α7 IV

Lebih dari dasar.
Bagi pembuat gambar generasi baru.

Dengan performa terobosan dalam menangkap gambar foto dan film, α7 IV adalah perangkat hybrid yang ideal yang menghasilkan gambar hebat dengan pengiriman dan distribusi seketika. α7 IV adalah kamera yang dirancang untuk menghidupkan visi artistik kreator masa kini.

Bodi Saja

ILCE-7M4

Harga tidak tersedia

Bodi + Lensa Zoom 28-70mm

ILCE-7M4K

Harga tidak tersedia

Inilah standar baru kamera

Dapatkan inspirasi bebas limitasi. Resolusi tinggi dan auto fokus berbasis AI pada α7 IV merupakan fitur canggih kelas dunia pada teknologi kamera terkini. 

Foto sampel (searah jarum jam dari atas): wajah seseorang, foto lanskap, seseorang berdiri, dan seekor burung
Galeri Foto α7 IV
Gambar menampilkan dial Foto/Video/S&Q
Pengalaman memotret gambar yang benar-benar baru 
Foto seorang fotografer membidik melalui jendela bidik untuk memotret
Fotografi tanpa kompromi
Foto di mana fungsi autofokus menghasikan fokus jernih pada seseorang yang sedang berolahraga dalam kecepatan tinggi
Auto fokus yang andal, supercepat
Foto kreator video sedang merekam dengan stabilisasi gambar Mode Aktif pada kamera, tanpa perlengkapan lain
Film sinematik, kini makin cantik
Foto seseorang live streaming dengan kamera ini
Era baru komunikasi virtual
Foto seseorang memegang kamera dan menggunakan tombolnya
Pengoperasian mudah dan andal 
Cara baru mengabadikan foto & video
Kualitas terbaik untuk foto dan video 
Bagikan langsung kreasi Anda
Foto sensor gambar CMOS Exmor R
Sensor gambar CMOS full-frame back-illuminated 33 MP yang baru 

Dengan performa andal dan kualitas foto dan video yang luar biasa, sensor gambar CMOS Exmor R™ 33 megapiksel baru pada α7 IV memiliki kecepatan bacaan dan sensitivitas tinggi, noise rendah, serta reproduksi warna yang sangat akurat. 

Foto mesin pemroses gambar BIONZ XR
Pemrosesan gambar tingkat tinggi dengan BIONZ XR™

α7 IV menggunakan prosesor gambar termutakhir untuk performa lebih baik demi kualitas gambar dan reproduksi warna yang berkelas. Berkat pemrosesan yang cepat, pengambilan gambar kontinu jadi makin mudah. Pengoperasian saat transfer data pun lebih responsif.

Fotografi tanpa kompromi
Empat gambar yang menunjukkan empat rona warna yang berbeda, masing-masingnya dibuat menggunakan fitur Creative Look
Ada 10 Creative Look bawaan untuk mengatur suasana visual 

Tersedia sepuluh Creative Look bawaan dan delapan parameter untuk menciptakan suasana tersendiri bagi foto, film, dan live streaming Anda. Tanpa perlu pengeditan pascaproduksi, kreasi Anda bisa langsung dibagikan begitu selesai dibuat.

Foto dengan kedalaman warna 10-bit yang menawan
Format foto HEIF 10 bit untuk gradasi yang mulus 

Selain pilihan RAW dan JPEG, tersedia pilihan format HEIF (High Efficiency Image File) untuk foto. Kedalaman warna 10 bit yang mulus memberi tampilan langit yang realistis dan objek potret dengan gradasi yang halus dan alami. 

Stabilisasi gambar optik 5 axis

Kompensasi kecepatan rana hingga 5.5-step dari unit stabilisasi dalam bodi

Unit stabilisasi dan sensor gyro presisi pada α7 IV bekerja dengan algoritme stabilisasi gambar untuk mencapai kompensasi kecepatan rana hingga 5.5-step, untuk memaksimalkan performa resolusi tinggi dari sensor gambar 33,0MP pada kamera.

Ilustrasi menampilkan stabilisasi gambar 5-axis
Contoh bidikan foto dengan unit flash di mana wajah dari subjek utama memiliki tingkat pencahayaan yang sesuai
Flash Sony berkoordinasi dengan sistem deteksi wajah pada kamera

Flash baru Sony berkomunikasi dengan α7 IV, memanfaatkan kemampuan fitur deteksi wajah yang canggih untuk menyesuaikan pencahayaan guna menghasilkan warna kulit yang alami. Sinkronisasi keseimbangan putih dan pengukuran P-TTL presisi, hingga level ‘Hi’ pada kecepatan bidik kontinu, subjek bergerak cepat dengan cahaya yang berubah cepat selalu bisa ditangkap, untuk keandalan dan kreativitas terbaik.

Foto unit flash eksternal yang dihubungkan di kamera
Kontrol unit flash secara eksternal 

Unit flash dan radio wireless commander yang kompatibel yang terhubung dengan α7 IV, kini bisa dikontrol langsung dari antarmuka kamera untuk pembidikan yang lebih praktis. 

Auto fokus yang andal, supercepat
Foto seseorang sedang melakukan olahraga dengan gerakan cepat, digabungkan dengan titik AF yang mencakup hampir seluruh area gambar
Fast Hybrid AF, kini makin canggih

Sistem Fast Hybrid AF yang menggabungkan AF deteksi fase dan AF deteksi kontras kini disempurnakan agar performa pelacakannya lebih cepat, akurat, dan andal. Dengan 4D Focus Sony, area AF yang rapat mencakup 94% area tangkapan untuk foto maupun video dengan 759 titik AF deteksi fase.

10 gambar kontinu seseorang yang sedang berolahraga dengan kecepatan tinggi
Pengambilan gambar kontinu 10 fps dengan pelepasan buffer cepat 

Rana mekanis dan elektroniknya dapat digunakan untuk menangkap lebih dari 800 frame pada 10 fps dengan pelacakan AF/AE berkat memori buffer kapasitas tinggi, prosesor BIONZ XR kencang, dan kecepatan rekam lebih tinggi untuk kartu memori.

Foto ilustrasi penggunaan Pelacakan Real-time dengan frame AF menampilkan fokus pada objek yang bergerak cepat
Pelacakan Real-time pintar berbasis AI dari Sony 

Algoritme unik pengenal objek dari Sony memanfaatkan data warna, pola (kecerahan), dan jarak objek (kedalaman) untuk memproses informasi dengan cepat secara aktual. AI digunakan untuk mendeteksi dan melacak mata dan wajah objek (manusia, hewan, atau burung) dengan akurasi tinggi. Kamera akan mengunci fokus pada objek yang dipilih. 

Eye AF Real-time yang lebih sempurna 

Fokus terkunci ke mata subjek agar Anda bisa leluasa mengatur komposisi. 

Mesin pemroses gambarnya berkecepatan tinggi sehingga menunjang performa Eye AF Real-time, ke mana pun mata subjek memandang. Pelacakan Sentuh juga dapat digunakan untuk mengaktifkan Pelacakan Real-time pada subjek yang tampak pada bidikan. Saat layar disentuh, Real-time Eye AF akan aktif jika mendeteksi mata. 

Foto yang menggambarkan penggunaan Real-time Eye AF, dengan bingkai AF menampilkan fokus pada mata subjek
Gambar mengilustrasikan penggunaan fitur Real-time Eye AF untuk hewan, dengan fokus pada subjek mata anjing
Memotret hewan peliharaan jadi lebih mudah 

Fokus cepat dan akurat untuk membidik hewan peliharaan

Setel tipe deteksi subjek di kamera ke "Animal" agar bisa mendeteksi dan melacak mata hewan secara otomatis, sehingga membidik satwa liar dan membuat foto dan film hewan peliharaan di rumah jadi lebih mudah. Fitur deteksi mata hewan telah ditingkatkan dengan pelacakan andal dan fokus akurat ketika posisi wajah hewan terbalik.

Eye AF Real-time untuk burung 

Mode foto dan film mendukung fitur deteksi mata burung

Untuk pertama kalinya pada seri α, fitur deteksi mata burung tersedia untuk mode film serta gambar diam – cukup setel subjek ke "burung". Kecepatan dan presisi yang mengagumkan pada kamera ini memungkinkan pelacakan burung tertentu secara otomatis, baik saat hinggap di suatu tempat atau saat terbang, dengan tetap menjaga fokus pada matanya meskipun bergerak cepat dan tidak terprediksi.

Film sinematik, kini makin cantik
Potret gambar wanita dalam resolusi tinggi pada 4K 60p
Film 4K 60p dengan bidikan mulus dan alami

Kini Anda dapat merekam video hingga 4K 60p dengan pembacaan piksel penuh dan tanpa binning, dengan memanfaatkan sensor gambar baru di α7 IV dan rentang dinamis lebar untuk gambar yang mulus pada subjek yang bergerak cepat.

Ilustrasi menampilkan bagaimana oversampling 7K digunakan untuk menghasilkan film 4K
Oversampling 7K untuk gambar ekspresif yang indah dan kaya detail 

Ketika merekam film 4K hingga 30p, gunakan oversampling 7K full-frame untuk menghasilkan gambar 4K resolusi tinggi yang sangat mendetail. Pilih mode yang paling sesuai dengan target Anda dan biarkan kamera bekerja.

Potret seorang wanita yang menunjukkan reproduksi warna yang indah dari rekaman 4:2:2 10-bit
Kualitas gambar optimal dengan rekaman 4:2:2 10 bit 

Ciptakan hasil rekaman yang artistik dengan kedalaman 10 bit dan sampling warna 4:2:2, dengan Long GOP atau All-Intra frame encoding, untuk fleksibilitas dalam image grading, pasca-pemrosesan, dan pengomposisian.

Kiri: ilustrasi HEVC/H.265, membagi bagian-bagian klip ke dalam segmen yang lebih tertata untuk memproses data; Kanan: ilustrasi AVC/H.264, membagi seluruh video secara sama rata untuk memproses data
Mendukung All-Intra encoding dan Long GOP

All-Intra encoding diterapkan pada setiap frame secara independen dengan bitrate hingga 600 Mbps untuk menangkap gerakan kompleks secara akurat dan pengeditan lebih efisien.  

[1] All-Intra (All-I)  [2] Long GOP  [3] Group of Pictures

Kiri: ilustrasi HEVC/H.265, membagi bagian-bagian klip ke dalam segmen yang lebih tertata untuk memproses data; Kanan: ilustrasi AVC/H.264, membagi seluruh video secara sama rata untuk memproses data
Kualitas terbaik dan ukuran file lebih kecil dengan XAVC HS

Format rekaman XAVC HS baru ini menggunakan pengodean HEVC/H.265 untuk mencapai efisiensi kompresi dua kali lipat dari pengodean AVC/H.264 agar gambar berkualitas tinggi tapi dengan ukuran file yang lebih kecil.

Pilih penampilan Anda untuk film yang lebih ekspresif

Mendukung S-Cinetone™, Creative Look, dan S-Log3

Matriks warna S-Cinetone menggunakan teknologi yang didapat melalui pengembangan kamera CineAlta seperti VENICE, menghasilkan gambar mengagumkan dengan warna kulit indah tanpa memerlukan pasca-pengeditan. Preset Creative Look akan menghasilkan mood visual lainnya yang menarik lain di kamera, atau gunakan gamma S-Log3 untuk mengakses rentang dinamis penuh di kamera (15+ stop) untuk alur kerja pasca-produksi yang lebih mulus.

Breathing Compensation Baru

a7 IV memanfaatkan pengembangan lensa dan kamera yang paralel untuk menawarkan fitur Focus Breathing Compensation yang inovatif, khusus untuk lensa E-mount Sony. Dengan meminimalkan pergeseran bidang pandang yang bisa terjadi selama merekam video, saat melakukan rack focusing dengan beberapa lensa, Anda bisa mendapatkan hasil yang menawan–untuk kebebasan kreatif baru dari berbagai lensa E-mount Sony.

Focus Map untuk melihat kedalaman bidang

Menjawab permintaan para kreator profesional, kini kami menghadirkan fitur Focus Map untuk memvisualisasikan kedalaman bidang, langsung dalam bidikan . Saat diaktifkan, informasi fokus (denah kedalaman) ditampilkan langsung pada layar tampilan untuk mengetahui fokus masing-masing area.

Foto seorang pembuat film menggunakan fitur AF Assist
AF Assist mendukung transisi fokus dengan AF

Fitur AF Assist dari Cinema Line FX6 mampu beralih antara fokus otomatis dan manual dengan mulus. Lakukan rack focusing dengan memutar ring fokus untuk beralih ke MF dan mengalihkan fokus ke subjek lain. AF dilanjutkan ketika putaran ring berhenti. 

Foto di mana fokus otomatis digunakan untuk memfokuskan pada subjek utama yang akurat
Setel fokus untuk kebebasan kreatif sesungguhnya 

Fitur setelan fokus sempurna, yang juga digunakan pada model kelas atas seperti α1 dan α7S III, memberikan opsi film kreatif seperti rack focus, berganti target AF dengan cepat, dan sensitivitas pelacakan subjek yang bisa disetel.

Stabilisasi gambar ‘Mode Aktif’ performa tinggi 

Stabil untuk pengambilan gambar film secara handheld

Stabilisasi Mode Aktif untuk pengambilan gambar film sudah disertakan pada unit stabilisasi, sensor gyro, dan algoritme kompleks pada kamera. Tanpa mengorbankan bentuk dan portabilitas α7 IV, fitur ini secara akurat mendeteksi keseimbangan yang dibutuhkan, lalu menerapkan stabilisasi agar menghasilkan film 4K yang stabil

Ilustrasi perekaman film dengan kamera terhubung ke Catalyst Browser atau Catalyst Prepare
Stabilisasi gambar andal demi hasil lebih indah

α7 IV merekam data gyro dan lensa ke dalam metadata. Karena itu, Anda dapat memakai perangkat lunak Catalyst Browse/Prepare untuk memuluskan gerak kamera dan mengatur stabilisasi gambar pascaproduksi. 

Foto kamera dengan mikrofon shotgun (dijual terpisah) terpasang
Antarmuka audio digital untuk audio membahana

Dengan Multi Interface (MI) Shoe, sinyal audio digital dapat ditransfer langsung secara nirkabel untuk menghadirkan suara terbaik tanpa penurunan kualitas. Dudukan ini juga memberi suplai daya untuk mikrofon agar bisa digunakan dalam waktu lama. 

Gambar close-up mikrofon internal kamera
Mikrofon internal dengan pengurangan noise angin

Dengan teknologi pemrosesan sinyal yang baru, ketika pengurang noise angin disetel ke "Autos", noise angin yang terdeteksi akan diminimalkan tanpa mempengaruhi suara lain. 

Era baru komunikasi virtual
α7 IV dapat dijadikan kamera web

Cukup sambungkan dengan USB, dan α7 IV dapat digunakan sebagai kamera web yang istimewa. Tak perlu ribet, tinggal hubungkan kamera ke komputer atau smartphone via USB, pilih "Live Stream (USB Streaming)", dan tinggal pakai.

Foto seorang kreator melakukan live streaming dalam 4K
4K / Full HD Live

α7 IV mendukung standar UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class) yang biasanya ada di kamera USB, sehingga tak perlu menyiapkan perangkat lunak khusus. Cukup hubungkan melalui USB dan Anda sudah siap melakukan streaming dalam resolusi 4K

Foto orang menghubungkan kabel USB ke kamera
Penyiapan mudah dan cepat untuk live streaming

α7 IV memudahkan live streaming. Jika dihubungkan ke komputer melalui USB, menu pilihan fungsi USB akan muncul di layar kamera. Cukup pilih "Live Stream (USB Streaming)" dan Anda bisa langsung beralih ke mode ini tanpa perlu melakukan penyiapan sebelumnya.

Foto jajaran lengkap lensa dari Sony
Lensa yang dapat diganti menambah pilihan ekspresi live streaming 

Berkat lebih dari 60 lensa E-mount asli Sony, dari lebar hingga panjang fokus telefoto, serta lensa kreatif premium dan spesialis, ada banyak sekali pilihan ekspresi untuk streaming atau berbagi.

Foto perbandingan antara fitur Soft Skin Effect dinonaktifkan (sisi kiri) dan diaktifkan (setelan "Sedang", sisi kanan)
Soft Skin Effect 

Fitur Soft Skin Effect internal pada α7 IV membuat kulit terlihat cerah dan cantik, menghaluskan kerutan, area noda dan kusam, serta menambah fokus pada mata dan mulut. Fitur ini tersedia untuk gambar tak bergerak, film, dan live streaming.

Bagikan langsung foto dan video Anda

α7 IV menawarkan kemudahan membagikan hasil kreasi Anda secara langsung.

Foto seseorang menggunakan aplikasi Edge Mobile di smartphone
Terdapat fitur tambahan dengan Imaging Edge Mobile™

Melalui aplikasi Imaging Edge Mobile dari Sony, Anda bisa berbagi file dan terkoneksi dengan mudah dan lancar. Wi-Fi kamera bisa diatur dengan cepat melalui koneksi Bluetooth® berdaya rendah. Gambar pun bisa ditransfer otomatis dengan mudah. 

Tampilan menu untuk memilih antara 5 GHz dan 2,4 GHz
Wi-Fi 5 GHz

Tersedia fungsi LAN Nirkabel yang mendukung band 5 GHz dan 2,4 GHz (mendukung standar IEEE 802.11a/b/g/n/ac). Dengan band 5 GHz, transfer data menjadi lebih cepat.

Tampilan menu pengaturan transfer FTP
Transfer file FTP di latar belakang

Fitur ini berguna untuk transfer foto dan video ke server FTP jarak jauh melalui LAN nirkabel, LAN kabel berkecepatan tinggi (dengan kabel adaptor USB-Ethernet yang kompatibel dengan port USB Type C® kamera), atau smartphone melalui tethering USB. 

Penyempurnaan pada seleksi dan alur pengeditan 

Terdapat sejumlah penyempurnaan seleksi gambar dan pengeditan pada α7 IV. Alur kerja pun menjadi lebih simpel sehingga banyak file bisa dikelola sekaligus.

LCD dalam mode pemutaran menampilkan fragmen yang dipisahkan oleh Divider Frame
Buat Divider Frame untuk akses dan seleksi cepat

Divider Frame dapat disisipkan di antara gambar untuk mencari adegan dengan cepat; latar hitam dengan panah abu-abu menandakan adegan atau bagian baru.

Layar menampilkan pemutaran klip film yang menggunakan penanda esensial
Menambah penanda film (tanda esensial)

Ada dua jenis penanda film (sebagai "penanda esensial" atau indeks) yang dapat ditambahkan dengan mudah ke hasil rekaman untuk menandai adegan atau fragmen khusus. Gunakan dial utamanya untuk beralih dari satu tanda ke yang lain dalam mode pemutaran.

Tampilan menu seleksi gambar yang akan ditransfer
Transfer banyak file sekaligus

File dapat dipilih untuk ditransfer berdasarkan kriterianya, misalnya peringkat, penanda film, status proteksi, atau format file. File individu juga bisa ditransfer secara manual dengan tombol kustom. 

Pengoperasian mudah dan andal 
Ilustrasi berbagai posisi monitor LCD vari-angle
Dial Khusus Foto/Video/S&Q

Putar dial Foto/Video/S&Q untuk beralih menu, mengatur tombol, serta mengubah berbagai pengaturan (seperti apertur dan kecepatan rana) dengan cepat agar sesuai dengan mode pilihan Anda pada kamera serbabisa ini. 

Layar menu
Struktur menu yang lebih praktis 

Menjawab masukan para fotografer dan videografer profesional, kami menerapkan struktur menu yang sama dengan menu α7S III dan α1 demi kemudahan pengoperasian.

Foto close-up jendela bidik kamera
Jendela bidik OLED Quad-VGA resolusi 3,68 juta titik

Jendela bidik OLED Quad-VGA kamera ini memiliki resolusi 1,6x lebih banyak dari jendela bidik α7 III, dengan FOV 37,3° dan eyepoint setinggi 23 mm. 

Ilustrasi berbagai posisi monitor LCD vari-angle
monitor belakang bukaan samping vari-angle fleksibel 

Demi kemudahan memotret dan merekam, kamera ini dilengkapi monitor sentuh LCD berjenis 3.0 dengan 1,03 juta titik dan rasio aspek 3:2 yang dapat dibuka ke samping. 

Foto jari menyentuh dan mencubit monitor LCD vari-angle
Pengoperasian intuitif lewat sentuhan

Pengoperasian lewat sentuhan kini dapat dilakukan untuk memilih AF, misalnya Touch Tracking saat membidik. Anda juga bisa mencubit layar untuk zoom selama pemutaran sehigga hasilnya sehingga lebih intuitif. 

Foto close-up Dial belakang kanan
Atur "Dial belakang kanan" agar mudah mengakses fitur

α7 IV memiliki dial belakang yang dapat disesuaikan (sebagai ganti roda dial kompensasi pencahayaan) untuk mengakses banyak fitur, seperti kontrol ISO, Creative Look, dan lainnya.

Pertimbangan pada lingkungan
Logo "Road to Zero"
Komitmen bebas jejak lingkungan 

Keindahan dunia adalah inspirasi kami. Sony berkomitmen membantu menjaga kelestarian bumi dalam mendukung para kreator menciptakan karya yang indah dan kreatif. Dengan target bebas jejak lingkungan di seluruh Sony Group pada tahun 2050, kami memacu sejumlah inisiatif untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

α7 IV: Sebuah perwujudan konsep 

α7 IV adalah salah satu manifestasi rencana kami dalam menjaga lingkungan

Layaknya produk Sony lain, siklus produk α7 IV terkait lingkungan juga telah melalui berbagai pertimbangan, mulai dari pengembangan, produksi, pengemasan, hingga logistik. Komponen bodi kameranya terbuat dari plastik daur ulang bermutu tinggi dan dapat didaur ulang. Kemasannya pun ramah lingkungan. Pabrik kami juga memanfaatkan panel surya berskala besar untuk menekan dampak konsumsi energi.

Foto seseorang memegang kotak berisi Alpha 7 IV
Gambar studio foto, dengan logo Imaging Edge
Imaging Edge Desktop™ untuk fungsi Remote, Viewer, dan Edit

Tingkatkan fotografi Anda dengan aplikasi desktop Imaging Edge. Gunakan “Remote” untuk mengontrol & memantau pengambilan gambar di layar PC; “Viewer” untuk melihat, menilai, & memilih foto dari pustaka segudang gambar; dan “Edit” untuk mengolah data RAW jadi foto berkualitas tinggi.

Spesifikasi & Fitur

Sensor, mesin pemrosesan, dan auto fokus berbasis AI terbaru bekerja bersama dengan teknologi fotografi gambar diam dan film canggih untuk menciptakan pengalaman pencitraan dinamis yang segar. α7 IV adalah kamera hibrida ideal, menghasilkan gambar diam dan film yang memukau, serta konektivitas yang fleksibel untuk transmisi gambar di tempat.
  • Sensor gambar CMOS Exmor R ffull-frame back-illuminated 33,0 MP yang baru dikembangkan

  • Mesin pemroses gambar BIONZ XR canggih dengan performa pemrosesan hingga 8x

  • Kemampuan AF yang andal termasuk Real-time Eye AF untuk manusia, hewan, dan burung

  • Pembuatan film dengan kemampuan perekaman 4:2:2 10-bit 4K 60p

  • Fungsi canggih untuk film mencakup Mode Aktif, Kompensasi Breathing, dan AF Assist

Tipe Sensor
Full frame 35 mm (35,9 x 23,9 mm), sensor CMOS Exmor R
Jumlah Piksel (Efektif)
Sekitar 33,0 megapiksel
Sensitivitas ISO (Recommended Exposure Index)
Foto: ISO 100-51200 (angka ISO dari ISO 50 hingga 204800 dapat disetel sebagai perluasan ISO), AUTO (ISO 100-12800, batas bawah dan batas atas dapat dipilih), Film: Setara dengan ISO 100-51200 (angka ISO hingga 102400 dapat diatur sebagai ISO diperluas), AUTO (ISO 100-12800, batas bawah dan batas atas dapat dipilih)
Tipe Jendela bidik
Jendela bidik elektronik 1,3 cm (tipe 0,5), OLED Quad-VGA
Tipe Monitor
7,5 cm (tipe 3.0) tipe TFT
Sony berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan produk, layanan, dan konten yang memberikan pengalaman seru, tetapi juga bekerja keras untuk mencapai footprint lingkungan nol melalui kegiatan bisnis kami. Pelajari selengkapnya tentang Sony dan Lingkungan

Ulasan

Kata Pengguna