XPERIA: menuju kemasan bebas plastik

Ketersediaan produk dan layanan tergantung wilayah.

Berupaya menghilangkan seluruh kemasan plastik

Mulai April 2021, Green Management 2025 (GM2025) ditetapkan sebagai rangkaian sasaran lingkungan jangka menengah sebagai bagian dari rencana Road to Zero Sony. Melalui GM2025, Sony secara berangsur mengurangi kandungan plastik pada kemasan produk portabelnya, hingga benar-benar bebas plastik.

Meniadakan plastik pada kemasan XPERIA

[1]   Angka yang ditampilkan adalah proporsi (persentase berat) plastik yang digunakan di setiap kemasan untuk model global.
[2]  Perubahan dari tahun 2018 ke 2019: wadah cetak plastik diganti dengan wadah cetak pulp/sekat plastiknya diganti dengan karton.
[3]  Perubahan dari tahun 2019 ke 2020: perubahan model kotak/pengurangan bahan yang digunakan, termasuk plastik (terutama lapisan PP). 
[4]  Perubahan dari tahun 2020 ke 2021: laminasi tipis pada permukaan kotak diganti dengan pernis/bungkus plastik untuk kabel USB yang disertakan diganti dengan bungkus kertas/selaput plastik permukaan stiker diganti dengan pernis.

Merancang kemasan pelindung yang fungsional bebas plastik

Menghilangkan plastik sekali pakai

Merombak dan menyingkirkan kemasan plastik

Sebagai upaya pelestarian lingkungan, kami mengurangi bahan plastik pada kemasan, menghilangkan komponen plastik, atau menggantinya dengan kertas. Contohnya adalah mengganti laminasi plastik pada kemasan dengan pernis tahan gores untuk model terbaru, serta mengganti bungkus plastik untuk kabel USB dengan kertas.

[1] Laminasi tipis → pernis tahan gores    [2] Selaput Plastik → Kertas    [3] Plastik → Karton atau pulp
[4] Stiker    [5] Pembungkus Kabel USB

Gambar kertas yang akan didaur ulang
Memilah bahan dengan cermat agar tidak perlu pemutihan

Wadah di dalam kotak smartphone terbuat dari pulp kertas hasil buangan pabrik, yang dicetak khusus. Pulp ini dipilah dengan hati-hati sehingga mendapatkan warna putih yang diinginkan tanpa perlu menggunakan pemutih.

Mengurangi bahan plastik pada kotak luar

Menjaga produk tetap terlindungi dan fungsionalitas kemasan

[1] Plastik → Kertas    [2] Tanpa wadah plastik

Berupaya mewujudkan kemasan bebas plastik

Tomoyuki Nishizaki

Packaging Design Engineer
Sony Corporation, Mobile Communications Business Group, 
Product Development Division, Product Design Department

Foto insinyur desain kemasan

Kesadaran terhadap lingkungan semakin meningkat. Pencemaran air laut akibat timbunan sampah plastik sekali pakai makin menarik perhatian media. Sony pun memprioritaskan sasaran lingkungan jangka menengah (Green Management 2025) yang mencakup pengurangan bahan plastik pada kemasannya. Kesadaran terhadap lingkungan telah lama menjadi landasan desain kemasan Xperia. Kami berupaya meniadakan atau mengganti bahan plastik pada kemasan Xperia, sekaligus tetap menjaga fungsionalitasnya. Misalnya, pada model 2019, kami mengganti wadah cetak plastik di dalam kotaknya menjadi wadah cetak pulp. Kemasan juga sama sekali tidak menggunakan plastik, tanpa mengubah fungsi maupun estetikanya. Mobile Communications Business Group kami senantiasa mencari jalan untuk mewujudkan kemasan bebas plastik pada tahun fiskal 2023.