α7R IV

Pencapaian Lainnya

Ekspresi virtuoso. Kamera mirrorless full-frame α7R IV Sony membuka visi fotografis makin memukau, dengan kecakapan ekspresif (dulu cuma ada di kamera format medium) dan kecepatan amat tinggi dalam bodi ringkas. Ketangguhan dan konektivitas disempurnakannya akan meningkatkan produktivitas Anda.

Makin menginspirasi

Masuki dunia baru ekspresi fotografis dengan kualitas gambar dan kecepatan proses yang tak tertandingi. Pilihan baru berkemampuan tinggi masuk jajaran seri α7R dengan konektivitas makin canggih dan keandalan makin tinggi sesuai kebutuhan profesional.

Gambar pria menoleh dari kamera dengan gumuk pasir berwarna merah di latar belakang
Resolusi dan gradasi menakjubkan
Gambar pria melihat lewat kamera di tripod yang dipasangi lensa super-telefoto
Gesit dan responsif
Gambar fotografer wanita dan model wanita di studio foto
Potret memukau, alur kerja pintar
Tampak belakang kamera, dengan latar belakang interior gereja di luar fokus
Bayangkan yang tak terlihat
Tampak belakang kamera genggam, menampilkan layar menu di monitor kamera
Pengoperasian cerdas dan andal
Gambar pria memakai kamera yang terpasang pada mikrofon eksternal dan monitor eksternal, dengan dedaunan di latar belakang
Rekaman film hebat
Rendering tiada banding
Kehalusan tak terbayangkan

Sensor CMOS Exmor R™ full-frame 61,0 megapiksel bersama mesin pemroses gambar BIONZ X™ menghasilkan resolusi luar biasa, gradasi halus, dan noise rendah yang membuka dimensi detail baru, seperti harapan fotografer profesional. α7R IV menangkap mood dari setiap adegan dan tekstur dari subjek bidikan.

Gambar yang menunjukkan sensor gambar CMOS Exmor R
Sensor CMOS bercahaya belakang full-frame 61,0 MP

Sensor gambar Exmor R CMOS yang baru dikembangkan memiliki resolusi tak tertandingi. Desain bercahaya belakangnya menghasilkan sensitivitas tinggi dan noise yang rendah, meskipun jumlah piksel sebanyak 61,0MP.

Gambar yang menunjukkan mesin pemroses gambar BIONZ X
Mesin pemroses gambar terbaru

Mesin pemroses gambar BIONZ X terbaru bekerja sama dengan front-end LSI untuk memaksimalkan performa sensor resolusi tinggi sekaligus mampu mencapai rentang dinamis hingga 15-stop pada sensitivitas ISO rendah.

Gambar pemandangan kota waktu malam, dengan jembatan warna merah menyala di latar depannya
Rentang lebar ISO standar 100-32000

Walau jumlah piksel ditambah, α7R IV menghasilkan standar tertinggi ISO 32000, dan mengurangi noise pada rentang rendah dan menengah, menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Faktor yang memaksimalkan resolusi memukau

Gambar skema komponen yang memperlihatkan sistem stabilisasi gambar lima axis di dalam bodi kamera
Stabilisasi gambar 5 poros pada bodi

Algoritma penstabil gambar 5-axis in-body dioptimalkan untuk performa sensor gambar resolusi tinggi 61,0 megapiksel maksimal. Sangat mendukung pengambilan gambar genggam andal, dengan efektivitas kecepatan rana lebih tinggi 5.5-stop.

Potret seekor cheetah
Pengambilan gambar sangat hening

Syuting hening tidak hanya bermanfaat di tempat yang memerlukan ketenangan, namun juga menghindari getaran yang menyebabkan blur akibat guncangan kamera. Rana bebas getar memaksimalkan resolusi sangat tinggi α7R IV untuk gambar tajam dan jernih.

Ilustrasi skema komponen yang menampilkan struktur internal kamera
Struktur pengurang blur

Mekanisme yang didesain ulang menahan unit rana untuk mengurangi getaran pada kamera. Algoritme penstabil gambar yang canggih secara efektif mengurangi blur gambar. Secara keseluruhan, resolusi tingginya berhasil dipertahankan.

Tangan pria memegang pelepas rana remote kamera
Pelepas rana jarak jauh bebas getar

Pengoperasian kamera jarak jauh menggunakan remote control nirkabel opsional (RMT-P1BT) untuk menangkap foto yang efektif dan menghindari getaran kamera akibat menekan pelepas rana. Hal ini memaksimalkan resolusi tinggi sensor gambar.

[1] Ultra-XGA OLED Tru-Finder [2] Quad-VGA OLED Tru-Finder

OLED Tru-Finder™ UXGA 5,76 juta dot

Jendela bidik elektronik 5,76 juta titik ini menghasilkan detail halus beresolusi sekitar 1,6 kali lebih tinggi dari α7R III. Pilih mode kualitas “Tinggi” untuk presisi tinggi nan alami sambil mengurangi moiré & jaggies untuk konsentrasi lebih tinggi. Gambar lebih halus dengan kecepatan per frame 120/100 fps memudahkan melacak subjek bergerak.

Respons kilat
Kecepatan burst tingkat tertinggi di kelasnya

Walau resolusinya luar biasa, α7R IV tetap mempertahankan kecepatan pengambilan gambar hingga 10fps dengan rana mekanis (hingga 8fps dalam mode pengambilan gambar kontinu tampilan langsung). Tangkapmomen penting — seperti gerakan binatang liar — dengan detail mengagumkan yang hanya bisa dicapai dengan resolusi tinggi 61,0 MP.

Potret burung sedang terbang, menggambarkan resolusi gambar tinggi yang memungkinkan pemangkasan gambar untuk memperbesar gambar yang diambil
26,2 MP yang praktis dengan pemotongan APS-C

Berkat resolusi gambar yang luar biasa, gambar resolusi tinggi bisa dipertahankan hingga 26,2 MP bahkan setelah gambar full-frame dipotong ke ukuran APS-C. Artinya α7R IV bisa membantu Anda menggunakan pengambilan gambar full frame 61,0 megapiksel, misalnya dalam fotografi burung, yang biasanya perlu dipotong untuk memperbesar gambar yang ditangkap.

Gambar menampilkan wilayah sensor AF yang menutupi hampir seluruh bingkai
Cakupan AF Lebar

Sensor gambar baru memberikan cakupan AF yang lebar dengan densitas tinggi berkat 567 titik AF deteksi fase (sekitar 99,7% tinggi dan 74,0% lebar). AF deteksi kontras 425 titik mendukung fokus yang presisi.

Gambar seekor singa di bawah naungan
AF cepat walau resolusinya tinggi

Berkat Fast Hybrid AF canggih yang responsif, walau data yang ditangani besar, α7R IV menghasilkan AF yang cepat bahkan di kondisi pencahayaan redup, serta mampu menangkap subjek yang dibidik.

Gambar dua ekor zebra saling berhadapan dengan kaki depan terangkat
Pelacakan AF konsisten semakin ditingkatkan

Penambahan titik AF, cakupan sensor AF yang diperluas, dan algoritme AF yang diperbarui meningkatkan performa pelacakan subjek secara signifikan untuk pengambilan gambar konsisten, bahkan untuk gerakan yang rumit atau mendadak.

4D FOCUS
Selengkapnya tentang AF Sony
Gambar gajah di setelan berpencahayaan rendah
AF presisi tinggi dalam kondisi cahaya rendah

Algoritme AF canggih mendukung presisi AF pada tingkat pencahayaan serendah EV-3. Opsi ‘Prioritas Fokus dalam Penggerak Apertur’ memberikan fokus lebih akurat saat pencahayaan redup dan saat bukaan apertur diperkecil.

Ilustrasi yang menunjukkan beberapa gambar alam liar yang diambil secara berurutan
Bidik hingga 68 gambar terus-menerus

Karena ukuran memori buffer 1,5 kali lebih besar, kamera mempertahankan kecepatan pemotretan berkelanjutan hingga sekitar 68 gambar. Dengan mode APS-C, Anda bisa mengambil gambar hingga 3x lebih banyak dibandingkan mode full-frame.

Gambar yang menunjukkan tampilan belakang kamera dengan dua kartu SD
Dua slot media, keduanya mendukung UHS-II

SLOT 1 dan SLOT 2 kompatibel dengan UHS-I dan UHS-II untuk penulisan data volume tinggi yang cepat. α7R IV dapat merekam bersamaan atau merekam dan merelai, memisahkan data RAW/JPEG dan foto/film, serta menyalin data antar kartu.

Gambar yang menunjukkan tampilan belakang kamera dengan dua baterai Z
Pengambilan gambar lebih lama seperti profesional

α7R IV menggunakan baterai kapasitas tinggi NP-FZ100. Untuk syuting lebih lama, padukan dengan Pegangan Vertikal opsional VG-C4EM yang menampung hingga dua baterai NP-FZ100, memungkinkan pengambilan gambar dua kali lebih banyak dibanding α7R IV.

Gambar wajah anjing dengan bingkai AF ditimpakan pada satu mata
Daya tarik Eye AF Real time dengan pelacakan mata hewan

Berkat algoritma disempurnakan, α7R IV kini mendukung pelacakan mata hewan, selain mata manusia, memungkinkan deteksi dan pelacakan yang cepat, presisi, dan otomatis. Dukungan mata hewan ini sangat meningkatkan keberhasilan Anda ketika menangkap gambar hewan alam liar atau hewan piaraan di rumah, saat hambatan sering muncul atau orientasi horizontal/vertikal kamera sering berubah.

Produktivitas maksimal dalam pemotretan profesional
Eye AF Real-time: evolusi gambar potret

Eye AF Real-time mewakili evolusi pengambilan potret. Teknologi berbantu AI ini mendeteksi dan melacak mata secara cepat dan akurat untuk fokus yang tajam dan jelas pada wajah subjek, bahkan untuk model yang bergerak cepat saat difoto. Fotografer bisa berkonsentrasi pada komposisi — untuk kelancaran alur kerja yang penting bagi profesional.

Gambar model wanita memegang topi yang menutupi sebagian wajah, dengan bingkai AF pada salah satu mata
Fokus instan pada mata

Saat Prioritas Wajah/mata di AF aktif, cukup tekan tombol rana setengah, tekan tombol AF-ON, atau tombol khusus yang sudah ditetapkan. Kamera akan berfokus pada mata subjek.

Gambar monitor model dengan bingkai AF pada salah satu mata, dengan kontrol yang tampak untuk pemilihan mata kanan atau kiri
Pilih mata kanan/kiri sesuai kebutuhan

Kini Anda bisa memilih satu mata — kiri atau kanan — sebelum atau selama pengambilan gambar menggunakan tombol khusus. Pilihan mata memungkinkan fokus pada komposisi, pencahayaan, dan detail lainnya.

Gambar model wanita berlatar belakang bangunan di luar fokus
Berfungsi dengan Pelacakan Real-time untuk potret memukau

Gabungkan Eye AF Real-time dengan Pelacakan Real-time, yang merespons gerakan subjek yang dinamis. Kerja sama ini memungkinkan keakuratan pelacakan untuk pengambilan potret yang nyaman.

Alur kerja lebih efisien

Solusi koneksi kabel dan nirkabel untuk profesional yang penuh tuntutan

α7R IV mendukung berbagai opsi untuk fungsi Remote PC dan cara transfer data termasuk Wi-Fi 5 GHz. Dapatkan keunggulan penuh dari lebih banyak pilihan dan kemudahan dalam operasi pengambilan gambar jarak jauh dan pencadangan data.

Gambar orang bekerja dengan laptop di studio foto
Setelan fleksibel syuting bertambatan nirkabel

Gunakan Remote PC untuk mengontrol α7R IV atau mentransfer data ke PC lewat aplikasi perangkat lunak ‘Remote’ Imaging Edge™ (ver. 2.0 atau lebih baru). Opsi Wi-Fi 5 GHz lebih cepat tersedia untuk peningkatan fleksibilitas pengambilan gambar.

Tampak belakang kamera yang terpasang pada tripod dengan koneksi kabel tersambung
PC Remote makin cepat dengan koneksi kabel via USB

Gunakan port USB Type-C® yang kompatibel dengan SuperSpeed USB 5 Gbps (USB 3.2) demi transfer lebih cepat dengan algoritme baru untuk pengambilan gambar Remote PC berkabel. Transfer gambar RAW besar tidak terkompresi tanpa gangguan alur kerja.

Gambar layar menu Setelan Server kamera
Dukungan untuk transfer FTP di latar belakang

Guna memenuhi kebutuhan profesional untuk pengiriman cepat, α7R IV mendukung transfer FTP di latar belakang selama dan setelah pengambilan gambar untuk pengiriman file JPEG dan RAW. Hingga 9 server FTP dapat ditetapkan di awal.

Gambar unit flash yang terpasang pada kamera
Untuk fotografi dengan flash skala penuh

Jeda waktu rilis diminimalkan untuk fotografi flash yang lancar dan responsif, dengan pengambilan gambar flash kontinu hingga 10fps. Pilih slow sync atau rear curtain sync dengan flash nirkabel untuk pengambilan gambar lebih fleksibel.

Gambar terminal sinkronisasi standar kamera untuk sinkronisasi dengan unit flash eksternal
Terminal sync standar

Terminal sync standar memudahkan sinkronisasi dengan unit flash studio dan perlengkapan pencahayaan eksternal lain untuk menentukan setelan pencahayaan yang tepat pada fotografi studio.

Gambar laptop di studio foto
Remote, Viewer, Edit aplikasi desktop Imaging Edge™

Tingkatkan fotografi dengan aplikasi desktop Imaging Edge. Gunakan ‘Remote’ untuk mengontrol dan memonitor pengambilan gambar di layar PC; ‘Viewer’ untuk meninjau, menilai, dan memilih foto dari pustaka gambar yang besar; dan ‘Edit’ untuk mengolah data RAW menjadi foto berkualitas tinggi.

Realisme yang ‘tactile’
Dimensi fidelitas yang berbeda

Kini mendukung komposisi 16 gambar dengan Pixel Shift Multi Shooting

Fitur baru ini menggeser sensor menjadi setengah atau dengan penambahan satu piksel untuk menangkap 16 gambar pixel-shifted, dikomposisikan menjadi satu gambar presisi tinggi berukuran sekitar 240,8MP dari data awal sekitar 963,2MP (setara). Gambar diam arsitektur, seni, dll. direproduksi dalam detail, tekstur, warna, mood, dan setting seperti aslinya dan realisme bagai 3D, dengan fidelitas memukau.

Dua gambar detail arsitektural perbandingan gambar normal dan gambar gabungan yang dibuat dengan Pixel Shift Multi Shooting

[1] Gambar tunggal normal (diperbesar 200%)
[2] Gambar komposisi dengan Pixel Shift Multi Shooting 16 bidikan (100%)

Dibuat untuk profesional
Menu kamera untuk "Save", dengan kursor pada "CAMSET10"
Simpan/Muat Setelan

Fungsi tambahan baru Simpan/Muat Setelan membuat Anda dapat menyimpan setelan kamera dalam SD memory card dan membacanya dari kartu, memudahkan berbagi setelan dengan kamera lain sesuai kebutuhan.

Menu kamera untuk "Image Jump Method", dengan kursor pada "By 100 images"
Pemilihan gambar yang efisien

Terapkan peringkat bintang dan perlindungan gambar via tampilan pemutaran review langsung di tempat. Tampilan jumping setiap 10/100 foto dan review grup hasil bidikan kontinu merupakan kemudahan tambahan.

Menu penyiapan Tombol Kustom untuk Roda Kontrol, dengan kursor pada "1 Aperture"
Antarmuka menu yang disempurnakan

Ilustrasi setelan tombol kustom pada layar menu membuat penggunaan makin mudah dipahami. Selain itu, Anda dapat beralih antar tab menu menggunakan roda dial depan atau tombol Fn dengan satu tangan.

Fitur film pro
Pelacakan AF yang stabil untuk film yang memukau

Fast Hybrid AF disempurnakan menjawab tuntutan tinggi auto fokus film 4K. Dapatkan kecepatan tinggi, presisi, dan performa pelacakan untuk pengambilan gambar film dengan AF yang lancar dan stabil. Atur sensitivitas pelacakan AF untuk fokus stabil.

Potret wanita, yang menunjukkan ketersediaan Real-time Eye AF saat membuat film
Eye AF Real-time kini bisa mengambil gambar film

Eye AF Real-time kini mendukung pengambilan gambar film dengan mendeteksi mata subjek dan terus melacak satu mata. Saat α7R IV tetap menjaga fokus presisi pada mata tersebut agar Anda dapat berkonsentrasi pada komposisi.

Jari menyentuh layar menu
Pelacakan Sentuh yang terus berfokus pada subjek

Saat merekam film, sentuh subjek pada monitor LCD. α7R IV mulai berfokus dan mengikutinya dengan Pelacakan Sentuh. Jika α7R IV mendeteksi mata manusia, Eye AF Real-time juga akan diaktifkan dan ikut melacaknya.

Mikrofon eksternal terpasang pada α7R IV
Antarmuka audio digital untuk suara yang jernih

Antarmuka audio digital meningkatkan Multi Interface Shoe (MI Shoe). Gunakan Shotgun Microphone ECM-B1M baru atau XLR Adaptor Kit baru untuk merekam suara berkualitas tinggi dengan penurunan kualitas minimal.

Thumbnail brosur
Unduh brosur

Spesifikasi & Fitur

Resolusi sensor CMOS sangat tinggi, dimaksimalkan oleh mesin pengolah gambar dan getaran diminimalkan dengan penstabil gambar 5-axis. Jangkauan, kecepatan, dan pelacakan AF yang menakjubkan. Eye AF real time kini mengikuti mata hewan. Menangkap momen menentukan dengan pemotretan burst/berkelanjutan hingga 10fps. Cocok untuk penggunaan pro, dalam bodi yang ringkas dan kokoh untuk kepercayaan diri, fleksibilitas, dan kebebasan sejati.
  • Sensor CMOS EXMOR R™ full-frame 35 mm 61,0MP dan mesin pemroses gambar BIONZ X™

  • Rentang Standar ISO 100-32000

  • Fast Hybrid AF dengan AF deteksi fase bidang fokus 567 titik dan AF deteksi kontras 425 titik

  • Pengambilan gambar kontinu kecepatan tinggi hingga 10 fps dengan pelacakan AF/AE

  • Andal dan nyaman dioperasikan, mendukung alur kerja profesional

Kompatibilitas Lensa
Lensa E-mount Sony
Tipe Sensor
Full frame 35 mm (35,7×23,8mm), sensor CMOS Exmor R®
Jumlah Piksel (Efektif)
Sekitar 61,0 megapiksel
Sensitivitas ISO (Recommended Exposure Index)
Gambar diam: ISO 100-32000 (angka ISO dari ISO 50 hingga ISO 102400 dapat disetel sebagai rentang perluasan ISO), AUTO (ISO 100-12800, batas bawah dan batas atas dapat dipilih),Film: setara ISO 100-32000, AUTO (setara ISO 100-12800, batas bawah dan batas atas bisa dipilih)
Masa Pakai Baterai (Foto)
Sekitar 530 foto (Jendela bidik) / sekitar 660 foto (Monitor LCD) (Standar CIPA)
Tipe Jendela bidik
Jendela bidik elektronik 1,3 cm (tipe 0,5) (warna), UXGA OLED
Tipe Monitor
7,5 cm (tipe 3.0) tipe TFT
Sony berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan produk, layanan, dan konten yang memberikan pengalaman seru, tetapi juga bekerja keras untuk mencapai footprint lingkungan nol melalui kegiatan bisnis kami. Pelajari selengkapnya tentang Sony dan Lingkungan

Ulasan

Kata Pengguna