α1

THE ONE

Sony menantang batasan alat pengambil gambar konvensional dengan teknologi inovatif, menghasilkan kombinasi resolusi dan kecepatan tak tertandingi serta pengoperasian yang intuitif. α1 menawarkan dimensi baru pada performa gambar sekaligus alur kerja yang efisien, memberi pengguna kebebasan kreatif baru.

Perangkat lunak baru kini tersedia.
4 jenis subjek gambar yang berbeda
Galeri Foto α1
Misi α

Misi α adalah memberi para kreator kekuatan untuk mewujudkan impian mereka. α1 adalah ekspresi paling ampuh saat ini.

50 MP pada 30 fps

Teknologi Sony terbaru memberikan kecepatan dan resolusi yang tak tertandingi demi alur kerja dan kreativitas tanpa batas. 

Pembalap sepeda berbelok di tikungan
Gabungan cemerlang resolusi dan kecepatan
Ombak menghantam karang
Kualitas gambar yang memukau
Rubah melihat ke depan
AF tiada banding
Merekam film dengan α1
Performa film yang belum pernah ada
Bekerja dengan PC di studio
Kontrol dan keandalan untuk segala adegan
Pengambilan gambar luar ruang dengan α1
Solusi alur kerja baru untuk kebutuhan profesional
Resolusi dan kecepatan
30 gambar bidikan kontinu pembalap sepeda
50,1 megapiksel hingga 30 fps

α1 menawarkan kombinasi luar biasa antara resolusi tinggi dan kecepatan tinggi. Pembacaan ultra cepat sensor 50,1 MP mampu mengambil gambar kontinu hingga 30 fps dengan AF dan pelacakan AE memakai rana elektronik. Sempurna untuk olahraga atau segala situasi saat aksi penting bisa berakhir seketika.

Urutan gambar dengan dan tanpa blackout
Bebas blackout untuk tampilan tanpa gangguan

Tampilan bebas blackout terinterupsi pada subjek memungkinkan respons yang cepat dan lancar. EVF ditingkatkan untuk meminimalkan latensi selama perekaman kontinu.
(A) Pengambilan Gambar Bebas Blackout (B) Pengambilan gambar dengan blackout

120 kalkulasi pelacakan AF/AE per detik

Pembacaan sensor cepat memungkinkan 120 kalkulasi AF/AE per detik, bahkan saat burst 30 fps, untuk pelacakan AF presisi dengan subjek yang cepat dan tak menentu. Latensi AE kurang dari 0,033 dtk.
(1) Kalkulasi AF/AE  (2) 60 kali/dtk  (3) 20 bingkai/dtk

Dua rusa bertarung
Rana hening yang bebas getaran

Rana elektronik yang hening memberikan kesempatan lebih besar untuk mengambil gambar olahraga dan subjek lain saat noise tidak dapat ditoleransi. Operasi bebas getaran membantu dalam memperoleh kualitas gambar tinggi.

Contoh distorsi rana berputar
Rana Anti-Distorsi

Pembacaan sensor yang cepat meminimalkan distorsi gambar diam saat menggunakan rana elektronik. Mesin BIONZ XRTM dan buffer besar menurunkan distorsi sekitar 1,5x lebih rendah daripada α9 II.
[1] Rana elektronik konvensional  [2] Rana anti-distorsi

Pemain voli yang melakukan blocking terdeteksi oleh auto fokus
Rana elektronik & mekanis bebas kedip

Yang pertama lagi di dunia: rana elektronik dan mekanis bebas kedip. Anda akan mendapatkan pengambilan gambar bebas kedip di bawah pencahayaan terang/buatan dengan semua keunggulan rana elektronik.
Antikedip [1] NONAKTIF  [2] AKTIF

Sensor gambar CMOS Exmor RS
Sensor CMOS Exmor RS™ 50,1 MP tumpuk full-frame bermemori integral

Arsitektur tumpuk dalam sensor gambar full-frame back-illuminated 50,1 MP mendukung resolusi dan kecepatan tinggi. Lapisan piksel dan sirkuit terpisah serta konversi A/D canggih berarti pemrosesan lebih cepat.

Mesin pemroses gambar BIONZ XR
Arsitektur serba-baru dan mesin pemroses gambar BIONZ XR

Mesin BIONZ XR baru dilengkapi arsitektur canggih yang menghadirkan daya pemrosesan 8x lebih besar. Hasilnya kualitas gambar sempurna sekaligus respons antarmuka kamera yang lebih baik.

Fitur lampu flash canggih untuk ekspresi lebih luas
Potret model
Sinkronisasi flash dengan rana elektronik

Untuk pertama kalinya dalam kamera α, sinkronisasi flash rana elektronik dapat dilakukan berkat kecepatan pembacaan tinggi dari sensor CMOS tumpuk. Semua keunggulan rana elektronik tetap tersedia untuk pengambilan gambar dengan flash.

Pembalap sepeda saat senja
Rana penggerak ganda untuk flash sync hingga 1/400 dtk.

Sistem rana berpenggerak ganda pertama di dunia memungkinkan sinkronisasi flash pada kecepatan hingga 1/400 dtk sehingga gerakan yang dinamis lebih mudah diabadikan demi kreativaitas tanpa batas.

Detail memukau
Resolusi dan kualitas gambar memukau

Sensor CMOS Exmor RS 50,1 MP baru memberikan resolusi dan sensitivitas tinggi dengan noise rendah, plus rentang dinamis hingga 15 stop. Mesin pemroses gambar baru mengarsipkan keakuratan warna jauh lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Pemandangan malam kota dalam pencahayaan rendah
Rentang sensitivitas lebar ISO100 ~ 32000

Selain jumlah piksel yang tinggi pada sensor, struktur back-illuminated yang sensitif dengan lensa on-chip tanpa celah dan kaca segel berlapis AR memungkinkan rentang ISO standar ISO100~32000, dapat ditingkatkan hingga ISO50~102400.

Ilustrasi pixel multi shift dengan warna RGB
Pixel Shift Multi Shooting

Hingga 16 gambar dengan kontrol stabilisasi gambar presisi dalam bodi dapat digabungkan lewat perangkat lunak komputer hingga 199 juta piksel demi resolusi, warna, dan atmosfer yang luar biasa.
[1] Pengambilan Gambar Normal  [2] Pixel Shift Multi Shooting 16 Gambar

Dua gambar model dengan profil warna yang berbeda
Creative Look mendukung berbagai ekspresi

Fitur Creative Look menyediakan 10 prasetel yang dapat digunakan tanpa diubah atau dengan diedit untuk menciptakan beragam “tampilan” yang dapat membantu para kreator menyempurnakan suasana foto dan film di dalam kamera.

Ilustrasi stabilisasi gambar 5 axis
Stabilisasi gambar optik 5 axis pada bodi untuk keunggulan 5,5 step

Unit stabilisasi yang presisi dan sensor gyro plus algoritme stabilisasi gambar menghadirkan keunggulan kecepatan rana 5,5 step, memaksimalkan kualitas gambar resolusi tinggi.
[1] Yaw  [2] Pitch  [3] Roll

Auto fokus tiada banding
Burung terbang dengan bingkai AF di wajahnya
Eye AF Real-time untuk burung

Teknologi pengenalan subjek level tinggi kini memungkinkan fungsi Eye AF Real-time Sony melacak dan secara akurat fokus pada mata burung, bahkan saat burung tiba-tiba terbang atau pembingkaiannya berubah. Fungsi inovatif ini dengan mudah memenuhi beragam tantangan fotografi burung.

Beruang dengan bingkai AF di matanya
Peningkatan Eye AF Real-time untuk hewan

Fitur yang didesain khusus untuk kucing dan anjing ini menerapkan teknologi pengenalan subjek tingkat lanjut untuk melacak dan berfokus pada mata hewan. Fitur ini bahkan bekerja saat wajah hewan terbalik.

Pemain voli dengan bingkai AF pada matanya
Eye AF Real-time

Menggabungkan teknologi AI mutakhir dan algoritme Fast Hybrid AF yang ditingkatkan, Eye AF Real-time di α1 melacak dan berfokus pada mata manusia dengan presisi 30% lebih tinggi daripada α9 II.

Pembalap ski dengan bingkai AF pada kepalanya
Pelacakan Real-time

Pilih subjek, rana ditekan setengah, dan kamera akan melacak dan mempertahankan fokus secara otomatis. Aktifkan prioritas wajah/mata AF untuk pelacakan berbasi AI tanpa cela untuk mata manusia, hewan, dan burung.

Wilayah sensor AF mencakup hampir keseluruhan gambar
Pelacakan AF lebar, cepat, dan presisi

α1 dilengkapi AF deteksi fase yang sensitif, cepat, dan presisi. Sensor 50,1 MP dan mesin BIONZ XR memberikan 759 titik deteksi fase yang dapat dipilih mencakup sekitar 92% bagian gambar.

Potensi film baru
Perekaman 8K 30p generasi berikutnya

Sensor gambar baru dan mesin BIONZ XR dalam α1 menghadirkan kemampuan perekaman film 8K(7680×4320) 30p yang begitu nyata. Empat kali resolusi 4K dengan Pelacakan full Real-time dan fungsi Eye AF Real-time. Rekaman 8K juga secara ideal disesuaikan untuk pengeditan 4K yang fleksibel.

Film 4K pada tingkat kecepatan per frame 120 fps

α1 mendukung tingkat kecepatan per frame perekaman film 4K internal hingga 120 fps, demi pemutaran gerakan lambat yang halus dan ekspresif hingga 5x. Chroma subsampling 4:2:2 10-bit dapat digunakan bersama Long-GOP atau kompresi Intra (All-I) demi kualitas gambar luar biasa, sedangkan sensor gambar baru dan mesin BIONZ XR meminimalkan distorsi gambar.

Ilustrasi gambar oversampling
4K full sensor readout, tanpa pixel binning, dan oversampling 5,8K

Dalam mode Super 35, sekitar 2,3x jumlah data yang diperlukan untuk QFHD 4K diperoleh lewat pembacaan full-frame tanpa pixel binning untuk gambar yang indah dan kaya akan detail.
(A) 2,3 kali lebih banyak informasi

Penari tradisional Jepang
Subsampling chroma 4:2:2 10-bit

Kedalaman 10-bit, subsampling chroma 4:2:2, kodek MPEG-H HEVC/H.265 efisiensi tinggi, coding intra-frame, dan lainnya, mendukung pengeditan fleksibel dan berbagai format hasil.

Sebuah bingkai AF pada mata kiri penari
Real-time Eye AF & Pelacakan Real-time untuk film

Mesin BIONZ XR dilengkapi deteksi yang lebih ditingkatkan, akurat melacak mata manusia pada rentang sudut kepala yang lebih lebar. Tersedia juga untuk perekaman 8K dan 4K 120p.

Gambar lanskap dengan kontras rendah dan paruh kontras tinggi
S-Log untuk kompatibilitas dengan kamera film pro

S-Log2 dan S-Log3 disertakan. S-Log3 memberikan gradasi 10-bit yang halus dan rentang dinamis 15+ stop. Mendukung ruang warna S-Gamut, S-Gamut3, dan S-Gamut3.Cine.

Dua gambar dengan panah panjang dan pendek menunjukkan waktu produksi yang berbeda
Dukungan Hybrid Log-Gamma 4:2:2 10-bit

Film HLG dynamic-range tinggi mendukung ruang warna BT.2020 gamut lebar, dan bisa diputar di TV yang kompatibel dengan HDR (HLG). Rekaman HLG 10-bit mereproduksi gradasi dan detail halus.
[1] Fleksibilitas tinggi untuk menyempurnakan gambar (perlu grading warna)  [2] Gambar instan berkualitas tinggi (tidak perlu grading warna)

Kabel USB eksternal terpasang pada α1
Output RAW 16-bit

α1 memungkinkan output RAW 16-bit ke perekam eksternal lewat HDMI untuk fleksibilitas pascaproduksi yang lebih baik. Output RAW lewat HDMI tersedia saat merekam 4K ke media kartu internal.

Mikrofon eksternal terpasang pada α1
Antarmuka audio digital untuk suara superior

Antarmuka audio digital memberikan kualitas audio luar biasa dengan perangkat audio kompatibel yang tersambung lewat Multi Interface Shoe. Audio digital murni dihadirkan langsung ke kamera.

Ilustrasi struktur internal
Struktur penghilang panas untuk merekam lebih lama

Struktur penghilang panas yang baru dikembangkan mencegah kelebihan panas selama perekaman kontinu tanpa menambah ukuran bodi. Rekam video 8K/30p atau 4K/60p tanpa henti hingga 30 menit

Tampilan S-Cinetone yang sinematis

α1 menyertakan matriks warna S-Cinetone yang sama yang menghasilkan warna dan rona kulit indah dalam FX9, FX6, dan kamera Cinema Line lainnya. S-Cinetone menghadirkan rona tengah alami yang penting untuk warna kulit yang tampak sehat, plus warna lembut dan sorotan memukau, sebagai respons pada semakin dibutuhkannya kedalaman yang lebih ekspresi.

Stabilisasi gambar “Mode Aktif”

Mode Aktif baru yang didedikasikan untuk perekaman film membuat stabilisasi gambar optik 5 poros sangat efektif untuk pengambilan gambar dengan digenggam. Mode ini menggunakan kemampuan pemrosesan real-time mesin BIONZ XR untuk menerapkan kompensasi optimal dalam semua format, termasuk 4K. Semua ini terwujud tanpa memengaruhi ukuran ringkas dan mobilitas sistem α.

Kontrol, keandalan
Ilustrasi jendela bidik elektrik
Jendela bidik elektronik performa tinggi

Jendela bidik OLED dengan 9,44 juta titik (perkiraan) pada α1 menawarkan resolusi tertinggi di industri. Dilengkapi perbesaran 0,90x dengan FOV 41° untuk tampilan lebar dan jernih, dan struktur terbaru yang menghasilkan titik pandang setinggi 25 mm. Kecepatan refresh 240 fps + UXGA FOV pertama di dunia, untuk tampilan aksi cepat yang jernih.

Pelompat ski
Pengambilan gambar panning rana elektronik

Menggunakan rana elektronik pada kecepatan rana rendah dapat mengurangi respons layar, sehingga sulit mengikuti subjek cepat. Aktfkan [Low Frame Rate Limit] untuk meningkatkan respons layar dan memungkinkan pengambilan gambar dengan teknik panning.

Gambar pemain golf dengan bingkai tengah putih
Peralihan mudah antara format full-frame dan APS-C

Gambar ukuran M dan S memiliki jumlah piksel dan area AF yang sama dalam mode full-frame dan APS-C. Anda pun dapat langsung beralih mode antara full-frame [M:21MP] dan APS-C [M:21MP] dalam satu adegan.
[1] Full Frame  [2] APS-C

Atur menu "Operation Customize" dengan kursor pada "Different Set for Still/MV"
Pengaturan terpisah untuk foto dan film

Subset setelan kini berubah sesuai dengan mode yang dipilih. Manfaat ini cocok saat Anda ingin menggunakan apertur, kecepatan rana, dan pengaturan lain yang berbeda untuk memotret dan merekam video.

Menu "Shooting" dengan kursor pada "Image Quality"
Struktur menu baru

Fitur lain yang diminta oleh fotografer dan videogafer profesional: struktur menu yang diperbaiki untuk navigasi yang lebih mudah, dan operasi menu yang responsif sentuhan untuk kontrol yang lebih intuitif.

Menu "Custom Key Setting"
Fungsi yang dapat disesuaikan

164 Fungsi dapat ditetapkan ke 17 tombol khusus sekaligus tombol putar depan dan belakang. Serangkaian fungsi independen dapat dialokasikan untuk gambar diam, film, dan pemutaran.

Jari menyentuh layar menu
Kontrol menu sentuh

Menu utama dan fungsi yang responsif terhadap sentuhan dengan tab menu di kiri layar serta grup parameter terkait dan parameter di kanan memudahkan navigasi dan kontrol pelacakan.

Kamera tampak depan
Rana mekanis yang sangat andal

Getaran rana diminimalkan sekaligus memungkinkan pengambilan gambar burst kontinu hingga 10 fps. Unit rana baru dengan motor, rem, dan plat logam canggih mampu bertahan lebih dari 500.000 siklus.

Kamera tampak belakang dengan dua kartu SD
Dua slot media kompatibel dengan CFexpress Type A

Dua slot media mendukung kartu UHS-I dan UHS-II SDXC/SDHC serta kartu CFexpress Type A untuk kapasitas dan kecepatan baca/tulis yang lebih tinggi secara menyeluruh.

Kamera tampak belakang dengan dua baterai Z
Baterai seri Z kapasitas tinggi untuk perekaman lama

Ambil hingga 530 foto per pengisian daya. Komponen dan sirkuit juga didesain untuk mengoptimalkan penggunaan daya. Dapatkan lebih banyak kapasitas dengan dua baterai Z di dalam pegangan VG-C4EM.

Ilustrasi kabel struktur internal
Desain tahan debu dan kelembapan lebih baik

Segel tersedia di semua sambungan bodi dan cover baterai. Slot media memiliki cover geser ganda yang mencegah air masuk. Tombol kunci lensa dan bantalan dudukan juga membantu.

Bagian-bagian kamera
Sasis aloi magnesium tahan lama

Aloi magnesium yang ringan namun kokoh meningkatkan ketahahan cover atas, depan, dan belakang serta rangka internalnya. 6 sekrup pemasangan dudukan lensa menambah kekuatan dan kekokohan.

Alur kerja profesional
Menggunakan smartphone bersama α1
Wi-Fi tercepat di industri mendukung 2x2 MIMO

LAN nirkabel bawaan memungkinkan komunikasi pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, dengan dukungan 2x2 MIMO (IEEE 802.11a/b/g/n/ac) untuk 5 GHz. Dual antena memastikan komunikasi yang andal.

Kamera tampak samping kiri yang menampilkan konektor SuperSpeed USB
Konektor SuperSpeed USB 10 Gbps (USB 3.2) Type-C®

Konektor USB Type-C® yang mendukung transfer data cepat USB 3.2 SuperSpeed USB 10 Gbps menyediakan transfer data cepat PC Remote (tertambat) untuk kelancaran penanganan file besar.

Kamera tampak samping kiri yang menampilkan konektor Ethernet 1000BASE-T
Ethernet 1000BASE-T untuk komunikasi cepat

Konektor bawaan untuk koneksi 1000BASE-T kabel memungkinkan transfer data yang cepat dan stabil pada kecepatan gigabit. FTPS didukung, memungkinkan enkripsi SSL atau TLS untuk keamanan lebih tinggi.

Menyambungkan smartphone ke α1
Konektivitas FTP serbaguna

Unggahan foto dan film FTP serta kontrol kamera jarak jauh dapat dilakukan lewat LAN nirkabel, LAN kabel cepat, atau smartphone yang tertambat ke USB. Tipe file untuk transfer dapat ditentukan.

Mengambil gambar dengan α1
Transfer FTP file foto dan film

Foto dan film dapat ditransfer ke server FTP jarak jauh lewat LAN nirkabel, LAN kabel cepat, atau koneksi smartphone kabel. Throughput data nirkabel sekitar 3,5x lebih cepat dibandingkan α9 II.

Bekerja dengan PC di studio
Fungsi perekaman jarak jauh (tertambat) serbaguna

Aplikasi “Remote” Imaging Edge Desktop dapat digunakan untuk pengambilan gambar PC Remote (tertambat) lewat koneksi LAN nirkabel atau kabel USB. Remote control dari perangkat seluler juga memungkinkan.

Menu kamera "RAW File Type" dengan kursor pada "Lossless Comp"
RAW terkompresi lossless

α1 menyertakan kompresi lossless yang efisien selain RAW terkompresi dan tanpa kompresi.

Menu kamera "JPEG Quality" dengan kursor pada "Light"
Ukuran JPEG “Light” baru

Setelan ukuran JPEG “Light” baru menghasilkan file yang lebih kecil dibandingkan setelan “Standard”, memungkinkan pengiriman yang lebih cepat bagi fotografer berita dan olahraga yang bergantung pada kecepatan.

Gunung dan pepohonan
HEIF 10-bit untuk gradasi yang lebih halus

Format HEIF dapat memberikan gradasi 10-bit yang halus untuk reproduksi subjek langit dan potret yang lebih realistis. Kompresi tingkat lanjut mengurangi ukuran file untuk efisiensi alur kerja yang lebih baik.

Beragam aplikasi pendukung yang berguna
Pria memegang α1 dan smartphone serta logo Imaging Edge Mobile
Imaging Edge Mobile

Imaging Edge Mobile kini memungkinkan transfer file RAW dan file yang menggunakan kompresi lossless. Aplikasi ini juga mengontrol Touch Tracking dan Touch Focus dari jarak jauh untuk kemudahan operasi AF.

Pengambilan gambar di luar ruang dengan α1 dan logo add-on Transfer & Tagging
Transfer & Tagging add-on

Add-on Transfer & Tagging (Ver. 1.3 atau lebih baru) dapat otomatis mengonversi memo suara yang terlampir pada file gambar menjadi takarir teks atau mentransfer file tersebut ke server FTP dari perangkat seluler.

Dapat digunakan dengan PC di studio dan logo Remote Camera Tool
Remote Camera Tool

Ubah pengaturan kamera dari jarak jauh dan ambil gambar dari komputer yang tersambung lewat kabel LAN. Sejumlah penyempurnaan untuk α1: transfer dan respons sentuhan lebih cepat, dual slot dan dukungan HEIF, dan lainnya.

Studio pengambilan gambar dengan logo Imaging Edge
Apl desktop Remote, Penampil, Edit Imaging Edge™

Tingkatkan fotografi Anda dengan aplikasi desktop Imaging Edge. Gunakan “Remote” untuk mengontrol & memantau pengambilan gambar di layar PC; “Viewer” untuk meninjau, menilai, & memilih foto dari pustaka gambar melimpah; dan “Edit” untuk mengolah data RAW jadi foto berkualitas tinggi.

Ilustrasi kamera dan PC
Webcam Imaging Edge™

Imaging Edge Webcam mempermudah pemakaian kamera Sony sebagai webcam berkualitas berkat kompatibilitas yang beragam, untuk live streaming dan konferensi yang mengesankan.

Gambar Brosur α1
Unduh brosur

Spesifikasi & Fitur

Dengan perangkat dan teknologi utama yang serba-baru, α1 menawarkan resolusi tinggi dan kecepatan tak tertandingi yang dipadukan dengan sensitivitas dan rentang dinamis untuk mewujudkan visi Anda. Ini semua dimungkinkan berkat tersedianya fitur dan alur kerja profesional untuk menghasilkan foto dan film untuk era komunikasi visual yang baru.
  • Sensor CMOS tumpuk full-frame 35 mm 50,1 MP dengan memori integral

  • Mesin BIONZ XR yang canggih meningkatkan kecepatan hingga 8x

  • Pengambilan gambar kontinu 30 fps dengan pelacakan AF/AE

  • Pembuatan film 8K 30p dan 4K 120p

  • Cakupan AF lebar dengan 759 titik deteksi fase dan 425 titik AF deteksi kontras

Tipe Sensor
Sensor CMOS Exmor RS full frame 35 mm (35,9 x 24,0 mm)
Jumlah Piksel (Efektif)
Sekitar 50,1 megapiksel
Sensitivitas ISO (Recommended Exposure Index)
Foto: ISO 100-32000 (angka ISO dari ISO 50 hingga ISO 102400 dapat disetel sebagai rentang perluasan ISO), AUTO (ISO 100-12800, batas bawah dan batas atas dapat dipilih), Film: setara ISO 100-32000, AUTO (setara ISO 100-12800, batas bawah dan batas atas bisa dipilih)
Masa Pakai Baterai (Foto)
Sekitar 430 foto (jendela bidik)/sekitar 530 foto (layar LCD) (standar CIPA)
Tipe Jendela bidik
Jendela bidik elektronik 1,6 cm (tipe 0.64) warna
Tipe Monitor
7,5 cm (tipe 3.0) tipe TFT
Sony berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan produk, layanan, dan konten yang memberikan pengalaman seru, tetapi juga bekerja keras untuk mencapai footprint lingkungan nol melalui kegiatan bisnis kami. Pelajari selengkapnya tentang Sony dan Lingkungan

Ulasan

Kata Pengguna