dengan sensor gambar full-frame 33 megapiksel (perkiraan, efektif)
yang ditenagai oleh teknologi termutakhir dan dua flash baru, HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM.

Flash Eksternal dengan Kontrol Radio Nirkabel HVL-F60RM2

Flash Eksternal dengan Kontrol Radio Nirkabel
HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM

Alpha 7 IV menetapkan ‘standar’ kamera full-frame yang lebih tinggi dengan kualitas gambar dan performa andal, mengubah standar pendahulunya, Alpha 7 III. Model baru ini punya segudang teknologi pengambilan citra terdepan Sony, seperti mesin pemrosesan BIONZ XR™ terbaru dan kemampuan AF (autofocus) canggih yang diadopsi dari model flagship Alpha 1, juga pengoperasian yang efisien dan mutakhir untuk memfoto serta merekam. Semua itu menjadikannya serbaguna dan pas bagi penggemar serta profesional fotografi atau videografi yang mengabadikan semua skenario. Alpha 7 IV juga punya resolusi 33 MP, ekspresi film yang kaya, dan berbagai fitur untuk menjawab kebutuhan akan komunikasi jarak jauh. Dengan semua itu, Alpha 7 IV telah menetapkan standar baru pencapaian kamera ‘standar’.

 “Dengan Alpha 7 III, kami telah menetapkan standar fungsi kamera full-frame. Kini kami ingin mendobrak batasan itu,” ujar Yasufumi Machitani, General Manager, Digital Imaging Division, Sony Electronics Asia Pacific. “Alpha 7 IV memadukan teknologi terbaik Sony guna memberikan pengalaman yang mengagumkan, baik saat mengabadikan gambar diam maupun video. Jadi, pengguna bisa membuat konten persis seperti yang dibayangkannya dalam segala situasi.”

Alpha 7 IV: Inovasi tiada henti

Alpha 7 IV yang baru adalah kamera hibrida terbaik, mampu menghasilkan kualitas gambar diam yang mengagumkan dan mengusung teknologi video dengan autofokus, sistem pengoperasian, serta kemampuan alur kerja yang makin canggih. Model ini juga dikembangkan dengan mengedepankan faktor-faktor lingkungan, terbukti lewat penggunaan SORPLAS™, atau plastik daur ulang asli Sony sebagai bodi kamera dan bahan kemasan yang dapat didaur ulang   dengan kandungan plastik lebih rendah.

Kualitas gambar yang menakjubkan 

Sensor gambar CMOS Exmor R™ full-frame dengan iluminasi dari sisi belakang berukuran 33 MP terbaru memberikan kualitas gambar luar biasa dan rentang sensitivitas ISO Lebar yang bisa diperluas sampai ISO 50-204800. Resolusi tinggi ini memungkinkan kamera menangkap gradasi halus, juga detail dan tekstur mikro pada subjek sekaligus mengurangi noise. Rentang dinamis 15-stop pada model ini memberikan rentang ekspresif yang luas, sementara pengaturan Tampilan Kreatif dapat membantu menciptakan tampilan orisinal dengan mudah, baik untuk foto ataupun video.

Peningkatan performa AF 

Mesin pemrosesan terbaru BIONZ XR™ yang digunakan di produk flagship Alpha 1 membawa AF berkecepatan tinggi, pengambilan gambar beruntun yang mulus dengan tingkat bingkai 10 fps  menggunakan pelacakan AF/AE dan buffer besar untuk mendapatkan pengalaman pemotretan yang bebas gangguan. Alpha 7 IV melacak subjek dengan Pelacakan Real-Time canggih dan 759 titik AF deteksi fase dalam sistem AF deteksi fase bidang fokus berkepadatan tinggi yang mencakup sekitar 94% area gambar. Selain itu, untuk pertama kalinya, Real-time Eye AF kini bisa melacak mata burung dan hewan dalam gambar diam dan film. Akurasi deteksi wajah dan mata manusia juga meningkat sekitar 30% jika dibanding Alpha 7 III.

Teknologi film canggih

Alpha 7 IV dilengkapi teknologi produksi film, seperti S-Cinetone™, hasil adopsi dari kamera Cinema Line Sony yang sudah diakui kualitasnya dan dipakai sineas serta kreator konten karena tampilan sinematiknya yang kaya. Film berkualitas tinggi dihasilkan dengan pengambilan gambar 4K 60p dalam mode Super 35 mm dan maksimal 4K 30p dengan oversampling 7K dalam mode full-frame. Model baru ini juga punya sampling warna 4:2:2 berkedalaman 10 bit yang memberikan gradasi alami, pengodean intra-frame XAVC S-I™ untuk efisiensi alur kerja pengeditan, dan XAVC HS™ yang membuat kompresi dua kali lipat lebih efisien.

 Demi membuktikan presisinya AF saat merekam video, karakteristik AF dihasilkan oleh Alpha 7 IV saat dipadukan dengan lensa Sony E-mount, termasuk AF Assist yang mendukung transisi fokus saat menggunakan AF dan Focus Map yang menggambarkan kedalaman bidang. Pertama kalinya di seri Alpha, kamera baru ini punya Breathing Compensation yang meminimalkan focus breathing dan menjaga konsistensi sudut pandang saat fokus berubah. Fitur ini dapat dinyalakan dan dimatikan.

Sistem pengoperasian canggih, menegaskan predikatnya sebagai model hibrida 

Selain canggih, Alpha 7 IV adalah kamera diam hibrida dan film yang andal sebab memudahkan pengguna beralih dari foto ke film. Baru di jajaran Sony Alpha: mode panggilan lapisan ganda. Lapisan bawah untuk memilih Gambar Diam/Film/S&Q, sedangkan lapisan atas Auto/P/A/S/M dan MR (Memory Recall). Pengguna jadi bisa memilih dan beralih antar-pengaturan khusus. Ada pula stabilisasi gambar optik 5 sumbu di dalam bodinya, menghasilkan keunggulan kecepatan rana 5,5 step, pegangan yang lebih nyaman, dan slot media yang kompatibel dengan CFexpress Tipe A untuk media dengan penulisan dan pembersihan lebih cepat. Resolusi jendela bidik OLED Quad-VGA 3,68 juta titik (perkiraan) model ini 1,6 kali lipat dibanding Alpha 7 III. Jadi, kualitas tampilan langsung pada jendela lebih baik sehingga risiko kesalahan warna berkurang dan resolusi meningkat.

 Videografer bisa terus merekam video 4K 60p 10-bit 4:2:2 lebih dari satu jam berkat struktur peredam panasnya. Stabilisasi gambar ‘Active Mode’  mengoptimalkan perekaman video. Videografer makin terbantu berkat fitur lain di model ini, seperti monitor LCD belakang panel sentuh vari-angle tipe 3.0 dengan 1,03 juta titik (perkiraan), tombol REC yang ada di panel atas, dan baterai seri Z berkapasitas tinggi.

Bodi Alpha 7 IV dibuat dari paduan magnesium agar kokoh, tetapi tetap ringan. Ketahanan terhadap debu dan kelembapan model ini juga lebih baik, berkat struktur dan tombol pengunci lensa yang makin disempurnakan. 

Peningkatan kemampuan alur kerja

Dengan berbagai opsi konektivitas, Alpha 7 IV memungkinkan streaming dan berbagi konten langsung dari lokasi pengambilan gambar demi memenuhi ekspektasi akan fitur komunikasi jarak jauh. Semua itu hadir tanpa mengorbankan kualitas gambar dan audio. Koneksi kamera dan aplikasi seluler Imaging Edge Mobile™ kini praktis berkat Bluetooth, transfer data pun lebih cepat dengan Wi-Fi 5 GHz/2.4 GHz.

 Kamera ini punya fitur baru bernama “Shot Mark” yang memudahkan pengguna mengakses adegan yang ditandai di klip video, di dalam kamera, dan di aplikasi Catalyst Browse/Prepare Sony.

Ada pula fitur baru untuk streaming langsung dan komunikasi jarak jauh tanpa perlu perangkat lunak khusus. UVC (USB Video Class) dan UAC (USB Audio Class) mengubah Alpha 7 IV menjadi kamera streaming langsung yang andal saat terhubung ke komputer atau ponsel pintar. Kualitas gambar apik, seperti 4K 15p dan 1080 FHD 60p, menghasilkan video realistis yang bisa dibagikan dari jarak jauh. Ditambah lagi, antarmuka audio digital Alpha 7 IV kompatibel dengan berbagai tipe mikrofon dan aksesori untuk kualitas suara yang maksimal.

Desain yang peduli terhadap lingkungan

Menurut inisiatif lingkungan Sony berdasarkan "Road to Zero", sifat ramah lingkungan menjadi faktor penting dalam pengembangan desain, produksi, dan pengemasan Alpha 7 IV. Bodi kamera ini berbahan plastik daur ulang, SORPLAS™, yang tidak bergantung pada sumber daya tak terbarukan dan diproduksi di lokasi yang menggunakan sumber energi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga surya. Kemasan produk juga dibuat dari bahan yang mengandung lebih sedikit plastik dan dapat didaur ulang .

HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM: Flash canggih nan kokoh yang menandai inovasi di jajaran Sistem Pencahayaan Alpha

HVL-F60RM2 dengan GN 60 dan cakupan 20-200mm, serta HVL-F46RM dengan GN 46 dan cakupan 24-105mm adalah flash nirkabel dengan kontrol presisi, kecepatan tinggi, dan pengoperasian intuitif. Keduanya dirancang untuk para kreator konten profesional dan tingkat lanjut yang memakai Sony Alpha, termasuk Alpha 7 IV. Keduanya memaksimalkan Sistem Pencahayaan Alpha melalui flash dan kamera berkomunikasi mendetail.

Kedua flash itu mengoptimalkan performa flash untuk pengambilan gambar secara beruntun, hingga 200 kali dengan 10 bingkai per detik di HVL-F60RM2 dan 60 kali di HVL-F46RM. Algoritme flash yang telah dioptimalkan memastikan keduanya tahan panas berlebih, dan set berisi empat baterai Ni-MH (Nickel-metal hydride) bisa memberi daya hingga 240 flash dengan waktu daur ulang 1,7 detik untuk HVL-F60RM2 dan hingga 320 flash dengan waktu daur ulang 2,0 detik untuk HVL-F46RM.

Ketika dipasangkan dengan kamera Alpha, keduanya memberikan pengalaman komunikasi unik dan manfaat sistem dari Sistem Pencahayaan Alpha. Misalnya, dengan Alpha 7 IV, pengukuran kontrol flash P-TTL bisa digunakan untuk setiap frame di mode beruntun Hi dan Mid selain mode beruntun Lo. Agar bisa menangkap ekspresi wajah dan gerakan subjek, jeda waktu flash juga dibuat lebih singkat.

Dengan Alpha 1, HVL-F60RM2 mampu mencapai pengambilan gambar beruntun nan fenomela, hingga 20fps dan sekitar 20 flash per detik dapat dihasilkan selama lebih dari 10 detik dengan adaptor baterai flash eksternal FA-EBA1. Saat menggunakan Alpha 1 dengan flash Sony, termasuk HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM, pengguna dapat menyinkronkan kecepatan rana hingga 1/400 detik untuk memperluas kemampuan ekspresif saat mengambil gambar dalam mode full-frame. Selain itu, dengan rana elektronik kamera yang senyap, pengambilan gambar flash senyap juga mungkin dilakukan, terlebih di lingkungan menuntut keheningan total.

Manfaat sistem lainnya dari HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM dengan kamera Alpha:
•Parameter flash dikontrol langsung dari menu kamera yang kompatibel
•Kontrol flash terhubung dengan deteksi wajah kamera
•Koreksi otomatis keseimbangan putih berdasarkan informasi suhu warna dari flash

Ketahanan dan sistem pengoperasian kedua flash tersebut juga sudah ditingkatkan. Dudukan Multi Antarmuka dengan kaki dudukan berbahan logam unik dari Sony dan rangka samping yang kokoh membuat kedua flash ini jauh lebih kuat dan tahan banting. Flash juga lebih tahan terhadap debu dan kelembapan karena dudukannya sudah disegel rapat. Mekanisme kepala putar asli HVL-F60RM2, “Quick Shift Bounce” yang memungkinkan pemosisian fleksibel dan kontrol pencahayaan optimal juga makin disempurnakan agar perubahan sudut pantulan tidak terjadi.

Kedua flash ini sudah mendukung komunikasi radio nirkabel dan dapat mengontrol hingga 15 flash dan/atau unit penerima dalam 5 grup melalui komunikasi radio nirkabel untuk meningkatkan fungsi kontrol pencahayaan.   

Ketersediaan

Alpha 7 IV akan mulai dijual di beberapa negara Asia Pasifik per November 2021. Spesifikasi dan informasi selengkapnya bisa dilihat di: https://www.sony.co.id/id/electronics/interchangeable-lens-cameras/ilce-7m4

 Kamera ini juga kompatibel dengan Camera Remote Software Development Kit (SDK).

 Flash HVL-F60RM2 akan mulai dijual di beberapa negara Asia Pasifik per Oktober 2021.

Flash HVL-F46RM akan mulai dijual di beberapa negara Asia Pasifik per Oktober 2021.

Tentang Sony Electronics Asia Pacific Pte. Ltd.

Berkantor pusat di Singapura, Sony Electronics Asia Pasifik Pte. Ltd. adalah anak perusahaan Sony Corporation. Perusahaan ini adalah manajemen regional dan pusat pemasaran untuk konsumen Sony serta produk profesional serta penyiaran di wilayah Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Selengkapnya tentang layanan dan produk Sony di Asia Pasifik, kunjungi www.sony-asia.com

Tentang Sony Corporation

Sony Corporation bertanggung jawab atas bisnis Produk & Solusi Elektronik (EP&S) dalam Sony Group. Dengan visi “terus menghadirkan Kando dan Anshin kepada orang-orang dan masyarakat di seluruh dunia melalui pencarian teknologi dan tantangan baru”, Sony terus menciptakan produk dan layanan di berbagai bidang, seperti hiburan di rumah & sistem audio, pengambilan citra, dan komunikasi seluler. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: www.sony.net.  

Untuk keperluan media, silakan menghubungi:

Hamzah Brown
BlueCurrent untuk Sony Electronics
Asia Pasifik dan Singapura
Tel: +65 6671 4707
 Email: SNG.Sony@bluecurrentgroup.com

Melanie Shum
Sony Electronics Asia Pasifik
Email: Melanie.Shum@sony.com