Kemasan ramah lingkungan

Sebagai bagian dari upaya untuk menghemat sumber daya, Sony berusaha untuk mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam kemasan headphone secara signifikan. 

Inisiatif 1

Dari kemasan plastik ke kertas
Mengurangi konten plastik sebesar 90%

Sebagai bagian dari upaya pembaruan kami yang beragam, kami mengubah kemasan luar berbagai model yang ada dari plastik ke kertas. Khususnya, kemasan luar MDR- EX15AP telah didesain ulang untuk mengurangi total penggunaan plastik dari sekitar 96% menjadi kurang dari 5%.

Ilustrasi menjelaskan perbandingan penggunaan plastik
Perbandingan tingkat penggunaan plastik

[1]  Sebelum pembaruan  [2]  Setelah pembaruan

Gambar dua kemasan produk; sebelum pembaruan dan setelah pembaruan
Tampilan keseluruhan kemasan MDR-EX15AP

[1] Sebelum pembaruan  [2] Setelah pembaruan

Lebih sedikit plastik, mudah didaur ulang

Desain karton individual sebelumnya menggunakan laminasi PP (plastik) yang tidak dapat didaur ulang. Laminasi ini telah diganti dengan pernis tahan abrasi sehingga karton bisa didaur ulang. 

[1]  Proses laminasi PP di permukaan kertas
[2]  Pengaplikasian pernis UV dengan teknologi cetak

Ilustrasi

Inisiatif 2

Kemasan minim plastik

Keberlanjutan adalah salah satu tema desain produk untuk WF-1000XM4. Desain ini telah mencapai pengurangan kemasan plastik secara signifikan yang pertama di seri hadphone kami. Kantong polietilena, baki earpiece dan kabel diganti dengan kertas, menandakan penggunaan pertama baki kertas di seri headphone. EVA tahan goresan dan lembar insulasi yang sebelumnya terbuat dari plastik juga telah diganti dengan bahan kertas.

Bahan Campuran Asli Sony

Kemasan kertas campuran kami yang inovatif didesain untuk kelestarian lingkungan, dari produksi hingga daur ulang. Kemasan WF-1000XM4 seluruhnya dibuat menggunakan Bahan Campuran Asli Sony, kecuali labelnya.

Ilustrasi peta sumber daya bahan
Sumber dan produksi

Dibuat dari kertas daur ulang dan hutan yang lestari

Gambar bahan kertas
Bahan

Komponen kemasan yang beragam semuanya dibuat menggunakan bahan campuran, sehingga mudah didaur ulang

Keita Sakane

Electrical Manager

Mobile Product Business Division,
Home Entertainment & Sound Products Business Group
Sony Corporation

Potret electrical manager

Tiga tahun yang lalu, ketika saya bertanggung jawab atas model ini, saya khawatir akan “dead space” dalam kemasan dan tebalnya buku petunjuk penggunaan. Saya ingin memperbaikinya. Dari riset pasar di New York, kami memahami bahwa informasi sederhana tentang kemasan akan membantu pelanggan menghargai kualitas produk. Selain itu, pelanggan mengatakan bahwa mereka ingin membeli produk dengan kebijakan desain yang sadar lingkungan. Ini pun menjadi motivasi utama kami.

Tim mempertimbangkan pengurangan “dead space” kosong dalam kemasan, dan ekspresi yang digunakan dalam petunjuk penggunaan. Penggunaan bahan ramah lingkungan memiliki kendala biaya, tetapi kami dapat mengatasi hal ini dengan mengurangi ukuran produk dan mengurangi area bahan kemasan. Saya rasa pengurangan ukuran juga akan mengurangi dampak lingkungan pada saat pengiriman.
Saya bangga kami mampu menciptakan produk yang tidak hanya memuaskan pelanggan, tetapi juga ramah lingkungan. Saya berterima kasih kepada semua orang yang terlibat atas kerja sama mereka selama pandemi virus corona.

Potret mechanical manager
Katsuro Hashimoto

Mechanical Manager

Mobile Product Business Division,
Home Entertainment & Sound Products Business Group
Sony Corporation

Saya sudah mengerjakan banyak kemasan headphone Sony, tapi “kemasan 100% bebas plastik” WF-1000XM4 merupakan langkah pelestarian lingkungan pertama Sony dan bahkan yang terdepan dalam industri.
Sampai saat ini kemasan plastik dianggap lazim, tetapi aturan dalam inisiatif ini adalah kemasan harus 100% bebas plastik, menjadikan desainnya jauh lebih sulit.
Dengan membahwa berbagai ide, memecahkan satu per satu masalah yang muncul, akhirnya kami dapat membuat kemasan yang sama sekali tidak mengggunakan plastik.
Kami ingin terus menciptakan kemasan yang ramah lingkungan di masa mendatang.