Pertama kali KODALINE mendengarkan 360 Reality Audio

Kami berbincang dengan KODALINE tentang proses penulisan lagu mereka, pengalaman pertama mereka dengan 360 Reality Audio, dan potensinya dalam mengubah cara artis memproduksi musik.

Bekerja sama dengan LIVE NATION

KODALINE-grup

KODALINE

Kiri-kanan: Jason Boland / Steve Garrigan / Vincent May / Mark Prendergast

Kwartet musik rock modern Kodaline asal Dublin, Irlandia memiliki kekhasan berupa musik rock dengan gitar radio-ready yang keras, yang mirip dengan Coldplay, Keane, U2, dan Oasis. 

Di akhir tahun 2012, band ini terpilih untuk BBC's Sound of 2013, tetapi kalah dari HAIM saat mencapai puncak teratas. Kodaline merilis album debut mereka, In a Perfect World, pada Juni 2013, didahului single “High Hopes” dan “Love Like This”. 

Dibentuk di kota para pekerja, Swords, dengan talenta Steve Garrigan, Vinnie May Jr., Jason Boland, dan Mark Prendergast, band ini merilis EP eponim tahun 2012, dengan rencana untuk mengeluarkan album penuh di tahun berikutnya. 

Album itu sukses besar di Irlandia, meraih platinum dua kali, dan cukup laris juga di Inggris (menempati peringkat tiga dan meraih emas) serta di beberapa bagian Eropa. Album kedua Kodaline, Coming Up for Air, menyusul di awal tahun 2015. 

Album ini menempati peringkat empat di Inggris, dan melahirkan single "The One" dan "Honest". Di musim panas 2017, Kodaline hadir kembali dengan single "Brother" dan I Wouldn't Be EP. Tahun berikutnya, mereka mengeluarkan single "Follow Your Fire", yang terdapat dalam album lengkap ketiga mereka Politics of Living, yang condong ke arah pop.

“Musik adalah gambaran perasaan melalui suara.”

- LIVE NATION

Terima kasih sudah hadir di sini. Tolong ceritakan awal mula Kodaline? Kapan kalian tahu kalian ingin berkarier di bidang musik?

STEVE GARRIGAN

Kami, saya dan Mark, mulai bermain bersama ketika remaja. Kami hanya memainkan lagu orang lain. Tapi kami merasa antusias, mulai menulis lagu dan memainkannya di depan banyak orang. Siapa pun yang mendengarkan—meski sebagian besar orang tidak ingin mendengarnya saat itu. Sulit juga waktu itu. [Tertawa] Tapi kami jatuh cinta dengan musik, menulis, merekam, dan tampil. Dan kami beruntung karena sekarang bisa berkeliling dunia dan melakukan pertunjukan di mana-mana, sangat menyenangkan.

- LIVE NATION

Bisa Anda ceritakan sedikit tentang bagaimana Anda dapat mempertahankannya?

MARK PRENDERGAST

Kami menulis beberapa lagu dan menaruh kepercayaan besar pada lagu-lagu itu. Kami berkata pada diri sendiri, orang lain harus mendengar lagu-lagu ini. Kami ingin memperdengarkan lagu ini. Dan selama bertahun-tahun, sebagai musisi, ketika Anda memberi tahu orang bahwa Anda adalah musisi dan ingin bermusik, mereka tidak benar-benar mempercayai Anda pada awalnya. Jadi, pada awalnya terlihat tidak realistis, sampai semuanya mulai terjadi. Dan ketika benar-benar terjadi dan kami mulai merilis musik dan orang mulai mendatangi tempat pertunjukan kami, saat itulah kami menyadari bahwa kami dapat melakukan ini selamanya—jika mereka menginginkannya.

STEVE

Perasaan paling hebat dan paling aneh adalah mendengar orang menyanyikan musik Anda untuk Anda. Dan dalam suasana live, rasanya menakjubkan.

- LIVE NATION

Pasti rasanya menyenangkan sekali sekarang, karena punya banyak penggemar!

VINCENT MAY

[Kami beranjak dari] bermain di kelab kecil, dengan seratus orang di sana, atau kurang. Jadi, sekarang ini kami seolah merasakan kemewahan dengan tampil di ruangan dengan beberapa ribu orang di dalamnya. Kami tak pernah mengabaikan itu.

- LIVE NATION

Dalam semangat itu, apa arti membuat musik bagi Anda saat ini?

VINCENT

Menurut saya, ini segalanya.

STEVE

Itu sangat berarti. Ini adalah gairah hidup kami. Saya tak bisa membayangkan dunia tanpa musik.

VINCENT

Rasanya kami tidak dapat membayangkan melakukan pekerjaan lain selain ini. Ini pekerjaan terbaik di seluruh dunia. [Tertawa]

STEVE

Juga ada ungkapan keren. Tapi sedikit, hmm, entahlah...

MARK

Lanjutkan...

STEVE

“Musik adalah gambaran perasaan melalui suara.” Saya sungguh meyakininya. Lihat, dia akan menertawakan saya.

VINCENT

Tidak, itu keren.

STEVE

Kadang-kadang Anda dapat menangkap emosi dalam sebuah lagu yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Muncul begitu saja.

MARK

Punya kemampuan menuliskan lagu tentang sesuatu yang benar-benar memengaruhi saya—ketika melalui masa sulit atau momen menggembirakan—sering kali semua itu berakhir ke dalam musik kami. Anda tahu, kami tidak akan melakukan tur kecuali kami menulis musik. Jadi, membuat musik adalah segalanya. Dari sinilah semuanya bermula.

kodaline-play-1
kodaline-play-2

“Musik mempunyai makna berlainan bagi setiap orang. Namun yang terbaik adalah ketika Anda mengumpulkan semua orang itu dan mereka menyanyikannya untuk Anda.”

- LIVE NATION

Bagaimana perasaan yang Anda curahkan ke dalam musik bisa dihadirkan ketika tampil live?

MARK

Di konser terakhir kami, ada seorang gadis di baris depan yang meneteskan air mata. Namun ia terlihat sepenuhnya bahagia. Tentunya banyak lagu yang sangat berarti baginya, namun orang yang di sampingnya tertawa dan bertepuk tangan dan sangat menikmati momen itu. Jadi, musik mempunyai makna berlainan bagi setiap orang. Namun yang terbaik adalah ketika Anda mengumpulkan semua orang itu dan mereka menyanyikannya kembali untuk Anda.

STEVE

Rasanya sangat menyenangkan.

- LIVE NATION

Seberapa penting penggemar bagi Anda?

STEVE

Di setiap pertunjukan kami, di bagian akhir saya mengatakan, terima kasih atas kehadiran kalian. Tanpa penggemar, kami tidak dapat melakukan yang kami lakukan. Kami bisa menulis lagu, tapi tidak ada yang mendengarkannya. Kami bisa tampil tapi tidak ada penonton. [Tertawa] Kami bukan apa-apa tanpa penggemar, jadi kami sangat menghargai mereka.

JASON BOLAND

Kami beruntung mereka sangat mendukung kami. Kami telah melewati banyak perubahan dalam karier kami. Kami mengubah gaya dan kami sedikit mengubah arah, lalu menjauh sebentar. Dan setiap kali kami kembali, mereka selalu ada, siap menyapa kembali dan datang untuk melihat kami tampil live.

- LIVE NATION

Kalian masih ingin bermain di pertunjukan kecil dari waktu ke waktu. Itu seperti cara kalian menghormati penggemar, masuk ke kelab kecil dan bertatap muka dengan orang-orang. Bisa diceritakan sedikit tentang pengalaman itu?

STEVE

Seperti yang dikatakan Mark sebelumnya tentang air mata yang mengalir di wajah penggemar, sementara penggemar yang lain tertawa. Itu bisa terjadi di sebuah kelab kecil, namun di tempat yang lebih besar, hal seperti itu bisa tak terlihat. Jadi, saya kira ada yang ekstra spesial tentang hal itu, rasanya lebih terhubung dengan penggemar.

MARK

Dan kadang, jika Anda bermain di kelab—misalnya kelab kecil dengan 200 penggemar—suara bisa terdengar lebih lantang daripada ketika Anda bermain di depan ribuan orang, karena jarak penonton selalu jauh. Jika Anda di kelab, ada jauh lebih banyak energi yang terkurung di ruang yang kecil. Jadi, bahkan selama musim panas [yang lalu], kami bermain di festival-festival besar di mana-mana, lalu kami berkeliling dan bermain di pertunjukan akustik di kelab, dan saya rasa kami mendapatkan hal yang sama dengan pertunjukan besar. Senang bisa melakukan kedua jenis pertunjukan ini.

- LIVE NATION

Mari bicara tentang album terbaru kalian, Politics of Living. Kalian sedikit menyimpang pada album ini, dalam hal suara, dalam hal penulisan lagu. Bisa dijelaskan sedikit mengapa kalian ingin bereksplorasi dalam album ini—bekerja sama dengan produser berbeda, bermain dengan suara berbeda di studio?

STEVE

Hal utama yang kami ingin lakukan saat memulai album ini adalah keluar dari zona nyaman. Dan zona nyaman kami sebagai band adalah musik balada pelan dan ini cukup banyak dipereteli dalam hal produksi. Kami berkesempatan bekerja dengan banyak orang keren dan setiap produser menghadirkan sesuatu, misalnya memperkenalkan kami pada dunia suara yang benar-benar berbeda. Ada banyak lagu yang kami buang, tapi sangat menyenangkan bereksperimen dengan lagu-lagu itu. Kami belajar banyak.

Biasanya saya langsung bermain di piano ketika akan menulis lagu, atau mengambil gitar dan menyanyikan melodi, atau apa saja. Sementara salah satu produser kami duduk di depan laptop, lalu merangkum semua suara yang menjadi titik awal proses penulisan lagu. Keduanya bekerja dengan cara yang sangat berbeda. Namun cara ini menarik, dan saya sangat bangga dengan pencapaian kami lewat album ini. Cuma itu yang kami lakukan—keluar dari zona nyaman dan bereksperimen. Dan kami menemukan suara-suara yang tidak kami kenal. Prosesnya seru. Dan keren.

JASON

Di album Politics of Living, kami sekadar ingin sedikit keluar dari kebiasaan. Dan kami mendapat peluang hebat untuk bekerja bersama beberapa produser baru yang benar-benar mendorong kami ke beberapa arah berbeda.

MARK

Tetap saja, suara favorit saya dari album ini ada di dalam lagu yang berjudul “I Wouldn't Be”, dan hanya ada suara kami berempat, tak ada yang lain. Dan ketika pertama kali mendengarkannya kembali di studio, saya pikir terdengar begitu apik karena tidak ada trik. Steve masuk dan menyanyikan bagiannya. Lalu kami masuk dan menyanyikan bagian kami masing-masing. Mendengarkan suara kami berempat lagi tanpa suara lain di dalamnya terasa sangat menguatkan. Sangat menyenangkan didengar.

- LIVE NATION

Tentang eksplorasi suara, apa pendapat Anda tentang teknologi baru Sony, 360 Reality Audio? Ini memampukan Anda menempatkan pendengar tepat di pusat musik dan mengalirkan suara ke sekeliling mereka. Menurut Anda, mampukah teknologi ini membantu Anda menyampaikan pesan lewat musik yang mungkin sejauh ini belum bisa Anda lakukan?

STEVE

Saya terkagum-kagum.

VINCENT

Ini merupakan cara baru untuk melakukannya. Tapi ini juga seperti ketika mereka pertama kali menggunakan perekaman multi-track atau menggunakan misalnya...

STEVE

Overdub.

VINCENT

Overdubbing! Ini seperti memperluas cakrawala. Ini cara yang benar-benar baru...

STEVE

... mendengarkan musik. Secara potensi, ini cara yang benar-benar baru dalam menciptakan musik.

VINCENT

Ya, teknologi ini berpotensi mengubah cara orang menulis musik atau melakukan mixing musik, dan bagaimana para pengguna akhir menikmati semuanya. Ini berpotensi mengubah hidup.

- LIVE NATION

Apa yang pengaruh suara yang tepat di waktu yang tepat bagi sebuah lagu ketika Anda sedang rekaman?

STEVE

Suara yang tepat di saat yang tepat dapat menyempurnakan sebuah lagu. Seratus persen. Dari kehadiran yang kurang terasa, seperti biasa-biasa saja, lalu tiba-tiba suara yang pas hadir dan rasanya, “Wow, luar biasa, ini dia. Sudah, biarkan.” Biarkan sampai selesai.

JASON

Seperti menemukan anak kunci untuk gembok yang telah Anda coba [buka].

STEVE

Atau keping terakhir dari sebuah jigsaw puzzle. Seperti itu. Suara yang tepat memang sangat penting.

- LIVE NATION

Setelah merekam sebuah lagu, efek apa yang dapat ditimbulkan oleh mixing yang tepat bagi pendengar?

MARK

Mix yang tepat sangat penting. Kami mendapatkan kembali lagu-lagu yang memerlukan waktu berminggu-minggu di studio, dan kami sangat menyukainya. [Lalu] saat menerima mix di email dan rasanya seperti, oh Tuhan, ini dia. Lalu saat menekan tombol play, langsung ketahuan ada yang tidak beres: esensi yang tepat dari lagu itu tidak muncul. Tapi, kita bisa juga mendapatkan mix yang tepat dari lagu yang mungkin awalnya tidak diyakini. Lalu tiba-tiba hasil mix terdengar dan yang ada di pikiran teknisi mixing saat mereka mendengarkan lagu Anda bisa Anda dengar. Dan itu bisa mengubah pikiran Anda. Lalu orang lain juga akan mendengarnya seperti itu.

STEVE 

[Mixing] bisa menentukan berhasil atau tidaknya sebuah lagu. Bisa jadi mixing merupakan salah satu hal terpenting.

MARK

Saya tidak iri pada orang yang harus melakukan mixing suara, bahkan suara live. Pasti sulit. Ini pendapat satu orang, seolah mereka harus mengatakan, nah, menurut saya beginilah suara yang pas untuk semua orang. Anda tahu, teknisi mixing yang baik adalah—setelah menemukan orang yang tepat, Anda tidak akan melepaskannya.

VINCENT

Ya.

kodaline-play-3
kodaline-play-4

“[360 Reality Audio] membawa Anda ke suatu tempat. Seperti dibawa ke luar dari ruangan ini, ke tempat musik dimainkan.”

- LIVE NATION

Sekarang kalian berkesempatan menikmati headphone 360 Reality Audio Sony, bagaimana menurut kalian?

STEVE

Tidak seperti yang pernah saya rasakan sebelumnya. Saya mencoba menuangkannya dalam kata-kata. Rasanya seperti berada di tengah pertunjukan.

VINCENT

Saya merasa seperti duduk di atas panggung drum dan memainkannya—seperti itu definisinya. Nada rendahnya menakjubkan. Rasanya seperti di atas panggung drum memainkan musik.

STEVE

Rasanya cukup menakjubkan. Maksud saya...

MARK

Ini pengalaman yang benar-benar baru.

JASON

Saya sangat memikirkan tentang suasana di ruangan itu. Sekarang Anda dapat merasakan seperti apa ruangan tersebut di malam itu.

STEVE

Rasanya seperti dibawa ke suatu tempat. Seperti dibawa keluar dari ruangan ini, ke tempat musik dimainkan.

- LIVE NATION

Bagaimana perasaan Anda ketika mendengarkan suara Anda sendiri dengan Sony 360RA?

MARK

Sangat menantikan masa depan. Saya tak sabar ingin menyaksikan perkembangannya dan bagaimana musik akan dirilis. Jika musik dirilis dalam format yang dapat kita dengarkan seperti ini, rasanya teknologi ini akan membawa perubahan besar.

VINCENT

Fakta bahwa kita membahasnya sebagai format [membuat saya] membayangkan sedang mendengar lagu klasik yang di-mix seperti itu, seperti lagu-lagu Led Zeppelin atau Beatles.

STEVE

Bayangkan mendengarkan pertunjukan live!

- LIVE NATION

Apakah Anda punya momen favorit? Sesuatu yang muncul dengan cara yang belum pernah Anda dengar sebelumnya?

JASON

Menurut saya di bagian intro. Sebab kami bisa mendengar penonton berteriak kepada kami setiap malam dan itu perasaan terbaik di dunia, seperti yang dikatakan Steve tadi. Tapi sekarang saya pikir semua orang dapat mengalami apa yang kami dengar ketika berada di atas panggung.

MARK

Terasa [begitu] nyata. Kami baru saja menyelesaikan tur, namun ini rasanya seperti kembali melakukan tur. Bagi orang yang mungkin belum pernah merasakan tampil di ruang besar yang penuh orang, saya rasa ini yang paling mendekati.

- LIVE NATION

Apakah Anda senang jika para penggemar dapat menikmati pengalaman itu?

STEVE

Tentu saja. Saya kira orang akan tercengang—dalam arti positif.

VINCENT

Sebab kami dibuat kagum dan kami harus mengalami hal seperti itu, sehingga seperti yang sudah dikatakan, jika pendengar atau penggemar dapat mengalaminya, itu sangat unik.

- LIVE NATION

Ini pertanyaan sulit: Bagaimana Anda menggambarkan pengalaman 360 Reality Audio dalam satu kata?

JASON

Menghanyutkan.

STEVE

Kata yang bagus. Menghanyutkan itu bagus.

VINCENT

Ya. Mengagumkan.

STEVE

Nyata.

JASON

Menghanyutkan. Anda seolah ada di sana.

MARK

Jelas.

kodaline-listening-1
kodaline-listening-2

“Menurut saya [360 Reality Audio] adalah pendekatan yang benar-benar baru dalam pembuatan dan perekaman musik.”

- LIVE NATION

Setelah mengetahui 360 Reality Audio dari Sony, mungkinkah teknologi ini memberi Anda inspirasi untuk menciptakan musik dengan cara berbeda?

STEVE

Menurut saya ini adalah pendekatan yang benar-benar baru dalam pembuatan dan perekaman musik.

MARK

Saya kira ini dimulai ketika Anda berada di studio dan memainkan musik, bergeser ke kiri dan kanan. Namun ketika [dalam 360 Reality Audio], Anda dapat bergerak ke mana saja.

STEVE

Pengalaman seperti itu cukup mencengangkan.

JASON

Kami telah mencoba merekam beberapa pertunjukan live dalam [video] 360 dan pengalaman yang kami rasakan tidak akan terwakili dengan video saja. Namun sepertinya live show dalam format 360 dengan audio [yang sepadan] akan menjadi pengalaman yang benar-benar baru.

STEVE

Ya, ini masa depan.

- LIVE NATION

Menurut Anda, apa manfaatnya bagi para penggemar?

VINCENT

Menurut saya, keuntungannya adalah orang akan [makin] bisa mendengar apa yang kami dengar di panggung setiap malam, dan ini luar biasa. Misalnya, jika kami tidak dapat menghadirkan kerumunan penonton...

MARK

Anda bisa mencoba...

VINCENT

... Ini hal terindah berikutnya.

MARK

Ini lebih merupakan sebuah perasaan daripada hal lain. Ketika [headphone] saya kenakan, butuh beberapa saat; sulit menjelaskan seperti apa rasanya.

STEVE

Sulit untuk menuangkannya dalam kata-kata. Tapi bagi penggemar—penggemar yang mungkin belum pernah melihat kami tampil live—rasanya seolah hadir di sana. Jadi, cukup luar biasa.

VINCENT

Tetap datang ke tempat pertunjukan.

JASON

Ya.

STEVE

Ya.

JASON

Hampir sebagus live.

MARK

Ini hampir sebagus live. Jangan buat kami harus gulung tikar. [Tertawa]

- LIVE NATION

Anda juga harus melewati proses pengukuran telinga untuk mengoptimalkan pengalaman 360 Reality Audio. Apa pendapat Anda tentang bagaimana Sony dapat memilah pengalaman yang sesuai untuk setiap pendengar?

JASON

Saya pikir ada teknologi luar biasa di balik produk ini. Misalnya, mereka melakukan lompatan menuju sesuatu yang dulu saya pikir mustahil. Kemampuan mereka memetakan kondisi kepala ketika ada di sebuah ruang dan membuatnya berbeda untuk setiap orang. Misalnya, Steve tentu mendengar permainan musik yang berbeda dengan yang saya dengar secara live, sebab saya sedikit lebih tinggi. Namun menghadirkan itu semua dalam sebuah headphone, sungguh mencengangkan.

VINCENT

Ya. Gila juga hal ini terjadi dan terjadinya sedemikian cepat. Jadi, seandainya ini merupakan setelan sebuah aplikasi, akan sangat menarik jika dapat disesuaikan menurut kebutuhan orang-orang secara individual.

MARK

Terasa sangat futuristik ketika berlangsung. Dan rasanya benar-benar baru dan segar. Saya sangat menikmatinya.

STEVE

Sulit dikatakan, tapi saya sangat setuju dengan yang dikatakan teman-teman lainnya. Masa depan terlihat keren.

KODALINE-Vincent
KODALINE-Steve
360-reality-audio

Temukan informasi selengkapnya tentang 360 Reality Audio dan teknologi di balik konsep audio inovatif ini.

WH-1000XM3

Dengarkan dengan noise cancelling headphone WH-1000XM3 untuk pengalaman lengkap 360 Reality Audio.