Pertimbangan yang mengutamakan lingkungan

Rencana suara ramah lingkungan

Headphone kami dirancang dengan desain dan suara berkualitas tinggi yang mengutamakan keberlanjutan lingkungan. Sesuai target lingkungan Green Management 2025, Sony akan terus melakukan pengembangan produk dan kemasan yang ramah lingkungan.

Pengembangan plastik daur ulag

Tantangan bahan daur ulang

Bahan plastik biasanya didaur ulang dengan dicat atau diwarnai kembali sehingga mengurangi estetikanya sebagai hiasan.
Untuk mengatasi masalah ini, kami mengumpulkan rongsokan industri tanpa warna dari komponen mobil, lalu memilah warnanya dan menggunakannya untuk berbagai tujuan.

[1]  Pengumpulan rongsokan industri dari komponen mobil   [2]  Pemilahan komponen (seperti emblem, kenop pintu)   [3]  Penghancuran   [4]  Pembuatan menjadi pelet   [5]  Pewarnaan

Fitur plastik daur ulang

Pelet tanpa warna akan meminimalkan zat tambahan dalam proses pewarnaan. Dengan demikian, kami dapat menggunakan lebih dari 85% bahan daur ulang pada plastik, bahkan hingga 98% pada bahan berwarna hitam.

Foto pelet tanpa warna dan berwarna
Pelet tanpa warna (kiri) dan pelet berwarna (kanan)

Memperluas variasi warna pada jajaran produk yang tersedia

Diagram pai menggambarkan proporsi penggunaan ABS daur ulang dan zat tambahan
Mencapai konten daur ulang tinggi

[1] ABS daur ulang, lebih dari 85% [2] Zat tambahan

Foto menampilkan bodi dan kemasan headphone
Memperbanyak pendauran ulang di rangkaian proses

Untuk pertama kalinya dalam sejarah headphone, Sony berhasil menggabungkan bahan plastik daur ulang ke dalam komponen bodi model (WH-1000XM5, LinkBuds, dan LinkBuds S). Ini baru awalnya karena kami berencana untuk terus menggunakan plastik daur ulang pada headphone.

Kemasan ramah lingkungan

Kampanye kemasan ramah lingkungan kami mencakup beberapa inisiatif yang akan dan sedang berlangsung.

Inisiatif untuk model baru
Mencapai target lebih awal

Inisiatif Green Management 2025 menargetkan penghapusan total penggunaan plastik pada kemasan produk kecil berdesain baru pada tahun 2025. Dengan berbagai desain headphone baru, Sony terus menggunakan bahan kemasan ramah lingkungan demi mencapai sasaran ini lebih awal.

Infografis mencapai sasaran penghapusan penggunaan plastik lebih awal
Gambar kombinasi Limbah kertas, limbah tebu, dan bahan bambu di cawan petri dan kemasan yang terbuat dari Bahan Campuran Asli Sony
Bahan kertas ramah lingkungan

Kami terus mengembangkan penggunaan kertas ramah lingkungan eksklusif milik Sony, Bahan Campuran Orisinal, untuk kemasan model headphone terpopuler yaitu seri 1000X (WF-1000XM4 dan WH-1000XM5). Bahan Campuran Orisinal adalah bahan kertas ramah lingkungan yang terbuat dari bambu, serat tebu, dan kertas daur ulang pascapakai.

Memperkenalkan kemasan untuk WF-1000XM4 dan WH-1000XM5

Gambar kemasan yang dibuat dengan Bahan Campuran Orisinal Sony

Semua komponen kemasan WF-1000XM4 terbuat dari Bahan Campuran Orisinal, kecuali labelnya

Foto kemasan dan logo cetak Bahan Campuran Orisinal

Kotak produk WH-1000XM5 terbuat dari Bahan Campuran Orisinal

Ini juga mencakup produk yang sudah ada

Sebagai bagian dari upaya pembaruan kami yang beragam, kami mengubah kemasan luar berbagai model yang ada dari plastik ke kertas.
Khususnya, kemasan luar MDR- EX15AP telah didesain ulang untuk mengurangi total penggunaan plastik sebesar lebih dari 90%, dari sekitar 96% menjadi kurang dari 5%.

Ilustrasi menjelaskan perbandingan penggunaan plastik
Perbandingan penggunaan plastik kemasan MDR-EX15AP

[1] Sebelum pembaruan  [2] Setelah pembaruan

Gambar dua kemasan produk; sebelum pembaruan dan setelah pembaruan
Tampilan keseluruhan kemasan MDR-EX15AP

[1] Sebelum pembaruan  [2] Setelah pembaruan

Lebih sedikit plastik, lebih mudah didaur ulang

Desain karton individual sebelumnya menggunakan laminasi PP (plastik) yang tidak dapat didaur ulang. Laminasi ini telah diganti dengan pernis tahan abrasi sehingga karton bisa didaur ulang.

[1] Proses laminasi PP di permukaan kertas
[2] Aplikasi pernis UV dengan teknologi cetak

Ilustrasi
Wawancara
Foto subjek wawancara
Makoto Kawabata

Sony Corporation,
Home Entertainment & Sound Products Business Group,
Mobile Product Business Division, Mobile Product Mechanical Design Department

Sony Group telah melaksanakan program lingkungan Road to Zero yang bertujuan untuk meminimalkan konsumsi sumber daya melalui penggunaan bahan daur ulang dalam produk home audio dan produk lainnya. Namun, ABS menghadapi kesulitan karena bahan utama headphone adalah plastik, sedangkan bahan daur ulang berkualitas tinggi di pasar dan rasio daur ulang yang tinggi mempersulit penggunaan bahan daur ulang. Oleh sebab itu, kami mengembangkan ABS daur ulang yang mudah digunakan dan memiliki konten daur ulang tinggi.

Bersama perusahaan mitra, kami mengembangkan ABS daur ulang baru yang memungkinkan penambahan pewarna tanpa plastik baru dengan memilah bahan rongsokan ABS tanpa warna berdasarkan warnanya. Kami ingin memperhalus tampilan LinkBuds layaknya menggunakan ABS baru, yang sulit diwujudkan dengan ABS daur ulang konvensional.

Kami telah memperkenalkan ABS daur ulang ini ke beragam model headphone. Kami akan terus mengatasi berbagai tantangan dalam mewujudkan program Road to Zero.

Mio Nakanishi

Sony Corporation,
Home Entertainment & Sound Products Business Group, 
Mobile Product Business Division, Mobile Product Planning Department

Foto subjek wawancara

Sony melakukan inovasi headphone, baik pada model baru maupun produk yang sudah ada di pasar, untuk mengurangi penggunaan plastik pada kemasannya. Untuk mengurangi jumlah penggunaan plastik pada beragam kemasan produk sangatlah sulit. Proses ini mahal dan peran setiap kemasan berbeda-beda tergantung karakteristik, kondisi penjualan, serta pelanggan produk. Karena selalu mengutamakan pertimbangan lingkungan sejak tahap awal pembuatan produk, Sony yakin bahwa perusahaan dapat menciptakan kemasan yang mengutamakan keberlanjutan lingkungan tanpa mengurangi fungsionalitas atau estetikanya.

Kotak produk model WH-1000XM5 baru terbuat dari kertas eksklusif milik Sony, Bahan Campuran Orisinal. Ini merupakan produk pertama yang menyertakan logo Bahan Campuran Orisinal. Desainnya berubah drastis dari model WH-1000XM4 sebelumnya. Kemasannya juga didesain untuk mencerminkan kesadaran lingkungan.

 Kami yakin bahwa saat menciptakan produk, kami juga harus mewujudkan keberlanjutan. Kami ingin pelanggan mendaur ulang produk tersebut di akhir siklus hidupnya. Dalam proses produksi, kami akan selalu mempertimbangkan jenis produk yang melestarikan bumi.