Tips untuk Potret Makanan Sempurna

Fotografer Sony Alpha Collective Jessica Hirsch (Instagram: @cheatdayeats) membeberkan berbagai macam menu untuk menunjukkan bagaimana dia menyiapkan kamera Sony untuk menciptakan potret makanan yang unik dan dinamis.

Salah satu hal pertama yang saya lakukan adalah membuka menu dan memastikan bahwa format output foto sudah RAW + JPEG. Format ini bagus untuk penyuntingan cepat, saya simpan foto JPEG di ponsel dan menyuntingnya di sana. Jika ingin penyuntingan yang lebih dinamis, saya akan membuka file RAW di komputer lalu menyunting bayangan dan sorotannya.

Alpha Universe Penyiapan Kamera Makanan Jessica Hirsc

Selanjutnya mode harus dalam posisi Manual (di bagian atas tombol pengaturan) dan saya mengakses pengaturan Fungsi dengan menekan tombol Fn di bagian belakang α7R III. Mode Pemotretan saya atur menjadi Pemotretan Tunggal, lalu Mode Fokus saya atur menjadi Mode AF Pemotretan Tunggal (AF-S). Pengaturan ini memungkinkan saya fokus pada burger, pizza, atau subyek keren lain dan memotretnya satu per satu.

 

Alpha Universe Penyiapan Kamera Makanan Jessica Hirsch potret tunggal

Saat akan memotret benda yang sedikit bergerak, seperti saus cokelat yang dituangkan di atas es krim sundae atau sirup mapel, saya akan menggunakan mode Pemotretan Berkelanjutan. Untuk melakukannya, saya menekan tombol Fn dan mengatur Mode Pemotretan menjadi Pemotretan Berkelanjutan. Saya atur kecepatannya menjadi Sedang sehingga kamera memotret beberapa foto dan juga menangkap pergerakannya. Saya juga akan mengatur Mode Fokus menjadi AF Berkelanjutan (AF-C).

Alpha Universe Penyiapan Kamera Makanan Jessica Hirsch berkelanjutan

Alpha Universe Penyiapan Kamera Makanan Jessica Hirsch AF berkelanjutan

Karena saya mengambil gambar untuk gambar diam dan video di Instagram, saya sangat suka dengan fitur riwayat memori (di tombol pengaturan mode) karena saya dapat mengakses opsi satu ke yang lainnya dengan cepat tanpa harus ke menu utama untuk mengubahnya. Dan fitur ini sangat membantu terutama saat subyek yang difoto bergerak dengan cepat. Dapat menangkap pergerakan itu dan menjadikannya gambar diam serta mengubahnya menjadi video secara instan adalah kunci.

Alpha Universe Penyiapan Kamera Makanan Jessica Hirsch tombol pengaturan memori

Saat saya menggunakan “1” pada tombol pengaturan mode, mode ini sebenarnya digunakan untuk merekam video gerakan lambat. Saya menyetel pengaturan menjadi 60 frame per detik dan menggandakan kecepatan rana menjadi 1/125 detik. Bukaan saya atur di "4" dan ISO di 640. Saat sudah siap merekam, saya menganalisis pencahayaan dan kedalaman bidang yang saya inginkan, lalu mengubah bukaan dan ISO sesuai kebutuhan. Saya biasanya menggunakan rasio tinggi lebar 3:2 versus 16:9 karena pengaturan ini sempurna untuk postingan Instagram.

Alpha Universe Penyiapan Kamera Makanan Jessica Hirsch memori

Saya menggunakan memori "2" untuk memotret 4K. Pengaturannya 30 frame per detik. Memotret dalam resolusi 4K memungkinkan saya melakukan perbesaran dalam fase pengeditan. Pemotretan dengan posisi agak jauh dair subyek biasa dilakukan jika terdapat variabel seperti api atau uap.

Alpha Universe Penyiapan Kamera Makanan Jessica Hirsch memori

Artikel ini awalnya diterbitkan di alphauniverse.com