FX3

Kebebasan Sinematik Baru

Kamera FX3 Cinema Line Sony mewujudkan visi kreator konten yang membara. Ekspresi sinematik setara dengan performa andal dan operasi yang disederhanakan untuk memenuhi kebutuhan komunitas kreatif masa kini. Ringkas dan ringan, sangat mudah dibawa dan dipakai. 

Temukan dunia sinema profesional
Gambar contoh
Dirancang untuk menyalurkan ekspresi sinematik
Gambar contoh
Dirancang demi kenyamanan perekaman solo
Gambar contoh
Kemudahan perluasan dan pengoperasian bagi kreator konten
Dirancang untuk menyalurkan ekspresi sinematik
Hasil gambar full-frame saat cahaya redup

Sensor gambar full-frame FX3 berpadu dengan teknik pengumpulan cahaya inovatif untuk menghasilkan tangkapan gambar yang jelas bahkan saat cahaya redup. Sensitivitas ISO standar 80-102400 untuk film dapat diperluas hingga 409600. 

Rentang dinamis lebar, ekspresi kreatif luas

FX3 menawarkan lebih dari 15 stop rentang dinamis untuk segala setelan, dari gambar di dalam dan di luar ruangan yang terang hingga saat pagi dan sore. Tangkap segala nuansa dan nikmati kebebasan sinematik tanpa batas dalam grading warna.

Kreativitas full-frame dan bokeh memukau

Rekam adegan dalam resolusi 4K sinematik, dengan kedalaman bidang yang dangkal, bokeh memukau, dan kebebasan sinematik yang ditawarkan sensor bingkai penuh.

Teknologi warna sinematik S-Cinetone™

Warna S-Cinetone, dikembangkan untuk FX9 Sony yang diakui, adalah tampilan default FX3 untuk ekspresi sinematik. Disempurnakan untuk kreator konten masa kini, dengan warna yang kaya dan rona kulit natural yang sesuai dengan kamera Cinema Line lainnya tanpa grading. 

4K 120fps dengan fokus di setiap bingkai 

Bahkan pada tingkat kecepatan per frame tinggi, gambar 4K mendetil dapat ditangkap berkat AF presisi tinggi dan kemampuan pembacaan kecepatan tinggi dari FX3. Mode Lambat dan Cepat (S&Q) memberi Anda kontrol penuh terhadap tingkat kecepatan per frame rekaman, untuk urutan gerakan yang indah pada gerakan lambat hingga 5x (dengan output 24p). 

Gambar contoh
Perekaman 10-bit S-Log3 dan HDR untuk gradasi halus

Kurva gamma S-Log3 dan S-Gamut3.Cine memungkinkan rekaman dengan reproduksi warna berkualitas tinggi pada rentang dinamis lebar. Ini memudahkan penyesuaian rekaman film dengan kamera Cinema Line lainnya saat pascaproduksi. Selain itu, profil gambar HDR HLG (Hybrid Log-Gamma) memungkinkan pemutaran HDR (HLG) pada TV kompatibel tanpa pascaproduksi. 

Output HDMI 16-bit RAW 

Untuk tuntutan alur kerja pascaproduksi, output RAW 16-bit tersedia melalui koneksi HDMI ke perekam eksternal kompatibel. Sedangkan XAVC HS 4K, XAVC S 4K, atau XAVC S-I 4K, dan file proksi direkam secara bersamaan dalam kamera. Output video RAW beresolusi 4264 x 2408 [16:9], melampaui resolusi DCI-4K.

Gambar pemasangan monitor pihak ketiga di FX3
Gambar struktur file untuk All-intra, Long GOP, dan Group of People
Nikmati detail yang kaya dan warna yang realistis

Selain kompresi Long-GOP, FX3 mampu melakukan perekaman internal 4K, kedalaman 10-bit, dan sampling warna 4:2:2 dengan All Intra. Anda bisa menyempurnakan gradasi warna dan tetap mempertahankan gradasi natural untuk kebebasan pengeditan yang sesungguhnya.   

[1] All-Intra (All-I)   [2] Long-GOP   [3] Group of Pictures 

Dirancang demi kenyamanan perekaman solo
Auto fokus andal berakurasi tinggi

AF area lebar dengan pelacakan cerdas ini menggunakan deteksi fase bidang fokus untuk pelacakan subjek andal di hampir seluruh bingkai. Sistem Fast Hybrid AF memberikan fokus presisi bahkan dalam pemotretan kedalaman bidang sempit dan kecepatan per frame 120p dalam 4K (QFHD)

AF pelacakan mutakhir untuk fokus stabil

Fitur pelacakan mutakhir menjaga subjek pada fokus stabil, agar Anda bisa berkonsentrasi pada komposisi. Eye AF Real-time memastikan fokus presisi pada wajah dan mata, sementara Pelacakan Real-time didukung algoritma pengenalan subjek berbasis AI dari Sony. 

Transisi mulus dan kontrol fokus sentuh 

FX3 dilengkapi Kecepatan Transisi AF dengan 7 setelan untuk memudahkan membuat rack focus serta 5 setelan AF Subject Shift Sensitivity. Pengguna bisa menentukan seberapa mudah AF akan berubah atau tidak terhadap subjek. Anda juga bisa memilih subjek untuk difokuskan hanya dengan menyentuh monitor LCD. 

Gambar beberapa lensa E-mount Sony
Lensa E-mount performa tinggi untuk film

Rasakan auto fokus yang halus dan responsif dengan lensa E-mount Sony, performa optik premium dan kemampuan operasi untuk tuntutan aplikasi sinematografi. Teknologi aktuator penggerak linier yang unik di lensa E-mount Sony memberikan performa AF yang lebih halus, presisi, dan tangguh untuk mendukung upaya kreatif Anda.

Performa mobilitas tinggi ke mana pun Anda pergi

Dengan bodi yang ringkas dan ringan, FX3 didesain untuk mobilitas tinggi. Pegangan terpasang dan lubang aksesori tanpa cage untuk penyetelan dan pengemasan cepat serta pengambilan gambar lancar. Bodi utama dan cover dibuat dari paduan aloi magnesium ringan untuk meningkatkan ketahanan dan performa bahkan di lingkungan yang menantang.

Gambar struktur kamera dengan komponen magnesium
Gambar pegangan XLR FX3
Pegangan XLR yang dapat dipasang 

Pegangan dilengkapi adaptor XLR dengan dua terminal XLR ukuran penuh dapat dipasangkan ke Dudukan Multi Antarmuka (MI) pada kamera untuk kontrol praktis dan stabil dalam situasi pengambilan gambar sulit, seperti pengambilan gambar posisi rendah. 

Stabilisasi gambar dalam kamera 

Mode Aktif adalah sistem stabilisasi gambar 5 poros internal yang meningkatkan stabilisasi untuk merekam film. Guna mempertahankan kualitas gambar, sensor giroskop secara akurat mengukur guncangan kamera dan mengimbangi dari segi optik. Hasilnya, video stabil saat direkam dengan genggaman meski tanpa gimbal, sambil berjalan, dan dalam resolusi 4K. 

[1, 2] guncangan sudut (pitch & yaw) [3, 4] guncangan geser (poros X & Y), [5] guncangan rotasi (rol di poros Z)

Gambar struktur sistem stabilisasi gambar optik 5 poros internal
Gambar pengeditan dengan Catalyst di PC
Stabilisasi gambar dan pengeditan mudah dengan Catalyst

Metadata guncangan kamera dicatat dalam gyro bawaan, sehingga rekaman film genggam dapat disempurnakan saat pascaproduksi. Aplikasi desktop Catalyst Browse/Catalyst Prepare Sony mempermudah Anda menyeimbangkan tingkat kompensasi guncangan otomatis dan pemangkasan gambar. Selain itu, Catalyst bisa memaksimalkan penggunaan rekaman data rotasi kamera. 

Kemudahan perluasan dan pengoperasian bagi kreator konten
Lampu tally depan dan belakang 

Lampu tally di depan dan belakang akan menunjukkan kapan FX3 sedang merekam atau tidak. Lampu ini mudah dilihat oleh operator kamera dan orang yang sedang tampil di depan kamera.

Monitor panel sentuh LCD vari-angle

Panel layar sentuh LCD tipe 3.0 (1,44 juta titik) dilengkapi desain bukaan samping untuk pemosisian fleksibel dan visibilitas yang lebih baik saat kamera terpasang di gimbal. Dukungan panel sentuh memberikan kontrol menu intuitif untuk banyak setelan kamera. 

Kontrol penting untuk rekaman tunggal efisien

Selain enam tombol yang dapat disesuaikan, kontrol yang sering digunakan sangat mudah diraih, sehingga Anda bebas menyesuaikan operasi atau keseimbangan lensa. Kegunaan kamera ditingkatkan dengan adanya beberapa lubang sekrup pada bodi dan pegangan untuk memasang aksesori. 

Gambar aliran udara untuk mendinginkan bodi kamera
Perekaman 4K/60p tanpa henti

FX3 dirancang dengan sistem penghilangan panas yang inovatif untuk perekaman 4K/60p tanpa henti. Peletakan ventilasi panas, struktur aliran udara, dan kipas pendingin senyap berfungsi mengoptimalkan pendinginan bahkan saat rekaman yang lama.

Adaptor XLR dan input digital untuk audio berkualitas

Selain mikrofon internal, terdapat pula beragam mikrofon profesional yang dapat disambungkan secara eksternal melalui konektor XLR ukuran penuh pada pegangan melalui antarmuka audio digital lewat Dudukan Multi Antarmuka (MI). Anda dapat memilih dari tiga format rekaman, termasuk 4 channel 24-bit. Rekaman audio digital juga dapat dilakukan dengan menempelkan mikrofon digital seperti ECM-B1M bahkan saat pegangan tidak digunakan.

Gambar konektor XLR pada pegangan kamera
Gambar dua slot media
Dua slot media kecepatan tinggi 

Kartu CFexpress Type A mendukung perekaman kecepatan bit tinggi untuk pembuatan film generasi berikutnya. Slot kamera kompatibel dengan CFexpress Type A dan kartu SDXC UHS-I dan UHS-II konvensional. Dengan dua slot media yang identik, Anda dapat melakukan relai atau pencadangan rekaman.

Kontrol kamera jarak jauh dan transfer jaringan

Koneksi jaringan via Wi-Fi® atau berkabel dengan konektor USB type C memberi dukungan kontrol jarak jauh dari smartphone atau tablet, dengan pemasangan NFC One-touch atau manual. Rekaman jarak jauh bisa dikontrol dari PC dengan aplikasi Imaging Edge Desktop™ Sony, atau dari perangkat seluler dengan Imaging Edge Mobile™. File gambar dan rekaman juga dapat ditransfer via FTP kecepatan tinggi. 

Gambar ponsel tersambung melalui jaringan nirkabel
Gambar pengeditan dengan Imaging Edge di PC
Pratinjau, perekaman, dan streaming jarak jauh

Merekam jarak jauh berkabel atau nirkabel tersedia dari PC atau perangkat seluler yang menginstal Imaging Edge Mobile. Alur kerja dan pengambilan gambar jadi lebih efisien. Komunikasi video online dengan gambar berkualitas berkat Imaging Edge Webcam™. 

Spesifikasi & Fitur

Kamera FX3 Cinema Line menawarkan sensitivitas tinggi dan ekspresi sinematik full-frame dalam desain yang sangat ringkas. Dengan peningkatan mobilitas untuk pengambilan gambar solo yang praktis, ditambah pengoperasian kelas profesional, kamera ini adalah alat kreatif yang tepat untuk menangkap visi sinematik di mana saja.
  • Performa full-frame dengan sensitivitas tinggi dan rentang dinamis lebar

  • Mesin pemroses gambar BIONZ XR performa tinggi

  • Perekaman tingkat kecepatan per frame tinggi 120fps 4K(QFHD)

  • Keahlian warna sinematik dengan S-Cinetone™

  • Mobilitas yang disempurnakan untuk pengoperasian tunggal

TIPE SENSOR
Full frame 35mm (35,6 x 23,8 mm), sensor CMOS Exmor R
Piksel
Sekitar 10,2 megapiksel (efektif) untuk film, Sekitar 12,1 megapiksel (efektif) untuk Gambar diam, Sekitar 12,9 megapiksel (total)
SENSITIVITAS
[Film] Setara ISO 80-102400 (Angka ISO hingga ISO 409600 dapat disetel sebagai rentang ISO diperluas.), OTOMATIS (ISO 80-12800, batas bawah dan batas atas dapat dipilih), [Gambar diam] ISO 80-102400 (Angka ISO dari ISO 40 hingga ISO 409600 dapat disetel sebagai rentang ISO diperluas.), OTOMATIS (ISO 80-12800, batas bawah dan batas atas dapat dipilih)
TIPE MEDIA
CFexpress Tipe A/Kartu SD (x2), Simultan Perekaman Simultan, Alihkan Media Otomatis, Salin
LCD
7,5 cm (tipe 3.0) tipe TFT, sekitar 1,44 juta titik, Sudut Bukaan: Sekitar 176 derajat, Sudut Rotasi: Sekitar 270 derajat
Sony berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan produk, layanan, dan konten yang memberikan pengalaman seru, tetapi juga bekerja keras untuk mencapai footprint lingkungan nol melalui kegiatan bisnis kami. Pelajari selengkapnya tentang Sony dan Lingkungan

Ulasan

Kata Pengguna