Siapa Takut Gelap?

Mike Will

"Yang paling menarik dari fotografi rendah cahaya," ujar Mike Will, "adalah dia menantang dan sulit untuk dikuasai, Tetapi itu justru memberi saya kesempatan untuk membuktikan diri secara kreatif."

Mike sudah memotret panorama kota dalam pencahayaan rendah dan pemandangan kota malam hari di sekitar London selama beberapa tahun, dan baginya selalu ada tantangan baru: "Saya lebih memilih mengambil foto di malam hari ketimbang siang hari, alasan terbesarnya adalah reaksi orang-orang terhadap foto-foto saya. Saya bisa mengambil gambar pemandangan sebuah jalan yang mungkin dilihat orang sepuluh kali sehari, pemandangan yang dianggap biasa saja, dan membuat mereka melihat sesuatu yang benar-benar berbeda dan menakjubkan."

Pemandangan malam hari gedung pencakar langit di London

© Mike Will | Sony Alpha 7R III + FE 16-35mm f/2.8 GM | 1.0s @ f/4.0, ISO 100

Tidak diragukan lagi bahwa foto dengan pencahayaan rendah tangkapan Mike sangat mengagumkan; perpaduan antara komposisi yang sempurna, waktu pengambilan yang tepat, dan pengerjaan warna yang menawan hasil dari pengalaman memotret bertahun-tahun. Semua hal tersebut, ditambah fitur pada kamera Alpha mirrorless dan semangat dalam menghadapi semua tantangan pengambilan gambar malam hari, telah membuat Mike berhasil menciptakan gambar-gambar yang menarik dan magis.

Mike berkata bahwa dia selalu mendorong dirinya untuk memberikan nilai tambah pada setiap gambar, menggunakan elemen-elemen yang dapat membuat karyanya menonjol dan memperoleh perhatian dari para penonton.

 

Foto dengan kecepatan rana lambat di depan gedung di London

© Mike Will | Sony Alpha 7R III + FE 16-35mm f/2.8 GM | 2.5s @ f/8.0, ISO 160

Bagaimana caranya membuat foto yang luar biasa dalam pencahayaan rendah? Bagaimana caranya membuat gambar tersebut menyentuh dan memukau? Mike menggunakan berbagai unsur, salah satunya adalah memotret dari posisi yang lebih tinggi.

"Tempat-tempat yang tinggi cocok untuk mengambil gambar kota seperti London," jelasnya, "Anda merasa lebah bebas karena berada jauh dari jalanan, dan mendapatkan pandangan yang lebih ekspansif. Tetapi, penting juga untuk mencapai keseimbangan, agar tidak kehilangan koneksi dengan tempat yang difoto atau membuatnya tampak asing."

Lihat foto yang diambil menghadap ke Bank, posisi yang lebih tinggi memberikan komposisi pemandangan tradisional, dengan garis-garis kuat di depan untuk memandu mata penonton.

Jejak lampu di jalanan tengah kota London

© Mike Will | Sony Alpha 7R III + FE 16-35mm f/2.8 GM | 5.0s @ f/11.0, ISO 125

Gerakan juga merupakan unsur yang penting, tetapi bukan sembarang gerakan. Long exposure dalam cahaya rendah biasanya menghasilkan efek motion blur dan jejak lampu, tetapi, Mike berkata, kerja tambahan juga diperlukan. Menggabungkan elemen statis dengan blur adalah salah satu metode yang dia gunakan, seperti titik fokus bus statis yang ada di tengah tangkapan gambar Banknya, atau menggunakan sosok manusia dalam keadaan diam sehingga tampak kontras dengan gerakan.

"Lagi-lagi, itu adalah tentang pemecahan masalah," jelas Mike. "Anda harus memiliki tekad yang besar dan menghabiskan banyak waktu, seringkali dalam keadaan dingin, menunggu momen yang tepat. Lawan Anda adalah bus dan mobil yang melintas untuk difoto dengan pemilihan waktu yang benar-benar tepat, bahkan harus mencoba 20 sampai 30 kali, tetapi semua itu terbayar dengan perasaan puas setelah Anda berhasil melakukannya."

Seorang pria berdiri bersandar pada telepon umum dengan jejak lampu yang lewat

© Mike Will | Sony Alpha 7R III + FE 16-35mm f/2.8 GM | 2.0s @ f/10.0, ISO 320

Untuk foto-fotonya yang terbaru dengan pencahayaan rendah yang mencakup landmark di seluruh London, Mike memakai Alpha 7r III dan Alpha 7 III andalan miliknya. Dia tidak asing dengan keuntungan kamera mirrorless, tetapi karena Alpha 7 II adalah kamera profesional pertamanya, fitur-fitur yang memudahkan pengambilan foto pencahayaan rendah tampak biasa saja baginya. "Ketika orang menanyakan masalah yang mereka temui pada DSLR, seperti mengatur fokus dalam gelap, atau menyempurnakan exposure, itu semua asing buat saya. Saya bertanya 'kenapa kalian tidak menggunakan focus peaking saja, atau lihat apa yang akan ditangkap melalui jendela bidik?' Kemudian mereka hanya menatap bengong ke arah saya! Setelah bertahun-tahun memakai perlengkapan Alpha, sepertinya saya tidak menyadari betapa canggihnya fitur yang ada karena semua itu merupakan hal yang normal buat saya."

Museum London di malam hari dengan tengkorak menyala di tengah

© Mike Will | Sony Alpha 7R III + FE 16-35mm f/2.8 GM | 1/80s @ f/2.8, ISO 2000

Ketika memilih peralatan untuk mengambil gambar dengan tingkat pencahayaan yang rendah, ukuran adalah faktor yang penting bagi Mike. "Kamera dan lensa yang kecil dan ringan memang mempermudah saat bekerja di kota pada malam hari," dia menjelaskan, "dan jika saya harus mencari DSLR dengan kualitas full-frame yang sebanding dengan perlengkapan Alpha saya, ukurannya pasti dua kali lebih besar."

Bagaimana dengan lensa? Mike memberi tahu kami bahwa dia juga membawa lensa yang ringan untuk bepergian; "Saya memakai FE 16-35 mm F2.8 GM untuk kira-kira sembilan puluh persen gambar-gambar dengan pencahayaan rendah dan long exposure karya saya. Untuk potret, seperti gambar gadis di ayunan, saya memakai Distagon T* FE 35 mm F1.4 ZA, dan saya tahu bahwa dengan mode fokus Eye AF Alpha saya bisa sepenuhnya yakin gambar yang dihasilkan akan tetap tajam, bahkan dengan diafragma terbuka lebar."

Mike Will

© Mike Will | Sony Alpha 7R III + FE 35 mm F1.4 ZA | 1/320 dtk @ f/1.8, ISO 1000

Tantangan terbesar dari pengambilan gambar low-light adalah kualitas gambar dan kemampuan untuk menangkap warna dan detail untuk menarik perhatian orang-orang. Sekali lagi, perangkat Alpha menonjol di sini, dan Mike selalu menggunakan white balance dalam pengaturan otomatis dan membuat penyesuaian kecil pada warna menggunakan Lightroom.

Pencahayaan rendah juga merupakan tantangan tersendiri untuk performa ISO dan dynamic range. "Potret cahaya rendah saya diambil kira-kira dengan ISO 1000 atau lebih tinggi," Mike menjelaskan, "tetapi detail dan kualitas yang bagus masih bisa didapat dari sensor, dan hasil gambar sangat bersih. Dengan pemandangan jalan yang berpencahayaan rendah, saya mengambil gambar di antara 50 dan 500, dan dapat menghasilkan dynamic range yang mengagumkan untuk highlight dan detail bayangan. Semua hal tersebut membantu saya dalam mengatasi masalah pencahayaan rendah."

Mike juga memiliki kata mutiara untuk para fotografer yang ingin mengambil gambar pada malam hari. Dia berkata "Tidak cukup hanya keluar di malam hari dan mengambil gambar. Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda.

Perlengkapan Mike
ILCE-7RM3
Alpha 7R III 

ILCE-7RM3

SEL1635GM
FE 16-35mm F2.8 GM

SEL1635GM

SEL35F14Z
Distagon T* FE 35mm F1.4 ZA

SEL35F14Z

Artikel asli diterbitkan di sony.co.uk/alphauniverse