Membantu kurangi footprint pabrik kami

Di Jepang dan seluruh dunia, dengan mempertimbangkan lingkungan, Sony telah meluncurkan inisiatif yang menyikapi cara produk kami berperforma, dan berbagai cara produksinya.

Operasi pabrik yang tetap mempertimbangkan lingkungan

Sony berfokus pada mengurangi footprint lingkungan kami dimulai sejak produk kami dilahirkan. Misalnya, produksi sensor gambar CMOS memerlukan pengondisian udara ruang bersih yang ekstrem. Kami mengambil langkah untuk memastikan ruang tersebut efisien energi sambil mempertahankan tingkat kualitas ruang kerja yang diperlukan untuk memproduksi salah satu produk teknik tinggi kami.

Sensor gambar CMOS baru dibuat di ruang bersih hemat energi

Sensor gambar CMOS baru dibuat di ruang bersih hemat energi

Memberi daya ruang bersih manufaktur presisi dengan efisiensi energi

Sensor gambar CMOS merupakan mata elektronik smartphone dan kamera digital. Setiap Xperia™ dan perangkat lain mulai dari kamera hingga mobil memilikinya. Semikonduktor terbaru, seperti sensor gambar CMOS, tidak dapat dibuat tanpa ruang bersih, dan perlu banyak energi untuk mempertahankan suhu, kelembapan, dan kebersihan yang diperlukan.

Semuanya berkontribusi pada lingkungan

Memberdayakan karyawan pabrik untuk solusi tempat kerja ramah lingkungan

Untuk mempertahankan kondisi ruang bersih tingkat tinggi yang diperlukan untuk pemrosesan semikonduktor, penting untuk memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan pemangku kepentingan internal. Mereka adalah kunci usaha peningkatan yang dapat mengurangi dampak lingkungan sembari mempertahankan standar ruang bersih untuk hasil kualitas produk dan produksi tinggi.

Semuanya berkontribusi pada lingkungan

Kasus 1: Pabrik Nagasaki

Penggunaan efektif panas buangan

Melakukan lebih banyak hal dengan energi yang sudah dimiliki

Mendaur ulang panas berlebih untuk mengurangi konsumsi energi total

Kami berfokus pada sistem pengondisian udara di Nagasaki Technology Center untuk memotong penggunaan energi. Dalam produksi semikonduktor, penting untuk menjaga ruang bersih dalam rentang suhu dan kelembapan tertentu. Untuk melakukannya, suhu udara yang diambil dari luar disesuaikan dengan pendinginan atau pemanasan.

Energi dari pemanasan uap pabrik ini sebelumnya berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Dengan menggantinya menggunakan panas yang dikeluarkan oleh peralatan yang beroperasi di pabrik, kami telah meningkatkan efisiensi energi kami sebesar kurang lebih 2,1 kali.

[1] Aliran udara dari pengondisian udara pabrik [2] Perlengkapan pendingin [3] Boiler [4] Pabrik fabrikasi semikonduktor

Sebelum

Dalam sistem sebelumnya, boiler memasok udara untuk dicampur dengan udara yang didinginkan untuk kontrol suhu yang tepat pada udara ruang bersih. Agar suhu ruangan tetap konsisten, diperlukan pendinginan mesin ruang bersih dengan udara yang didinginkan yang dibuang ke luar ruang bersih sebagai panas buangan. Energi panas dari pengoperasian mesin tidak dimanfaatkan.

Setelah

Dalam sistem baru, panas buangan mesin ruang bersih menggantikan uap yang dihasilkan boiler untuk kontrol suhu ruang bersih. Dengan menutup lingkaran energi, panas buangan berhasil didaur ulang untuk melakukan kerja produktif di dalam pabrik dan mengurangi konsumsi bahan bakar fosil sekaligus emisi CO2.

Membantu efisiensi energi dan pengurangan emisi CO2

[1] per tahun

Membantu efisiensi energi dan pengurangan emisi CO2

Sistem baru ini mewujudkan dua manfaat lingkungan utama: Meningkatkan efisiensi energi menyeluruh dengan mempergunakan kembali panas buangan; dan mengurangi emisi CO2 dengan menurunkan konsumsi bahan bakar fosil. Sistem baru ini mengurangi emisi CO2 sekitar 52% dari konfigurasi sebelumnya sekitar 9.300 ton menjadi sekitar 4.400 ton.

Langkah penghematan energi kami tidak memengaruhi produksi

Shinnosuke Baba

Sony Semiconductor Manufacturing Corporation
Div Fasilitas

Shinnosuke Baba

Nagasaki Technology Center utamanya memproduksi sensor gambar CMOS semikonduktor untuk kamera yang ada di dalam smartphone. Untuk memberikan produk yang berkualitas tinggi kepada pelanggan di seluruh dunia, Divisi Fasilitas bekerja sepanjang waktu untuk memastikan energi untuk keseluruhan infrastruktur produksi stabil dan digunakan secara efisien.

Kami menantang diri sendiri dengan pertanyaan, "Berapa banyak panas buangan pabrik yang bisa kami gunakan kembali?" Sistem baru ini menangkap dan menggunakan kembali panas buangan yang substansial dari peralatan produksi dan fasilitas utilitas. Dengan menggunakan pengalaman dan analisis data, kami merancang kontrol keseimbangan panas yang lebih baik untuk menerapkan langkah-langkah penghematan energi tanpa memengaruhi produksi. Kami ingin orang-orang berkata bahwa yang kami lakukan ini "hebat dengan cara yang senyap!"

Kasus 2: SDT Thailand

Mengurangi permintaan pengondisian udara

Pengondisian udara yang lebih cerdas dan lebih tertarget

Sony Device Technology (Thailand) Co., Ltd. (SDT) menangani perakitan dan pengiriman semikonduktor. Dengan memetakan ulang aliran udara menggunakan "pengondisian udara parsial" dan menaikkan suhu air yang didinginkan, mereka telah mampu menjalankan ruang bersih dengan energi yang jauh lebih sedikit.

[1] Pabrik pengondisian udara [2] Udara yang didinginkan [3] Udara yang dipanaskan [4] Pabrik fabrikasi

Sebelum

Kipas yang kuat meniupkan udara dingin dari langit-langit, untuk mendinginkan seluruh ruangan dan mesin-mesinnya, dengan panas buangan disedot melalui ventilasi di lantai.

Setelah

Sistem baru ini menggunakan konveksi alami, dengan udara yang didinginkan masuk sejajar lantai, tempat mesin yang menghasilkan panas berada. Udara hangat lalu naik ke langit-langit untuk didaur ulang, menjauhkan partikel debu dari permukaan kerja.

Bagus untuk efisiensi energi, dan bagi Sony

Mengoptimalkan aliran udara untuk efisiensi yang lebih baik

Sistem baru ini telah mengurangi emisi CO2 sekitar 67% dibandingkan sistem sebelumnya, dari sekitar 4.000 ton menjadi sekitar 1.300 ton. Unit HVAC yang baru ini mengontrol aliran udara lebih efisien dengan mengarahkan udara ke mesin produksi. Strategi aliran udara baru ini juga menyingkirkan debu ke langit-langit dan menjauh dari area produksi.

Bagus untuk efisiensi energi, dan bagi Sony

[1] per tahun

Hirotoshi Kikuchi

Menyimulasikan keseimbangan antara energi dan performa ideal

Hirotoshi Kikuchi

Sony Technology (Thailand) Co.,Ltd
KANTOR CWS-Asia Pacific

Manajemen energi di pabrik merupakan pencarian terus-menerus akan cara mempertahankan kualitas produksi, menggunakan lebih sedikit energi serta mengurangi dampak pada lingkungan. Tujuan kami dalam memperkenalkan sistem pengondisian udara berdasar pada konveksi udara alami yang memerlukan putaran simulasi dan analisis data yang berulang. Karena sistem ini sangat berbeda dari sistem pengkondisian udara konvensional, kami juga memerlukan dukungan dari orang-orang dalam proses produksi untuk memastikan tidak ada pengaruh buruk terhadap lingkungan tempat mereka bekerja.

Sistem ini juga dipasang di pabrik perakitan Xperia™ di Thailand (Sony Technology (Thailand) Co., Ltd). Pabrik lain di Asia juga dijadwalkan untuk memperbarui perlengkapan utilitas dalam waktu dekat, dan kali berharap memajukan langkah-langkah penghematan energi kami bersamaan dengan pembaruan ini. Harapan kami adalah mencapai penghematan energi yang jauh lebih besar, dan terus meningkatkan pasokan produk Sony di seluruh dunia dari pabrik yang ramah lingkungan.

PRODUK TERKAIT

Perangkat Seluler, Tablet & Perangkat Pintar

Mobile, Aksesori & Perangkat Pintar

Selengkapnya tentang teknologi Sony

Proyektor untuk generasi berikutnya

Proyektor untuk generasi berikutnya

Berinovasi untuk menghadirkan listrik bagi semua

Berinovasi untuk menghadirkan listrik bagi semua

Penuh dengan ide cemerlang

Penuh dengan ide cemerlang