BRAVIA adalah TV yang ramah lingkungan

Meningkatnya permintaan akan layar TV yang lebih besar juga akan meningkatkan penggunaan sumber daya dan energi.  Namun, komitmen keberlanjutan Sony adalah untuk mengoptimalkan efisiensi dari pengembangan hingga menonton TV.

Pengalaman menghanyutkan yang ramah lingkungan

Menciptakan hiburan hebat dengan lebih sedikit sumber daya tak terbarukan

Dengan BRAVIA, Anda dapat menikmati pengalaman TV yang menghanyutkan dan desain yang memukau. Dilengkapi inovasi yang membantu mengurangi penggunaan sumber daya tak terbarukan dan dampak lingkungan.

Mengurangi konsumsi plastik baru dan total

Teknologi canggih Sony untuk keberlanjutan

Kami mengintegrasikan upaya pengurangan plastik baru pada kemasan dan komponen besar, seperti penutup belakang bodi utama.

Grafik yang menunjukkan pengurangan 50% dalam penggunaan plastik baru dibandingkan dengan model 2018
Kadar plastik daur ulang "SORPLAS™” Sony yang tinggi

Mempertimbangkan setiap aspek desain, dari pengembangan material hingga estetika, kami terus meningkatkan penggunaan bahan daur ulang tanpa mengurangi kualitas desain. Plastik daur ulang SORPLAS™ Sony digunakan pada bagian penutup seri A80 - 55 inci, mengurangi penggunaan plastik baru keseluruhan hingga 50% dan mendapatkan hasil berkualitas tinggi.

Injeksi Udara Eksternal

Teknik cetak presisi menghasilkan panel kuat yang indah secara struktural serta mengurangi berat secara signifikan. Cetakan konvensional harus diisi berlebih untuk mencegah hasil tak rata; berkat injeksi udara eksternal, bagian resin ditekan oleh udara untuk mengurangi lekukan dan limbah.

[1] Lekukan akibat tekanan yang tidak merata pada cetakan normal [2] Cetakan Injeksi Udara Eksternal tanpa lekukan [3] Permukaan luar [4] Permukaan dalam [5] Tekanan udara diberikan dari belakang agar penekanan tetap merata tanpa harus mengisi plastik berlebihan.

Ilustrasi proses pencetakan injeksi udara eksternal dibandingkan dengan proses pencetakan normal.
Ilustrasi yang menunjukkan pengurangan berat dan struktur kemasan yang lebih baik dibandingkan dengan model 2018.
Kemasan ramah lingkungan

Biasanya, bahan kemasan dibutuhkan di keempat sisi TV BRAVIA. Namun, setelah banyak simulasi dan pengalaman logistik selama bertahun-tahun, Sony telah menemukan cara untuk menyempurnakan bahan kemasan untuk sisi atas dan bawah agar TV terlindung tanpa item kemasan tambahan — mengurangi berat hingga 25%.

Memberikan kualitas gambar dan penghematan energi yang baik
Gambar yang menunjukkan kecerahan layar yang disesuaikan dengan lingkungan
Kecerahan otomatis untuk tampilan dan pemakaian energi optimal

Berkat sensor cahaya sekitar, kecerahan layar dioptimalkan sesuai pencahayaan ruangan Anda, dan konsumsi daya dapat dikurangi.   

[1] Lingkungan yang lebih gelap [2] Lingkungan yang lebih terang

Gambar yang menunjukkan konsumsi daya yang disesuaikan dengan kecerahan layar.
Pemakain daya yang efisien sesuai dengan kecerahan setiap lokasi gambar

Nikmati gambar yang bersih dan cerah dengan pemrosesan sinyal unik yang mengoptimalkan setiap bagian gambar.

[1] Gelap [2] Kecerahan biasa [3] Terang

Mendaur ulang plastik untuk lingkungan

Shusuke Tomonaga

Sony Home Entertainment & Sound Products Inc.
TV Business Div. Product Design Dept 2, Product Design Div

Potret speaker yang ditampilkan dalam wawancara

Sejak 2010, departemen TV kami aktif menggunakan SORPLAS™, plastik daur ulang dengan tingkat pendauran ulang tinggi, untuk merancang produk secara ramah lingkungan.

Ukuran TV dan permintaan unit yang terus meningkat juga akan meningkatkan limbah. Untuk membuat TV yang lebih besar dan mencoba mengurangi limbah, kami telah mengembangkan material bersama dengan grup perusahaan lain sejak 2018. SORPLAS™ digunakan pada komponen internal dan eksternal, yang banyak terdiri dari plastik.

Menggunakan SORPLAS™ untuk komponen luar membutuhkan pengetahuan desain tingkat tinggi, tetapi setelah berkali-kali membuat prototipe dan melakukan peningkatan, kami berhasil mengembangkan SORPLAS™ yang dapat digunakan untuk penutup belakang (luas permukaan terbesar) dan di beberapa model BRAVIA XR 2021, sehingga dapat mengurangi jumlah plastik baru hingga 50% dibandingkan model sebelumnya.

Selain SORPLAS™, Grup TV Sony juga akan memperkenalkan bahan daur ulang lainnya di semua fasilitas produksi dan terus berkontribusi untuk mengurangi dampak lingkungan di seluruh dunia.