TV berkecerdasan kognitif pertama di dunia

Nikmati pengalaman imersif yang menyeluruh, Anda akan terpukau dan tergugah seolah sedang mengalaminya langsung. Ini adalah tujuan dikembangkannya TV BRAVIA XR™ - dibuat menggunakan Cognitive Processor XR™ terbaru, didesain untuk meniru cara otak kita berpikir dan merespons.

Menghadirkan lebih banyak keseruan dan emosi lewat layar

Seperti apa rasanya realitas itu? Inilah pertanyaan yang ingin dijawab BRAVIA XR dengan “Cognitive Intelligence”. Memahami cara mata melihat dan telinga mendengar, guna menghadirkan perspektif layar yang lebih manusiawi – demi pengalaman memukau yang mendekati aslinya di setiap adegan.

Apa itu kecerdasan kognitif?

Kita memahami dunia dari informasi yang diterima oleh mata dan telinga lalu dibawa ke otak secara bersamaan. AI konvensional mendeteksi & menganalisis elemen (warna, kontras, dan detail) secara terpisah. Cognitive Processor XR menganalisis silang tiap elemen bersamaan, sama seperti otak kita.

Menganalisis ratusan informasi, sama seperti otak kita

Untuk menciptakan sensasi kognitif yang mendekati aslinya, Cognitive Processor XR membagi layar menjadi ratusan zona dan mengenali setiap objek dalam zona ini lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, prosesor dapat menganalisis silang sekitar beberapa ratus ribu elemen berbeda yang menyusun sebuah gambar dalam hitungan detik, sama seperti otak kita.

Gambar yang tampak sebagaimana dilihat oleh mata manusia
Gambar merak pada layar terpisah yang menampilkan warna, kontras, kejernihan, dan gerakan disesuaikan untuk gambar seimbang
Setiap elemen dalam harmoni seimbang, untuk gambar nyata

Jika berbagai elemen yang membentuk gambar TV dilihat secara terpisah dan semua elemen disesuaikan ke tingkat yang sama, hasilnya dapat terasa artifisial dan tidak dapat dirasakan oleh penonton. Berkat analisis silang, setiap elemen disesuaikan ke hasil akhir terbaiknya, serasi antar satu sama lain, sehingga semuanya selaras dan terasa sangat alami.

Memfokuskan dengan cara yang sama seperti mata kita

Saat melihat sesuatu, mata kita tidak fokus pada segala sesuatu sekaligus, hanya pada benda yang ingin kita lihat. TV BRAVIA XR bekerja dengan cara yang sama, mendeteksi titik fokus utama dalam adegan, dan meningkatkan tiap detail pada objek, memastikannya terlihat menonjol dengan kedalaman alami, sama seperti di dunia nyata.

Gambar seorang wanita di kereta yang menyoroti peningkatan fokus yang diberikan BRAVIA XR
Menciptakan ruang suara yang lebih realistis dan memukau, seperti yang terdengar di dunia nyata
TV menampilkan seorang wanita bernyanyi dengan gelombang suara keluar dari mikrofon pada layar
Suara diposisikan untuk membawa Anda ke dalam aksi

Telinga kita sangat baik dalam menemukan dengan tepat asal suara tertentu dalam ruang multi-dimensi di sekitar kita. Itulah mengapa terkadang suara terasa tidak selaras dengan gambar pada TV dengan speaker samping atau di sekeliling bingkai. TV BRAVIA XR menggunakan pemrosesan suara canggih yang dapat mendeteksi posisi suara di layar dan menempatkannya di titik yang tepat. Hasilnya adalah perasaan seperti berada di tengah adegan.

Pengalaman suara virtual dengan tambahan dimensi 

Apabila suara TV biasa menyebar secara horizontal, TV BRAVIA XR dapat menyebarkan suara ke semua arah – seperti di dunia nyata. Apa pun yang ditonton, audio dianalisis dan ditingkatkan ke suara surround 5.1.2ch, demi pengalaman multi-dimensional sesungguhnya. Suara tak hanya diposisikan secara horizontal tapi juga vertikal, menciptakan ruang suara 3D.

Wanita menonton TV di sofa di ruang duduk dengan gelombang suara muncul dari speaker virtual di atas, belakang, dan depan
Dengarlah filosofi dibalik BRAVIA XR 

Dengarlah dari tim insinyur di balik TV BRAVIA XR baru tentang apa yang mendorong mereka untuk menciptakan tipe prosesor TV yang baru.

Temukan inspirasi di balik desain BRAVIA XR

Dengarkan dari tim kreatif di balik desain BRAVIA XR tentang konsep minimalisnya, dengan bezel sangat tipis dan desain satu slate yang menghadirkan pengalaman yang begitu imersif di rumah.

Saksikan pengumuman TV BRAVIA XR terbaru

Pelajari filosofi di balik BRAVIA XR dengan Cognitive Processor XR di dalamnya dan bagaimana fitur ini meningkatkan visi dan suara untuk pengalaman yang lebih realistis. Lihat wawancara dengan mitra kami tentang Google TV tentang keterlibatannya dalam fitur ini.

Tonton demonstrasi BRAVIA XR

Temukan teknologi di balik jajaran BRAVIA XR dan pelajari tentang semua peningkatan pada gambar, suara, dan fitur cerdas yang membedakan TV ini.