Kemasan daur ulang baru untuk aibo

Kemasan baru yang revolusioner telah lahir. aibo tiba terbungkus rapat, dan terlindungi dari kerusakan, dalam kemasan flanel yang dihasilkan dari 50% botol plastik PET (polietilen tereftalat) daur ulang.

Mengurangi, Memakai kembali, dan Mendaur ulang - prinsip desain Sony eco

Sejalan dengan rencana lingkungan global "Road to Zero", Sony terus bekerja untuk mengurangi konsumsi, dan meningkatkan penggunaan ulang dan pendaurulangan bahan, di seluruh produk serta kegiatan bisnisnya.

Melindungi barang berharga

Kemasan daur ulang aibo membungkus dan melindungi aibo hingga sampai ke tangan keluarga barunya. Kemasan ini diproduksi dari flanel dari botol plastik daur ulang, dan dibentuk agar pas dengan aibo atau produk lain.

Gambar Kemasan berkelanjutan pemenang penghargaan

Kemasan berkelanjutan pemenang penghargaan

Menerima penghargaan Federasi Kemasan Asia AsiaStar yang bergengsi    

Federasi Kemasan Asia telah memberi penghargaan bergengsi AsiaStar 2018 dalam kategori Eco-Package (Kemasan Lingkungan Berkelanjutan) pada kemasan aibo buatan Sony. Penghargaan ini mengakui kemasan yang "dirancang dengan pertimbangan khusus pada pengaruh lingkungan dari kemasan dan produk selama seluruh siklus hidupnya."

Cara kemasan dibuat

Dari botol plastik hingga jadi kemasan baru aibo

Botol plastik [1] dikumpulkan, [2-3] dihancurkan, [4] ditambahkan 50-50 ke "wol" polietilena tereftalat baru dan dijalin menjadi lembaran flanel setebal 3mm yang [5] dibuat dalam bentuk roll dan [6] dicetak menjadi [7] kemasan baru untuk aibo.

Mendesain kemasan khas untuk produk yang istimewa

Tantangan yang memerlukan desain dan teknologi

Desainer dan insinyur bekerja sama untuk mewujudkan sasaran lingkungan dan konsep bangunnya aibo dari dalam kemasan pelindung, dengan mempertimbangkan desain, biaya, dan ketahanan goresan. Proporsi bahan daur ulang yang tinggi juga memberikan tantangannya sendiri.

Mendorong daur ulang melalui inovasi

Meningkatkan proporsi bahan daur ulang dalam tekstil dapat mengurangi ‘kekuatan jalinan’, yang dapat menyebabkan masalah kekuatan dan retensi bentuk, sehingga biasanya bahan daur ulang harus dicampur dengan banyak material baru. Untuk kemasan aibo, kami memilih flanel menggunakan proses khususu agar jumlah botol plastik berhasil ditingkatkan hingga 50%. Sangat mengesankan.

Struktur tunggal terintegrasi

Kemasan aibo dibuat dari flanel PET cetak untuk yang lembut dan menahan benturan. Kemasan ini unik karena menggunakan 50% bahan daur ulang dan struktur inovatif tiga lapis dengan interior berongga, menyediakan kemasan lembut peredam kejut dan kemasan luar yang kuat.

Hemat material, memberi kesan pertama istimewa

Produk yang dikirim di dalam kardus biasanya harus dilindungi lagi dari air dan debu dengan kemasan dan pembungkus tambahan. Serat pada kemasan flanel mampu menahan kotoran dari luar sehingga tidak perlu perlindungan tambahan, artinya lebih sedikit kemasan yang dipakai dan kesan pertama yang sangat baik saat pertama kali bertemu aibo.

Tidak memerlukan tinta

Karena nama aibo dicetak timbul (emboss) pada kemasan, berbagai bahan kimia dan produk berminyak yang berkaitan dengan tinta tidak diperlukan, ini membantu mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Motohiro Sato

Departemen Desain dan Rekayasa Kemasan

Divisi Desain Produksi
Sony Global Manufacturing & Operations Corporation

Foto Motohiro Sato

Kami mulai mendesain kemasan aibo dengan target menggunakan "50% botol PET yang didaur ulang," dan tantangannya kali ini adalah mencapai angka ini dari target 30% yang dicapai tahun sebelumnya.
Kami terus mengejar "rasa material yang baik" dan harapan untuk menyampaikan "sensasi aibo sedang tidur" membuat bentuk flanel menjadi kompleks, dan lebih sulit untuk didesain dan dibuat, tetapi kami ternyata mampu mengatasi masalah ini dan mencapai targetnya.
Kami akan tetap meminimalkan dampak lingkungan dari bahan kemasan, dan bertujuan lebih meningkatkan proporsi material botol plastik daur ulang yang digunakan.

Foto Kenichi Hirose

Kenichi Hirose

Desainer Grafis

Pusat Kreatif
Sony Corporation

Pada tahun 2014 kami ingin membuat kemasan gaya baru, maka kami mulai mengembangkan kemasan flanel. Pertama, kami harus mengenali unsur flanel kami, jadi kami membuat serangkaian prototipe dengan berbagai proporsi campuran bahan, metode produksi material, dsb. Kemudian kami mencoba memproduksi kemasan flanel menggunakan material PET yang didaur ulang dari botol plastik biasa.
Dengan kemasan ini, dari pertama kali pelanggan melihat aibo, kami membungkus keseluruhan badan aibo dengan bahan yang kuat namun lembut. Kemasan ini membungkus dan melindungi aibo dengan baik.
Ke depannya, kami akan memproduksi kemasan yang lebih canggih lagi, yang bertujuan menggunakan 100% bahan daur ulang. Mudah-mudahan, gaya kemasan ini akan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan.

aibo

lepaskan keajaiban